13 Aturan Permainan Bola Basket James Naismith


Bola basket adalah permainan Amerika asli yang diciptakan oleh James Naismith pada tahun 1891. Ia mendesainnya dengan aturannya sendiri yang kemudian diterbitkan pada bulan Januari 1892 di sekolah tempat ia melembagakan permainan tersebut. Meskipun ada aturan lain yang lebih baru, aturan ini masih merupakan inti dari permainan bola basket.



13 Aturan Permainan Bola Basket James Naismith


1. Bola bisa dilempar ke segala arah dengan satu atau kedua tangan. Aturan ini masih berlaku saat ini, kecuali bahwa sekarang tim tidak diperbolehkan untuk mengembalikannya melewati garis tengah-lapangan (midcourt) setelah mereka menerima bola melewati garis itu.


2. Bola bisa saja dipukul ke segala arah dengan satu atau kedua tangan, tetapi tidak dengan kepalan tangan. Aturan ini masih berlaku hingga sekarang.


3. Seorang pemain tidak bisa berlari dengan bola. Pemain harus melemparkan bola dari tempat dia menangkapnya, kelonggaran dibuat untuk pemain yang berlari dengan kecepatan yang baik. Sementara pada aturan saat ini, pemain bisa menggiring bola dengan satu tangan saat berlari atau mengoper, tetapi mereka tidak bisa berlari dengan bola saat menangkap umpan.


4. Bola harus dipegang hanya dengan tangan. Aturan ini masih berlaku saat ini.


5. Tidak diperbolehkan memegang, mendorong, memukul atau tersandung dengan cara apa pun terhadap lawan. Pelanggaran pertama terhadap aturan ini akan dianggap sebagai foul. Pelanggaran yang kedua akan mendiskualifikasi pemain sampai gol berikutnya dibuat, atau jika memang ada niat yang jelas untuk melukai pemain tersebut, akan didiskualifikasi selama seluruh permainan. Tidak ada pemain pengganti yang diizinkan.

Pada aturan saat ini, tindakan-tindakan tersebut merupakan pelanggaran, dan pemain dapat didiskualifikasi dengan lima atau enam pelanggaran, atau mendapat pengusiran atau penangguhan dengan pelanggaran yang mencolok.


6. Pelanggaran terjadi jika pemain memukul bola dengan tinju (pelanggaran Aturan 3 & 4 dan seperti yang dijelaskan dalam Aturan 5). Ini tetap berlaku saat ini.


7. Jika masing-masing pihak membuat tiga pelanggaran secara beruntun (berturut-turut tanpa lawan pada saat itu membuat pelanggaran), itu akan dihitung sebagai gol untuk lawan. Namun, pada aturan saat ini, alih-alih gol otomatis, pelanggaran tim yang cukup akan memberikan bonus upaya lemparan bebas kepada tim lawan.


8. Suatu gol dicetak ketika bola dilemparkan ke dalam ring dan tinggal di sana. Jika bola mendarat di tepi, dan lawan menggerakkan ring, itu akan dihitung sebagai gol. Pada masa awal, ring adalah keranjang tanpa jaring. Aturan ini kemudian berevolusi menjadi pemain bertahan tidak bisa menyentuh tepi ring setelah bola telah ditembak.


9. Ketika bola keluar dari batas, bola harus dilemparkan ke lapangan dan kemudian dimainkan oleh orang pertama yang menyentuhnya. Jika terjadi perselisihan, wasit (umpire) harus melemparkannya langsung ke lapangan. Pelempar diperbolehkan menguasai bola selama lima detik. Jika dia memegangnya lebih lama, bola akan menjadi milik ke lawan. Jika ada pihak yang menunda pertandingan, wasit akan memberikan foul terhadap mereka.

Menurut aturan saat ini, bola sekarang dilemparkan oleh pemain dari tim lawan dari pemain yang terakhir menyentuhnya sebelum keluar batas. Aturan 5 detik masih berlaku.


10. Wasit akan menjadi hakim pria dan harus mencatat pelanggaran dan memberitahu referee ketika tiga pelanggaran berturut-turut telah dibuat. Dia akan memiliki kekuatan untuk mendiskualifikasi (menurut Peraturan 5). Aturan saat ini dalam bola basket NBA, ada tiga referee.


11. Referee akan menjadi hakim bola dan akan memutuskan kapan bola dimainkan, dalam batas-batas, ke sisi mana bola itu berada, dan akan menjaga waktu. Dia akan memutuskan kapan suatu gol telah dibuat dan menghitung gol itu, dengan tugas-tugas lain yang biasanya dilakukan oleh seorang wasit. Pada aturan saat ini, pencatat waktu dan pencatat angka melakukan beberapa tugas ini, sedangkan referee menentukan kepemilikan bola.


12. Waktu akan dibagi menjadi dua bagian dengan masing-masing lima belas menit, dan lima menit istirahat diantaranya. Aturan saat ini bervariasi berdasarkan tingkat permainan, seperti sekolah menengah dan perguruan tinggi. Di NBA, terbagi menjadi empat bagian, masing-masing sepanjang 12 menit, dengan istirahat paruh waktu 15 menit.


13. Pihak yang membuat gol terbanyak akan dinyatakan sebagai pemenang. Menurut aturan saat ini, pemenang ditentukan oleh poin. Di NBA, terdapat periode perpanjangan waktu selama lima menit yang dimainkan jika pertandingan berakhir pada posisi seri di akhir kuarter keempat. Total poin di akhir akan menentukan pemenang. Jika poin masih seri, akan dimainkan periode perpanjangan berikutnya.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel