7 Bentuk Seni Bela Diri Terbaik untuk Wanita

Ilustrasi Aikido flickr.com

Pelajaran seni bela diri adalah bentuk pelatihan yang sangat baik untuk pertahanan diri. Tetapi, tidak semua seni bela diri cocok untuk semua orang, terutama untuk wanita.

Banyak wanita tertarik untuk belajar bagaimana cara melindungi diri mereka sendiri dari situasi kekerasan yang tak terduga. Masalahnya adalah mereka sering tidak yakin apa yang harus didalami.

Seni bela diri terbaik bagi seorang wanita untuk mempertahankan diri akan berbeda dari seni bela diri yang cocok untuk pria. Jadi, apa seni bela diri terbaik untuk wanita yang ingin belajar bagaimana cara mempertahankan diri? Berikut ini akan dibahas beberapa seni bela diri terbaik untuk pertahanan diri wanita.



Seni Bela Diri Untuk Wanita


1. Tae Kwon Do

Tae Kwon Do berasal dari Korea, dan merupakan salah satu seni bela diri paling populer di dunia. Istilah Tae Kwon Do diterjemahkan sebagai "cara menendang dan meninju". Tae Kwon Do memiliki banyak teknik pertahanan diri yang efektif. Tae Kwon Do sangat cocok untuk wanita karena penekanan seni pada menendang.

Wanita cenderung lebih kuat di tubuh bagian bawah daripada tubuh bagian atas mereka. Ini membuat pelatihan pukulan berbasis tendangan seperti Tae Kwon Do lebih efektif untuk pertahanan diri wanita daripada seni bela diri yang lebih fokus pada serangan tubuh bagian atas.


2. Brazilian Jiu Jitsu

Brazilian Jiu Jitsu telah menjadi sangat populer sejak awal waralaba Ultimate Fighting Championship (UFC). Banyak pesaing di UFC menggunakan Brazilian Jiu Jitsu dalam pertandingan mereka.

Jiu Jitsu dari Brasil menjadi pilihan tepat untuk pertahanan diri wanita. Jiu Jitsu memiliki penekanan kuat pada pertempuran darat, yang dapat membantu wanita belajar bagaimana mempertahankan diri ketika disematkan di bawah penyerang pria.

Fokus seni bela diri ini terletak pada leverage dan grappling berbasis mat. Ini memungkinkan siswa yang lebih kecil untuk mempertahankan diri terhadap lawan yang lebih besar, dan mungkin lebih kuat dalam jarak dekat.


3. Judo

Judo adalah seni bela diri dari Jepang yang berfokus pada lemparan dan pengiriman pukulan kuat atau tendangan cepat. Ini membantu menghindari terlalu fokus pada membangun tubuh yang kuat. Sebaliknya lebih menaruh perhatian pada gerakan sederhana yang dapat membantu menjepit atau membanting lawan ke tanah.


4. Aikido

Aikido adalah seni bela diri Jepang yang tidak seperti kebanyakan seni bela diri lainnya. Banyak seni bela diri lain dianggap keras, gaya linier dengan kekuatan bertemu dengan kekuatan.

Namun, siswa Aikido diajar untuk mengarahkan kembali kekuatan penyerang dan menggunakannya untuk melawannya. Aikido bermanfaat bagi wanita, karena tidak mengharuskan mereka untuk menjadi lebih kuat dari penyerang pria untuk membela diri.

Aikido mengajarkan berbagai macam teknik mengunci dan melempar bersama yang dapat membantu wanita keluar dari situasi berbahaya. Ini mungkin salah satu yang paling efektif, karena mengandalkan gerakan cepat tanpa harus terlibat dalam pertempuran yang panjang.


5. Muay Thai

Muay Thai merupakan seni bela diri yang berasal dari Thailand. Ini sangat efektif untuk wanita, karena bergantung pada penggunaan siku, lutut, dan kepala. Siku, lutut, dan kepala lebih mampu menimbulkan kerusakan pada orang lain tanpa mengalami cedera pada diri sendiri, jika dilakukan dengan benar.


6. Krav Maga

Krav Maga adalah seni bela Israel yang telah mendapatkan cukup popularitas. Ini adalah sistem pertahanan diri resmi Angkatan Pertahanan Israel, dan mengajarkan para praktisi bagaimana menghadapi serangan bersenjata dan tidak bersenjata.

Wanita dapat mengambil manfaat dari Krav Maga, karena latihan ini membantu praktisi untuk berfungsi baik secara mental dan fisik ketika berada di bawah tekanan. Krav Maga dapat memberdayakan perempuan untuk melindungi diri mereka sendiri dari situasi kekerasan. Wanita dapat belajar bagaimana berbagai bagian tubuh mereka seperti siku dan lutut bisa menjadi senjata saat diperlukan.


7. Jeet Kune Do

Jeet Kune Do didirikan oleh seniman bela diri terkenal, Bruce Lee. Keinginan Lee adalah untuk mengambil teknik seni bela diri terbaik, paling efektif dari berbagai gaya dan menggabungkannya menjadi satu sistem pertempuran.

Jeet Kune Do mengajarkan para siswanya untuk menghadapi serangan dengan cara yang paling efisien. Siswa Jeet Kune Do belajar bagaimana mengenai sasaran terdekat pada penyerang dengan senjata terdekat yang mereka miliki.

Jeet Kune Do adalah seni yang baik bagi wanita untuk dipelajari, karena mengajarkan wanita cara untuk melarikan diri dari situasi berbahaya secepat mungkin sebelum bahaya meningkat.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel