Mengenal Bagian-Bagian Dari Raket Badminton


Tujuan dari permainan Badminton atau Bulutangkis adalah untuk memukul bola yang disebut shuttlecock secara bolak-balik melintasi net dengan menggunakan raket. Raket badminton haruslah ringan namun kuat. Dahulu kala, raket badminton terbuat dari kayu, namun saat ini raket terbuat dari bahan berteknologi tinggi.

Badminton World Federation (BWF) menetapkan aturan-aturan yang menentukan bagian, bentuk, dan berat dari raket badminton untuk penggunaan kompetisi. Berikut akan dibahas lebih lanjut mengenai ketentuan-ketentuan tersebut.



Material Yang Digunakan Pada Raket Badminton

Secara tradisional, raket badminton terbuat dari kayu. Meskipun masih tersedia, raket kayu sebagian besar telah ditinggalkan, karena ketersediaan bahan sintetis yang lebih ringan dan lebih tahan lama, seperti serat karbon, paduan logam ringan, hingga keramik. Ini digunakan pada sebagian besar raket badminton modern saat ini. Raket badminton dapat bervariasi dalam hal fitur desain dan materialnya, namun semua raket yang digunakan dalam kompetisi resmi harus mematuhi aturan khusus yang ditetapkan oleh BWF.


Bagian-Bagian Dari Raket Badminton

Tubuh raket badminton disebut frame. Ini terdiri dari kepala, area senar, leher, batang dan gagangnya. Menurut aturan BWF, panjang keseluruhan raket, yang diukur mulai dari ujung kepala ke bagian bawah gagang, tidak boleh lebih panjang dari 680 milimeter. Sementara lebarnya tidak boleh lebih dari 230 milimeter.

Berat frame seutuhnya harus dalam kisaran 80 dan 100 gram. Frame dapat datang dalam berbagai bentuk, dengan sweet spots yang lebih besar atau lebih kecil. Fleksibilitasnya juga tergantung pada bahan yang digunakan dan konstruksinya, bisa lebih atau kurang fleksibel.

Kepala Raket

Kepala raket adalah cincin dari material yang menahan senar pada tempatnya. Ini bisa berbentuk oval atau lebih bulat, dan memiliki lubang-lubang di sekelilingnya, tempat dimana senar-senarnya diikat.

Area Senar Pada Raket

Area senar terbuat dari tali nilon atau serat karbon yang dijalin untuk membentuk permukaan raket. Menurut aturan BWF, dimensi panjangnya tidak boleh lebih dari 280 milimeter, lebarnya tidak boleh lebih dari 220 milimeter.

Leher Raket

Leher merupakan penghubung kepala ke batang. Ini bisa berupa bagian segitiga terpisah di dasar kepala raket, atau dapat juga terintegrasi ke ke bagian kepala raket itu sendiri.

Batang Raket

Batang raket adalah bagian panjang antara leher dan gagang raket. Sering terbuat dari bahan komposit seperti grafit. Batang bisa lebih kaku atau lebih fleksibel berdasarkan kebutuhan pemain.

Gagang Raket

Gagang atau pegangan raket tersambung dengan batang raket, dan digunakan untuk memegang raket. Gagang ini ditutupi dengan bahan yang disebut grip. Ada dua jenis grip, yaitu towel grips dan synthetic grips. Towel grips bagus untuk menyerap kelembapan, tetapi mungkin perlu sering diganti. Sementara synthetic grips memiliki daya serap lebih sedikit, tetapi lebih tahan lama.


Baca juga artikel mengenai Cara Merawat Raket Badminton Yang Benar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel