12 Tips Untuk Mencegah Rambut Rontok

Tips Untuk Mencegah Rambut Rontok
Ilustrasi flickr.com

Setiap helai rambut di kepala kita memiliki umur antara dua sampai lima tahun. Folikel rambut memiliki siklus pertumbuhan aktif, transisi, dan istirahat. Ada beberapa keadaan dan faktor gaya hidup yang dapat mengakibatkan lebih banyak rambut ke dalam siklus istirahat atau rontok.

Baik itu rambut rontok akibat kondisi kesehatan kronis, atau jangka pendek, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. Baca terus untuk mengetahui tips untuk menghentikan kerontokan dan menjaga rambut tetap sehat.



Mengapa Rambut Rontok?

Pada usia 40, sekitar setengah dari semua pria akan mengalami kerontokan rambut karena kondisi keturunan, seperti androgenic alopecia (kebotakan pola pria). Demikian juga, lebih dari separuh wanita akan mengalami kerontokan rambut genetik (kebotakan pola wanita) sebelum usia 70 tahun.

Penyebab rambut rontok diantaranya:
  • Kondisi medis, seperti alopecia areata.
  • Infeksi kulit kepala, atau trichotillomania (gangguan mencabut rambut).
  • Perubahan hormon dari kehamilan, persalinan, menopause, atau masalah tiroid.
  • Obat-obatan atau suplemen, seperti yang digunakan untuk kanker, tekanan darah tinggi, depresi, atau radang sendi.
  • Perawatan radiasi untuk kondisi seperti kanker.
  • Stres, baik fisik maupun emosional.
  • Praktik menata rambut, seperti mengikat kuncir kuda yang terlalu ketat.



12 Tips Untuk Mencegah Rambut Rontok


1. Perhatikan Pola Diet

Sebuah studi pada tahun 2018 mengungkapkan bahwa diet yang mengandung sayuran mentah dan bumbu segar, seperti diet Mediterania, dapat mengurangi risiko atau memperlambat timbulnya alopecia androgenik (kebotakan pola pria atau kebotakan pola wanita). Hasil terbaik diamati ketika partisipan mengonsumsi makanan ini dalam jumlah tinggi (seperti peterseli, kemangi, salad sayuran) lebih dari tiga hari seminggu.


2. Konsumsi Protein

Folikel rambut sebagian besar terbuat dari protein yang disebut keratin. Makan makanan yang kaya protein dapat membantu mencegah kerontokan rambut. Pilihan sehat termasuk diantaranya makanan seperti telur, kacang-kacangan, kacang polong, ikan, produk susu rendah lemak, ayam, dan kalkun. Namun, para peneliti mencatat bahwa dibutuhkan lebih banyak penelitian mengenai hal ini.


3. Konsumsi Multivitamin

Para ilmuwan telah menemukan bahwa vitamin A, B, C, D, besi, selenium, dan seng semuanya penting untuk pertumbuhan rambut dan proses retensi, khususnya dengan pergantian sel.

Vitamin A tersusun dalam bagian retinoid, yang sudah ada terbukti meningkatkan laju pertumbuhan rambut. Vitamin ini juga dapat membantu produksi sebum, menjaga kulit kepala lebih sehat, dan mampu mempertahankan lebih banyak rambut.

Biotin (vitamin H atau B7) terlibat dalam sintesis asam lemak dalam tubuh. Proses ini sangat penting untuk siklus hidup rambut dan mungkin mengakibatkan kerontokan rambut jika kekurangan.


4. Gunakan Minyak Kelapa

Menurut review studi tahun 2018, peneliti percaya bahwa minyak kelapa dapat membantu mencegah kerusakan rambut dari perawatan dan paparan sinar ultraviolet (UV). Asam laurat yang ditemukan dalam minyak kelapa dapat membantu mengikat protein di rambut, melindunginya dari kerusakan pada akar dan untai. Selain itu, memijat minyak kelapa ke kulit kepala dapat meningkatkan aliran darah dan membantu pertumbuhan kembali rambut.


5. Gunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat digunakan untuk kondisi rambut dalam, melindunginya dari kekeringan dan kerusakan yang terkait. Minyak zaitun juga merupakan bahan utama diet Mediterania, yang dapat membantu memperlambat kerontokan rambut secara genetik. Pertimbangkan untuk mengoleskan beberapa sendok makan minyak zaitun langsung ke rambut dan biarkan selama 30 menit sebelum dicuci.


6. Gunakan Sampo Yang Lembut Dan Cocok Untuk Rambut

Mencuci rambut setiap hari dapat melindungi dari kerontokan rambut dengan menjaga kulit kepala tetap sehat dan bersih. Kuncinya adalah menggunakan sampo ringan. Formula yang lebih keras dapat mengeringkan rambut dan menyebabkannya patah, sehingga menyebabkan rambut rontok.

Tujuan sampo adalah untuk membersihkan rambut dari kotoran dan minyak berlebih. Tetapi banyak sampo komersial mengandung bahan-bahan kasar. Baca bahan-bahan dalam sampo, dan belilah yang sedekat mungkin dengan alami. Cobalah menukar produk jika rambut mengalami kerontokan.


7. Perhatikan Gaya Rambut

Hindari kepangan ketat atau kuncir kuda yang bisa menarik rambut sampai ke akar dan berpotensi menyebabkan kerontokan yang berlebihan. Rambut fleksibel, tetapi penelitian menunjukkan bahwa rambut hanya dapat diregangkan sedemikian, sebelum menjadi rusak secara permanen.


8. Hindari Alat Penataan Rambut Panas Tinggi

Menggunakan panas untuk menata rambut akan membuat folikel rambut menjadi kering dan rentan terhadap kerusakan. Pengering rambut, pelurus rambut, dan pengeriting rambut semuanya dapat merusak rambut seiring waktu.


9. Perhatikan Pemrosesan Rambut

Perawatan kimia, seperti perms atau pewarna rambut, juga dapat merusak rambut dan kulit kepala. Jika kalian khawatir tentang kerontokan rambut, batasi penggunaan pewarna, highlight, perawatan peroksida, dan perms. Atau kalian bisa menanyakan kepada stylist tentang alternatif, seperti pewarna rambut organik dan lainnya yang tidak mengandung amonia, peroksida, atau para-phenylenediamine (PPD).


10. Hindari Mandi Air Panas

Mandi yang terlalu panas dapat menyebabkan kerusakan pada kulit kepala dengan menghilangkan minyak esensial yang membantu melindunginya, sehingga menyebabkan kekeringan dan peradangan. Tidak ada bukti langsung bahwa mandi air panas menyebabkan rambut rontok, tetapi beberapa percaya bahwa peradangan kulit kepala dapat mengakibatkan miniaturisasi folikel rambut dan penipisan rambut.


11. Lakukan Pijat

Pijat kulit kepala terasa enak, tetapi bisakah itu membantu menumbuhkan rambut juga? Jawabannya adalah mungkin. Salah satu penelitian kecil pada tahun 2016 menunjukkan peserta melihat hasil dengan pijatan hanya empat menit sehari selama 24 minggu.

Beberapa penelitian telah menyarankan bahwa pijat kulit kepala memiliki potensi untuk meningkatkan kepadatan rambut dengan meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala dan folikel rambut, serta meningkatkan aktivitas gen yang diketahui mendorong pertumbuhan rambut. Manfaat tambahannya adalah pijatan membantu menurunkan tingkat stres, faktor lain yang berkaitan dengan kerontokan rambut.


12. Gunakan Sisir Lembut Yang Terbuat Dari Serat Alami

Menggunakan sisir lembut dengan serat yang alami akan meningkatkan kadar sebum (minyak) yang sehat pada rambut. Protein keratin di rambut ditumpuk seperti sirap di atap, jadi sisirlah dengan lembut dalam satu arah, mulai dari atas dan terus sampai ke ujung. Ini akan membantu menghaluskan dan mengondisikan kutikula rambut pada tingkat molekuler.



Beberapa kerontokan bersifat sementara dan dapat merespon dengan baik perubahan diet, perawatan tertentu, atau perubahan gaya hidup. Kerontokan lainnya mungkin lebih permanen atau tidak berhenti sampai kondisi yang mendasarinya diobati. Jika kalian mengalami lebih banyak kehilangan rambut secara mendadak, kerontokan rambut yang menyebabkan area gundul, atau gumpalan besar rambut rontok, kalian harus mengunjungi dokter perawatan primer atau dokter kulit untuk diagnosis lebih lanjut.



Referensi:
https:/www.healthline.com/health/how-to-prevent-hair-loss
https:/www.healthline.com/health/hair-loss-prevention




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel