Sejarah Dan Perkembangan Seni Bela Diri Taekwondo


Tidak sedikit orang yang bertanya-tanya, bagaimana asal mula Taekwondo, dan mengapa itu menjadi sangat populer tidak hanya di Amerika Serikat, tetapi juga di seluruh dunia. Berikut akan dibahas mengenai sejarah asal mula Taekwondo dan perkembangannya hingga saat ini.


sejarah dan perkembangan taekwondo
Ilustrasi kunsan.af.mil

Apa Itu Taekwondo?

Taekwondo adalah seni bela diri yang berasal dari Korea. Ini diakui sebagai salah satu bentuk seni bela diri tertua di dunia, dengan sejarah lebih dari 2.000 tahun. Namanya sesuai dengan deskripsinya, yaitu Tae (kaki), Kwon (tangan), Do (seni). Jadi, secara harfiah Taekwondo berarti seni menggunakan kaki dan tangan.

Nama Taekwondo sebenarnya baru digunakan sejak tahun 1955, sedangkan akar seninya sudah dimulai sejak 2.300 tahun yang lalu di Korea. Dikenal sebagai seni bela diri dan gaya hidup, evolusi Taekwondo atau sejarahnya merupakan langkah penting dalam memahami Taekwondo.



Sejarah Taekwondo

Salah satu petunjuk awal keberadaan Taekwondo adalah mural yang dilukis di dinding makam yang dibangun di kerajaan Korea Koguryo, antara tahun 37 SM dan 66 Masehi. Gambar tersebut menunjukkan dua sosok tanpa senjata saling berhadapan dalam posisi gaya Taekwondo.

Terdapat pula patung-patung batu di pagoda selama periode Silla, dan dokumen yang ditulis pada periode Paekje, yang menunjukkan teknik dan sikap bertarung yang mungkin merupakan bentuk pertama dari Taekwondo.

Ada contoh dan sejarah pelatihan Taekwondo dalam hampir semua catatan kerajaan yang berbeda yang ada di negara Korea selama berabad-abad. Bentuk tertinggi dari seni kuno ini dicapai di Kerajaan Silla. Kerajaan kecil ini terus-menerus menghadapi serangan dan pertentangan dari wilayah yang lebih besar dan lebih kuat. Akibatnya penguasa kala itu, Raja Jin Heung, mendirikan kelompok elit prajurit yang disebut "Hwarang" atau "Bunga Pemuda".

Hwarang terdiri dari para putra bangsawan di dalam Kerajaan. Mereka secara hati-hati dipilih dan dilatih secara formal dalam semua aspek keterampilan militer termasuk pertempuran tanpa senjata, yang pada saat itu dikenal sebagai Tae Kyon.

Hwarang diajarkan tidak hanya pada pentingnya mengembangkan tubuh mereka, tetapi juga pikiran dan jiwa mereka. Selain teknik bertarung, para pejuang muda diinstruksikan juga dalam sejarah, puisi, dan filsafat. Seluruh badan studi ini dikenal sebagai Hwarang Do.

Hwarang memperoleh keterampilan tidak hanya untuk pertempuran, tetapi untuk kehidupan sehari-hari. Ini berhubungan langsung dengan pelatihan Taekwondo modern, yang memberikan keterampilan bela diri serta peningkatan karakter, disiplin diri, dan kepercayaan diri yang dapat diterapkan pada tugas apa pun.

Setelah dinasti Silla, datang ke dinasti Koryo (935 - 1352). Latihan seni bela diri, yang dikenal sebagai Soobak Do, menjadi populer sebagai olahraga terorganisir dengan aturan terperinci. Keluarga kerajaan mensponsori kompetisi dan demonstrasi. Ini membuat seni bela diri menjadi sangat mengakar dalam budaya Korea.

Terlepas dari ikatannya yang dalam dengan sejarah kuno Korea, tidak sampai tahun 1940-an dan 1950-an Taekwondo mulai disempurnakan dan akhirnya menemukan jalannya ke Amerika Serikat. Dengan anggota layanan AS yang ditempatkan di Korea dan negara-negara lain seperti Cina, semakin banyak dari mereka menjadi terpapar dengan gaya seni bela diri ini.

Setelah perang Korea berakhir, terjadi imigrasi ke AS. Bersama dengan keakraban dari anggota layanan akan seni bela diri ini, mampu membawa Taekwondo ke ​​dalam budaya Amerika.



Perkembangan Dan Popularitas Taekwondo

Taekwondo saat ini sama menariknya seperti sebelumnya. Kejuaraan Taekwondo Dunia pertama kali diselenggarakan pada tahun 1973 di Kukkiwon, dengan lebih dari 15 negara dan 200 pesaing.

Pada tahun yang sama, Federasi Taekwondo Dunia (WTF) didirikan sebagai badan pemerintahan internasional untuk aspek olahraga Taekwondo. Sementara pada tahun 1988 dan 1992, Taekwondo pertama kali datang ke garis depan Olimpiade sebagai olahraga demonstrasi. Pertandingan Olimpiade Sydney 2000 adalah yang pertama menjadi tuan rumah kompetisi Taekwondo sebagai olahraga Olimpiade.

Taekwondo sekarang menjadi acara resmi untuk Olimpiade. Di Amerika Serikat ada lebih dari 5 juta praktisi seni Korea ini. United States Taekwondo Union (USTU) adalah satu-satunya Badan Pimpinan Nasional untuk olahraga Taekwondo di Amerika Serikat.

Dengan kepemimpinan World Taekwondo Federation (WTF), Taekwondo telah berkembang menjadi seni dan olahraga internasional yang dipraktikkan di lebih dari 190 negara di seluruh dunia. Karenanya, tidak mengerankan jika Taekwondo menjadi seni bela diri yang paling banyak dipraktikkan di dunia.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel