Apa Makna Angka Pada Bola Tenis?


Pernahkah kalian memperhatikan angka-angka yang terdapat pada bola tenis? Tulisan angka yang tertera pada bola tenis telah menuai banyak spekulasi, mengenai tujuan dan kegunaannya. Federasi Tenis Internasional (International Tennis Federation, ITF) sebagai organisasi yang menetapkan peraturan untuk bola tenis dan peralatan lainnya telah memberikan spesifikasi terperinci untuk pembuatan bola tenis. Namun, menempatkan angka pada bola bukan salah satu dari spesifikasi tersebut. Jadi, apa sebenarnya tujuan dari pemberian angka pada bola tenis?


Jenis - Jenis Bola Tenis

ITF mengidentifikasikan tiga jenis bola tenis yang memungkinkan untuk dimainkan di berbagai jenis permukaan lapangan. Tipe 1 untuk dimainkan di permukaan lapangan yang lambat, seperti tanah liat. Tipe 2 untuk dimainkan di lapangan dengan kecepatan menengah, seperti akrilik dan karpet. Sementara Tipe 3 untuk dimainkan di lapangan yang lebih cepat, seperti rumput dan rumput sintetis.

Tidak seperti apa yang diyakini oleh sebagian besar orang, angka pada bola tenis tidak merujuk pada jenis bolanya. Hanya ada tiga jenis bola tenis, sementara ada angka yang lebih besar dari angka tiga muncul pada berbagai bola.


Makna Dari Angka-Angka Pada Bola Tenis

Ternyata, alasan dari pemberian angka pada bola tenis sangat sederhana, menurut Whitney Kraft, direktur tenis di the United States Tennis Association's Billie Jean King National Tennis Center. Jika kalian pernah bermain tenis di lapangan yang berdekatan dengan lapangan lain, kalian akan tahu betapa mudahnya bola tersesat dan berakhir di lapangan lainnya. Angka yang terdapat pada bola adalah untuk membantu pemain mengidentifikasi bola mereka ketika hal ini terjadi.

Satu paket bola tenis biasanya berisi tiga bola. Semua bola dalam satu paket memiliki nomor yang sama, bersama dengan nama perusahaan manufakturnya. Adalah praktik umum bagi para pemain untuk mencatat merek dan nomor pada bola mereka sebelum mulai bermain, sehingga mereka dapat dengan mudah mengidentifikasinya jika secara tidak sengaja berakhir di lapangan lain, dan bercampur dengan bola lainnya.

Sangat penting bagi seorang pemain untuk dapat mengidentifikasi bola tenis miliknya. Ini karena sebagian besar pabrikan mengemas bola dalam kaleng atau tabung bertekanan, dan begitu paket dibuka, bola mulai berkurang daya pantulnya. Semakin lama bola digunakan, semakin tidak efektif jadinya. Karenanya, akan sangat merugikan apabila bola baru milik pemain tertukar dengan bola lama di lapangan lain.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel