12 Cara Sederhana Untuk Menghilangkan Sakit Kepala

cara mudah hilangkan sakit kepala
Ilustrasi flickr.com

Sakit kepala adalah salah satu bentuk nyeri kronis yang paling umum. Siapa pun yang menderita sakit kepala yang hebat, terutama migrain tahu betapa sulitnya bekerja dan bercakap-cakap saat kepala berdenyut kencang.

Kabar baiknya adalah ada beberapa cara sederhana yang dapat kalian lakukan untuk meringankan rasa sakit kepala tanpa pergi ke dokter atau minum obat. Cobalah kiat-kiat berikut ini, dan dapatkan perasaan nyaman dengan cepat.



Tips Sederhana Untuk Menghilangkan Sakit Kepala


1. Kompres Dingin

Kompres dingin bisa menjadi solusi sakit kepala sederhana yang dimiliki banyak orang. Menerapkan kompres es atau benda dingin lainnya ke kepala atau leher dapat membantu menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan di daerah tersebut.

Hal ini juga didukung oleh sebuah studi di Hawai'i Journal of Medicine & Public Health yang menemukan bahwa, mengoleskan paket es ke leher selama 30 menit secara signifikan mengurangi rasa sakit pada orang dengan migrain.


2. Kompres Hangat

Dalam kasus lain, seperti sakit kepala dengan tegang di mana otot terlalu kaku, kompres hangat dapat membantu mengendurkan otot-otot ini dan membawa kelegaan.

Kompres hangat bisa sesederhana menggunakan handuk yang dipanaskan. Kalian mungkin bisa mendapatkan efek yang sama dari mandi air hangat.


3. Hilangkan Segala Tekanan Di Kepala

Dalam beberapa kasus, ada alasan fisik untuk sakit kepala. Periksa apa pun yang memberi terlalu banyak tekanan pada kepala. Ini mungkin akibat ikat kepala atau sanggul yang terlalu ketat, topi, atau kacamata renang yang terlalu ketat.


4. Minum Air

Minum air yang cukup dapat membantu mencegah sakit kepala atau mengurangi keparahannya. Dehidrasi dapat menjadi penyebab banyak sakit kepala sederhana.

Sebuah studi dalam Journal Antioxidants mencatat bahwa, bahkan sedikit dehidrasi dapat mengubah cara orang berpikir dan berfungsi, membuat mereka merasa lebih buruk, dengan atau tanpa sakit kepala. Studi lain yang diterbitkan dalam Journal of Evaluation in Clinical Practice mencatat bahwa minum air membuat sakit kepala terasa lebih baik.


5. Redupkan Lampu

Beberapa orang yang sakit kepala menjadi peka terhadap cahaya. Lampu kantor yang terang atau bahkan cahaya terang dari layar komputer dapat membuat gejala menjadi lebih buruk.

Jika kalian rentan terhadap hal-hal tersebut, mungkin membantu untuk beristirahat di ruangan yang gelap atau remang-remang. Kalian juga bisa menambahkan anti-silau ke layar komputer kalian.


6. Berlatih Relaksasi

Teknik relaksasi dapat membantu meringankan gejala sakit kepala dan mengurangi stres. Teknik relaksasi meliputi praktik seperti pernapasan dalam perut, peregangan, meditasi terpandu, maupun yoga.


7. Tidur

Masalah yang berbeda dapat menyebabkan sakit kepala, dan masalah tidur adalah yang paling umum. Terlalu banyak atau terlalu sedikit tidur atau tidak tidur nyenyak dapat memengaruhi sakit kepala pada beberapa orang, karena mereka belum sepenuhnya mengistirahatkan tubuh mereka. Seperti yang ditulis dalam jurnal Sleep, orang dewasa harus mencoba tidur antara 7 sampai 9 jam setiap malam.


8. Lakukan Pijatan

Memijat titik-titik tertentu dapat membantu meredakan ketegangan di kepala dan mengurangi sakit kepala. Banyak orang menemukan bahwa memijat pelipis, rahang, atau leher dapat membantu meredakan ketegangan dan mengurangi sakit kepala karena ketegangan akibat terlalu stres.


9. Konsumsi Teh Herbal

Sebuah studi menemukan bahwa bubuk jahe memiliki efek yang mirip dengan obat umum untuk mengurangi migrain. Teh sederhana dengan air hangat dan bubuk jahe dapat membantu mengatasi gejalanya. Teh yang berpotensi menenangkan lainnya termasuk herbal seperti peppermint, chamomile, dan lavender.


10. Konsumsi Kafein

Minum minuman dengan kafein, seperti kopi, teh, atau soda, terkadang dapat membantu meredakan sakit kepala. Beberapa obat penghilang rasa sakit yang dirancang untuk sakit kepala juga mengandung kafein.

Sebuah ulasan yang diterbitkan dalam Journal of Headache and Pain, menyatakan bahwa kafein dengan sendirinya dapat membantu mengurangi gejala sakit kepala tegang atau migrain. Kafein cenderung mengendurkan pembuluh darah, yang dapat mendukung sirkulasi dan meredakan ketegangan.


11. Cobalah Untuk Tidak Mengunyah

Mengunyah permen karet bukan hanya bisa melukai rahang, tetapi juga kepala kalian. Hal yang sama berlaku untuk mengunyah kuku, bibir, atau benda-benda seperti pena. Intinya, hindari mengunyah, Ini dapat mengurangi sakit kepala kalian.


12. Minyak Esensial

Menggunakan minyak esensial dapat meredakan gejala sakit kepala. Aromaterapi yang menggunakan beberapa minyak esensial juga dapat meringankan gejala sakit kepala. Sebuah penelitian mencatat bahwa menghirup minyak esensial lavender selama 15 menit mampu mengurangi keparahan sakit kepala.

Namun, aroma yang kuat mungkin mengganggu sebagian orang. Ditemukan bahwa bau dari sumber seperti parfum atau bahan kimia berbau kuat lainnya dapat memicu migrain setelah beberapa menit paparan.



Kita sudah mengetahui berbagai cara sederhana dan alami untuk mengobati sakit kepala. Kalian dapat mencoba menerapkan solusi-solusi di atas, beberapa mungkin membantu mencegah sakit kepala di masa depan.



Referensi:
https://www.medicalnewstoday.com/articles/323992.php
https://www.webmd.com/migraines-headache/5-ways-to-get-rid-of-headache




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel