10 Cara Untuk Mempelajari Keterampilan Baru Dengan Cepat


Generasi saat ini ditandai sebagai zaman teknologi dan informasi digital. Melalui internet, kita dapat mengakses segala macam pengetahuan dan menjawab hampir setiap hal yang ingin kita ketahui.

Untuk menjadi lebih pintar, ini lebih tentang kemampuan untuk belajar dengan lebih cepat, daripada menjadi jenius sejak lahir. Berikut adalah cara-cara untuk melakukan pembelajaran cepat.



10 Cara Untuk Mempelajari Keterampilan Baru Lebih Cepat


1. Tetapkan Target Yang Spesifik

Membuat target akan membuat kita lebih mudah untuk mengidentifikasi dengan tepat apa yang sebenarnya perlu dipraktikkan. Kedengarannya sederhana, tetapi ini adalah titik kegagalan yang sangat umum. Tentukan apa yang ingin kalian lakukan dengan cara yang jelas, semakin detail, semakin baik.


2. Lakukan Dekonstruksi

Dekonstruksi adalah memecah keterampilan yang ingin kalian pelajari menjadi beberapa bagian kecil. Sebagian besar hal yang kita anggap sebagai keterampilan sebenarnya adalah kumpulan dari sub-keterampilan yang lebih kecil.

Dengan memecah keterampilan menjadi bagian-bagian yang lebih mudah dikelola, latihan menjadi jauh lebih mudah, dan tentunya lebih efisien. Praktekkan sub-keterampilan yang paling penting terlebih dahulu, dan kalian akan dapat mempercepat laju proses pembelajaran secara keseluruhan.

Sebagai contoh, misalnya ketika belajar bermain gitar, pelajari cara menekan pola akor dengan jari terlebih dahulu tanpa mencoba memetik senar.


3. Terapkan Prinsip Pareto

Gunakan Prinsip Pareto, yang juga dikenal sebagai aturan 80/20. Identifikasi 20% pekerjaan yang akan memberi 80% dari hasil. Misalnya jika ingin belajar bahasa Perancis, kalian akan menyadari bahwa beberapa kata muncul berulang kali saat sedang belajar. Kalian kemudian dapat melakukan pencarian untuk "kata-kata Perancis yang paling umum digunakan" misalnya, dan mulai mempelajarinya terlebih dahulu sebelum mempelajari sisanya.


4. Belajar Dengan Melakukan

Sangat mudah untuk terjebak dalam membaca dan mengumpulkan informasi tentang bagaimana melakukan sesuatu, tetapi tidak pernah benar-benar melakukannya. Cara terbaik untuk belajar adalah dengan melakukannya. Terlepas dari seberapa siap kalian, pastikan untuk terlibat secara fisik.


5. Bergabung Dengan Grup

Ada manfaat besar saat belajar dalam kelompok. Kalian tidak hanya dapat belajar dari orang lain, tetapi juga akan terdorong untuk membuat kemajuan bersama.


6. Visualisasikan

Pikiran memiliki kesulitan besar untuk membedakan antara apa yang nyata dan apa yang dibayangkan. Itulah sebabnya atlet berlatih secara mental untuk melihat kesuksesan mereka sebelum mencoba hal yang nyata. Visualisasikan diri kalian mencapai keterampilan yang diinginkan, dan setiap langkah yang perlu kalian lakukan untuk melihat hasilnya.


7. Temukan Seorang Mentor

Bimbingan mungkin merupakan cara tercepat untuk membawa keterampilan kalian ke tingkat berikutnya. Seorang mentor akan dapat membantu kalian menavigasi bidang yang dipelajari dengan menawarkan perspektif dan pengalaman yang tak ternilai.

Jalan pintas terbaik untuk menjadi seorang ahli adalah menemukan seorang ahli dan tidak harus membuat kesalahan yang telah mereka lakukan. Mengetahui apa yang tidak harus dilakukan dari pakar, akan mempercepat proses pembelajaran kita.


8. F O K U S

Sangat mudah untuk terganggu, untuk menyerah, atau menjadi tertarik pada hal lainnya, dan beralih dari apa yang awalnya ingin kita lakukan. Karenanya, penting untuk menghentikan seluruh ide multitasking, karena telah terbukti merusak dan tidak produktif. Cukup fokus pada satu keterampilan baru yang ada sampai kalian menyelesaikannya.


9. Hilangkan Gangguan

Pastikan lingkungan tempat belajar sempurna untuk kemajuan belajar yang cepat. Itu berarti, jauhi semua media sosial, dan godaan untuk memeriksa email atau apa pun.


10. Berikan Penghargaan

Untuk setiap kemajuan kecil yang kalian buat pada proses pembelajaran, pastikan untuk memberikan diri sendiri penghargaan. Ini dapat berupa hari libur, membeli barang tertentu, atau menonton di bioskop. Dengan melakukan hal ini akan mendorong kalian untuk terus maju menuju sasaran.



Ingatlah, mempelajari hal-hal baru harus dilakukan secara mengasyikkan, sehingga kalian termotivasi untuk berlatih setiap harinya. Teruslah membayangkan kegembiraan mencapai tujuan akhir, dan menjadi versi yang lebih baik dari diri kalian. Cintailah hidupmu dengan terus belajar dan menantang diri sendiri.  Good Luck  ^.^



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel