Senar Raket Badminton, Seberapa Sering Harus Diganti?


Bagi kalian yang telah bermain badminton untuk sementara waktu dan menekuninya dengan serius, kalian mungkin bertanya-tanya apakah penting untuk mengganti senar pada raket kalian? Lalu seberapa sering tali atau senar pada raket badminton harus diganti? Baca terus untuk memiliki pemahaman lebih mendalam mengenai hal ini.


Seberapa Sering Harus Mengganti Senar Raket Badminton?

Aturan yang paling umum adalah mengganti senar dengan jumlah waktu yang sama dalam setahun dengan waktu bermain bulutangkis per-minggu. Jadi, jika misalnya kalian bermain dua kali seminggu, aturan praktisnya menyarankan untuk mengganti senar kalian dua kali per tahun.

Meskipun ini adalah aturan praktis yang baik untuk dijadikan pedoman, ada banyak aspek lain yang harus diperhatikan dalam hal ini. Jawabannya juga berbeda untuk pemain tingkat lanjut dan pemula.

Seperti yang baru saja dibahas di atas, seberapa sering senar raket diubah sebenarnya tergantung pada di level mana kalian berada. Jadi, mari kita bahas ini berdasarkan level permainan.


Bagi Pemain Pemula

Untuk pemula sangat sederhana, cukup ganti senar raket hanya jika rusak. Mengapa? Karena bagi pemula, kualitas senar tidak terlalu membuat perbedaan yang berarti pada level permainan. Namun, jika senar raket tidak putus selama dua atau tiga tahun, apalagi jika ketegangan raket sudah rendah, maka yang terbaik adalah menggantinya.


Bagi Pemain Intermediate

Untuk pemain menengah, ketegangan dan kualitas dari senar raket secara keseluruhan memberikan kontribusi yang berarti bagi kualitas permainan. Pemain bisa mengganti senar sesuai dengan aturan praktis di atas.

Meski demikian, ada hal-hal lain yang perlu diperhartikan, seperti jumlah waktu yang dihabiskan pada setiap sesi permainan. Tidaklah sama memiliki sesi satu jam dengan sesi tiga jam, karenanya pastikan untuk menyesuaikan waktu istirahat.

Satu lagi hal penting terakhir yang perlu diingat adalah jenis string yang digunakan. Tergantung pada seberapa tahan lama dan seberapa bagus senar, jumlah penggantian senar juga akan bervariasi.


Bagi Pemain Mahir Atau Tingkat Lanjut

Untuk level permainan yang lebih tinggi, persyaratannya juga jauh lebih tinggi. Yang terbaik adalah mengganti senar raket setidaknya setiap bulan. Tapi ini juga tergantung pada seberapa mahir level permainan pemain.

Beberapa pemain pro akan mengistirahatkan raket mereka setelah setiap pertandingan. Meskipun agak berlebihan, bukanlah ide yang buruk untuk mengatur ulang raket sebelum dimulainya setiap turnamen.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel