Apa Bedanya Klorofil Dan Kloroplas?


Seperti kita ketahui, klorofil dan kloroplas adalah bagian yang hanya ditemukan dalam sel tumbuhan, terutama pada tanaman hijau. Klorofil dan kloroplas sama-sama terlibat dalam aktivitas fotosintesis pada tanaman. Jadi, apa yang membedakan keduanya? Sebelumnya kita bahas dulu apa itu klorofil dan kloroplas, kemudian kita akan melihat faktor-faktor apa saja yang membedakan keduanya.

Ilustrasi gurupendidikan.co.id


Pengertian Klorofil

Klorofil merupakan komponen pada tanaman hijau yang berperan dalam proses menghasilkan makanan yang disebut sebagai fotosintesis. Klorofil menyerap cahaya matahari dari lingkungan dan menggunakan energi tersebut untuk menghasilkan oksigen dan makanan yang membantu pertumbuhan serta perkembangan tanaman. Klorofil beserta seluruh proses fotosintesis ini terjadi di dalam organel yang disebut kloroplas.

Klorofil juga yang berperan memberi warna hijau pada tanaman. Klorofil memiliki kemampuan untuk menyerap sebagian besar spektrum elektromagnetik berwarna biru dan merah, serta memantulkan warna hijau. Itulah mengapa klorofil disebut sebagai pigmen penyerap cahaya atau fotoreseptor.


Pengertian Kloroplas

Kloroplas adalah organel pada sel tumbuhan yang merupakan lokasi di mana fotosintesis berlangsung. Kloroplas juga berwarna hijau, karena adanya klorofil. Kloroplas biasanya ditemukan pada daun tanaman. Ada ratusan ribu kloroplas pada setiap milimeter persegi daun tanaman.

Kloroplas dibatasi oleh membran ganda yang disebut membran luar dan membran dalam. Kloroplas juga mengandung membran tilakoid. Selain terlibat dalam proses fotosintesis tanaman, Kloroplas juga berfungsi dalam penyimpanan makanan.


Perbedaan Klorofil Dan Kloroplas

Meskipun klorofil dan kloroplas sama-sama merupakan komponen penting dalam proses fotosintesis pada tanaman, ada perbedaan besar diantara keduanya. Berikut ini merupakan faktor-faktor yang membedakan klorofil dan kloroplas.


Struktur

Dari segi struktur, klorofil dan kloroplas memiliki komposisi struktural yang sama sekali berbeda. Klorofil merupakan pigmen hijau yang terdiri dari ekor hidrofobik dan kepala hidrofilik. Bagian klorofil yang menyerap cahaya terdiri dari ikatan bolak-balik dan tunggal.

Sementara kloroplas secara struktural memiliki lipatan dalam atau retikulasi yang tertutup oleh membran komposit bersel ganda. Kloroplas juga mengandung cairan padat yang disebut stroma, bersama dengan tilakoid yang mengandung klorofil.


DNA

Karena klorofil adalah pigmen, maka ia tidak memiliki komposisi DNA. Sebaliknya, kloroplas memiliki DNA yang disebut sebagai cpDNA.


Lokasi

Dari segi lokasi, klorofil terletak pada tumpukan tilakoid di dalam kloroplas. Sementara kloroplas merupakan komponen dari sel tumbuhan.


Fungsi Dan Keterlibatannya Dalam Proses Fotosintesis

Seperti yang kita ketahui, klorofil dan kloroplas berperan dalam proses fotosintesis, tetapi keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Klorofil terlibat dalam konversi energi cahaya menjadi energi kimia. Klorofil terutama menyerap energi matahari yang diperlukan untuk mengubah air dan karbon dioksida menjadi oksigen dan karbohidrat.

Sementara kloroplas berperan sebagai media yang menampung dan mendukung semua reaksi yang terjadi selama fotosintesis. Kloroplas berisi semua ruang dan enzim yang diperlukan untuk reaksi fotosintesis.

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai keterlibatan klorofil dan kloroplas dalam proses fotosintesis, mari kita anggapkan:
  • Kloroplas merupakan tempat atau lokasi dimana makanan diproduksi dan disimpan.
  • Klorofil sebagai pekerja yang bertugas menyiapkan produk dengan bantuan sinar matahari.
  • Sinar matahari dapat dianggap sebagai bahan bakar yang gunanya untuk menyediakan sumber energi bagi klorofil dalam proses produksi makanan atau fotosintesis.
  • Karbon dioksida dan air merupakan bahan baku dalam proses produksi makanan.


Referensi:
https://biologyreader.com/difference-between-chlorophyll-and-chloroplast.html
https://theydiffer.com/difference-between-chlorophyll-and-chloroplast/



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel