Asal, Sejarah, dan Perkembangan Permainan Sepak Bola

permainan sepak bola, soccer, football
Ilustrasi flickr.com

Ada sejumlah keyakinan yang saling bertentangan terkait pertanyaan tentang siapa yang menemukan sepak bola. Dikenal sebagai football / soccer di sebagian besar dunia, tidak dapat dipungkiri bahwa ini adalah salah satu olahraga paling populer saat ini. Mari kita telusuri bagaimana sepak bola berkembang dan menyebar selama bertahun-tahun.




Permainan Sepak Bola Dimulai Sejak Zaman Kuno


Beberapa menyatakan bahwa sejarah sepak bola berawal jauh pada 2500 SM. Selama waktu ini, orang-orang Yunani, Mesir, dan Cina semua tampaknya telah mengambil bagian dalam permainan yang melibatkan bola dan kaki.

Sebagian besar permainan ini termasuk penggunaan tangan, kaki, dan bahkan tongkat untuk mengontrol bola. Permainan Romawi, Harpastum adalah permainan bola dimana masing-masing pihak akan berusaha mempertahankan kepemilikan bola kecil selama mungkin. Orang-orang Yunani Kuno juga berkompetisi dalam game serupa yang disebut Episkyros. Kedua permainan ini mencerminkan aturan yang lebih dekat dengan Rugby daripada sepak bola modern.

Yang paling relevan dari permainan kuno ini dengan asosiasi sepak bola zaman modern adalah permainan Cina, Tsu'Chu (Tsu-Chu atau Cuju, yang berarti "menendang bola"). Catatan mengenai permainan dimulai selama Dinasti Han (206 SM – 220 M) dan mungkin merupakan latihan pelatihan untuk tentara.

Tsu'Chu melibatkan menendang bola kulit kecil ke jaring yang digantung di antara dua batang bambu. Penggunaan tangan tidak diizinkan, tetapi pemain dapat menggunakan kaki dan bagian lain dari tubuh. Perbedaan utama antara Tsu'Chu dan sepak bola adalah ketinggian gawang, yang menggantung sekitar 30 kaki dari tanah.

Sejak diperkenalkannya Tsu'Chu, permainan seperti sepak bola menyebar ke seluruh dunia. Banyak budaya memiliki aktivitas yang berpusat pada penggunaan kaki mereka, termasuk permainan Kemari Jepang yang masih dimainkan sampai sekarang.



Sejarah Perkembangan Permainan Sepak Bola


Sepak bola mulai berkembang di Eropa sejak periode abad pertengahan. Berbagai bentuk permainan yang sekarang dikenal sebagai "folk football" dimainkan. Beberapa pertandingan Inggris mengadu dua tim besar, dengan kedua tim berusaha untuk mendapatkan bola ke gawang lawan mereka.

Dikatakan bahwa permainan tersebut seringkali memiliki skor rendah. Aturan standar tidak ditegakkan, jadi hampir semua hal diizinkan dan permainan sering menjadi sangat kejam. Versi sepak bola rakyat juga dimainkan di Jerman, Italia, Prancis, dan negara-negara Eropa lainnya.



Munculnya Sepak Bola Moderen


Kodifikasi sepak bola dimulai di sekolah-sekolah umum di Inggris pada awal abad ke-19. Dalam sistem sekolah swasta, sepak bola awalnya adalah permainan di mana tangan digunakan selama periode bermain dan bergulat diperbolehkan.

Dua gawang ditempatkan di masing-masing ujung. Namun, aturannya sangat bervariasi, beberapa menyerupai permainan Rugby, sementara yang lain lebih suka menendang dan menggiring bola.

Aturan dan peraturan terus berkembang di Inggris dan pada tahun 1800-an, klub sepakbola khusus di sekolah mulai muncul. Selama bertahun-tahun, sekolah mulai bertanding satu sama lain. Selama waktu ini para pemain masih diizinkan untuk menggunakan tangan mereka, dan hanya diizinkan untuk mengoper bola ke belakang, seperti pada permainan Rugby.

Pada tahun 1860-an, ada cukup banyak olahraga sepak bola yang dimainkan secara populer di seluruh dunia. Banyak dari olahraga ini memiliki aturan yang serupa, dan akhirnya pada tanggal 26 Oktober 1863, sekelompok tim di Inggris memutuskan untuk berkumpul dan membuat aturan standar yang akan digunakan di semua pertandingan. Mereka membentuk aturan untuk "Association Football" yang membedakannya dari banyak jenis olahraga football lainnya yang ada di Inggris, sepeti Rugby.

International Federation of Associaton Football (FIFA) kemudian dibentuk di Paris pada tahun 1904, dengan tujuh anggota. Ini termasuk Belgia, Denmark, Prancis, Belanda, Spanyol, Swedia, dan Swiss. Jerman mengumumkan niatnya untuk bergabung pada hari yang sama.

Pada tahun 1930, Piala Dunia FIFA pertama kali diadakan di Uruguay. Ada 41 anggota FIFA pada saat itu dan tetap menjadi puncak dunia sepak bola sejak saat itu. Saat ini, terdapat lebih dari 200 anggota dan Piala Dunia menjadi salah satu event terbesar di dunia.



Referensi:
https://www.liveabout.com/who-invented-soccer-3556873
www.todayifoundout.com/index.php/2010/06/the-origin-of-the-word-soccer/




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel