9 Manfaat Meminum Kopi Bagi Kesehatan

manfaat kopi bagi kesehatan
Ilustrasi flickr.com

Ketika orang memikirkan kopi, mereka biasanya memikirkan kemampuannya untuk memberikan dorongan energi dan menahan kantuk. Namun, menurut beberapa penelitian, itu juga dapat menawarkan beberapa manfaat kesehatan penting lainnya, seperti risiko kanker hati yang lebih rendah, Diabetes Tipe 2, dan gagal jantung.

Kopi mengandung sejumlah nutrisi yang bermanfaat, termasuk riboflavin (vitamin B-2), niasin (vitamin B-3), magnesium, kalium, dan berbagai senyawa fenolik, atau antioksidan. Beberapa ahli menyarankan bahwa ini dan bahan-bahan lain dalam kopi dapat bermanfaat bagi tubuh manusia dengan berbagai cara. Mari kita bahas lebih lanjut manfaat kesehatan dari minum kopi.



9 Manfaat Kesehatan Dari Kopi


1. Membantu Membakar Lemak

Kafein ditemukan di hampir setiap suplemen pembakar lemak komersial. Ini adalah salah satu dari beberapa zat alami yang terbukti membantu pembakaran lemak.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh hingga 3–11%. Studi lain menunjukkan bahwa kafein dapat secara spesifik meningkatkan pembakaran lemak sebanyak 10% pada orang gemuk dan 29% pada orang kurus. Namun, ada kemungkinan bahwa efek ini berkurang pada peminum kopi jangka panjang.


2. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Menurut sebuah penelitian di Jepang, meminum lima ons cangkir kopi telah terbukti menyebabkan peningkatan 30% dalam aliran darah kapiler. Tingkat sirkulasi darah yang meningkat ini menghasilkan oksigenasi yang lebih baik dari jaringan tubuh yang memiliki sejumlah manfaat, seperti peningkatan kinerja dalam aktivitas fisik.


3. Mengurangi Risiko Beberapa Jenis Kanker

Kanker adalah salah satu penyebab utama kematian di dunia. Ini ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali dalam tubuh. Sejauh ini, kopi telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker hati dan kanker kolorektal, kanker paling umum ketiga dan keempat di dunia. Peminum kopi tampaknya memiliki risiko 40% lebih rendah terkena kanker hati dan 15% lebih rendah terkena kanker kolorektal, jika mereka minum empat hingga lima cangkir per hari.


4. Mengurangi Risiko Gagal Jantung

Satu studi pada tahun 2012 menyimpulkan bahwa minum kopi dalam jumlah sedang, atau mengonsumsi sekitar dua porsi 8 ons per hari, dapat melindungi dari gagal jantung. Orang yang minum kopi dalam jumlah sedang setiap hari memiliki risiko 11% lebih rendah mengalami gagal jantung daripada mereka yang tidak.


5. Melindungi Organ Hati

Hati adalah organ luar biasa yang melakukan ratusan fungsi penting. Beberapa penyakit umum terutama mempengaruhi hati, termasuk hepatitis, penyakit hati berlemak dan banyak lainnya. Banyak dari kondisi ini dapat menyebabkan sirosis, di mana hati sebagian besar digantikan oleh jaringan parut.

Menariknya, selain mencegah kanker hati, kopi juga mencegah penyakit umum lainnya yang mempengaruhi hati. Kopi dapat melindungi dari sirosis hati, di mana orang yang minum 4 cangkir atau lebih per hari memiliki risiko hingga 80% lebih rendah.


6. Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Diabetes Tipe 2 adalah penyakit yang saat ini mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Ini ditandai dengan peningkatan kadar gula darah yang disebabkan oleh resistensi insulin atau berkurangnya kemampuan untuk mengeluarkan insulin.

Untuk beberapa alasan, peminum kopi memiliki risiko Diabetes Tipe 2 yang berkurang secara signifikan. Studi mengamati bahwa orang yang minum kopi, paling banyak memiliki risiko 23-50% lebih rendah terkena penyakit ini.


7. Membuat Tubuh Lebih Energik

Tidak ada keraguan kopi dapat memberi dorongan ekstra yang kalian butuhkan, terutama ketika kurang tidur. Itulah alasan banyak orang beralih ke secangkir kopi di pagi hari. Hal ini disebabkan oleh kafein yang bertindak sebagai stimulan yang membantu kita lebih waspada dan fokus.


8. Menurunkan Risiko Depresi

Kopi juga dikaitkan dengan tingkat depresi yang lebih rendah, terutama pada wanita. Risiko penurunan ini adalah karena fakta bahwa kopi juga berdampak pada produksi bahan kimia di otak seperti serotonin dan dopamin.


9. Menurunkan Risiko Alzheimer Dan Parkinson

Penyakit Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif yang paling umum dan penyebab utama demensia di seluruh dunia. Studi dari University of Miami dan University of South Florida telah menemukan hubungan antara konsumsi kopi dan pengurangan risiko demensia, di mana Alzheimer termasuk di dalamnya. Selain itu, peminum kopi juga memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit Parkinson, penyakit neurodegeneratif kedua setelah Alzheimer.



Referensi:
https://www.healthline.com/nutrition/top-13-evidence-based-health-benefits-of-coffee
https://www.medicalnewstoday.com/articles/270202.php




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel