Lakukan Hal-Hal Positif Ini Saat Kalian Memiliki Waktu Luang Atau Saat Bosan

hal untuk mengisi waktu luang
Ilustrasi pixabay.com/Free-Photos

Ada banyak hal yang tidak hanya bisa dilakukan untuk menghabiskan waktu, tetapi juga terbukti sangat produktif dan bermanfaat bagi pertumbuhan dan pengembangan diri. Kalian bisa mencoba melakukan hal-hal positif ini sehingga waktu kalian tidak menjadi sia-sia.



10 Hal Positif Yang Bisa Dilakukan Di Waktu Luang


1. Mempelajari Hal Baru

Saat kalian bosan atau sedang senggang, ini adalah waktu yang tepat untuk belajar. Salah satu hal paling produktif yang harus dilakukan adalah mempelajari hal baru atau apa saja di internet. Kalian bisa menonton tutorial YouTube, belajar bahasa asing, atau menonton video TED talk.


2. Tinjau Jadwal 2 Hingga 3 Bulan Ke Depan

Tidak ada salahnya untuk mempersiapkan diri. Mulailah memikirkan rencana perjalanan, liburan, atau acara besar seperti konferensi yang akan diikuti. Ini dapat memicu beberapa ide lain untuk dikerjakan atau hanya sekedar membantu supaya tidak ada hal penting yang terlupakan.


3. Latih Keterampilan Saat Ini

Walaupun kondisi keuangan maupun karirmu saat ini stabil, kamu bisa menjadi lebih baik. Pasti ada suatu area yang dapat kalian tingkatkan. Dan bahkan jika kamu adalah yang terbaik di bidangmu, kamu masih harus berlatih untuk tetap mempertahankan posisi itu. Tidak ada yang salah dengan selalu mengasah ketetampilanmu.


4. Membaca Sesuatu Yang Penting

Ada perbedaan antara menggulir media sosial atau mencari beberapa gosip artis baru, dengan menyisihkan waktu luang untuk membaca sesuatu yang penting. Hal ini dapat membantu meningkatkan kemampuan kalian baik dalam hal kerajinan, bisnis, maupun kemampuan kepemimpinan kalian.

Atau kalian mungkin juga membaca fiksi untuk membuat pikiran beristirahat dan membiarkan alam bawah sadar berimajinasi. Bisa saja ide-ide baru dan bermanfaat tiba-tiba muncul.


5. Mengatur Email

Diantara sekian banyak email yang masuk setiap harinya, ada beberapa yang memerlukan perhatian khusus, seperti tagihan yang jatuh tempo. Kalian bisa memanfaatkan waktu senggang untuk menyortir dan menandai email yang dianggap penting. Bagaimanapun, luangkan beberapa menit dan bersihkan kotak masuk emailmu. Ini akan membantu kalian menjadi lebih produktif.


6. Jalan-Jalan

Bergeraklah sedikit, terutama jika kalian berada dalam jadwal pekerjaan yang padat. Ini dapat membantu motivasi diri, dan menghilangkan stres kalian. Kalian bisa berjalan-jalan ke taman atau pergi makan siang dengan berjalan sambil menikmati lingkungan sekitar.


7. Mengatur Meja kerja

Pikirkan suasana hati kalian saat bekerja dengan meja yang penuh dengan semua kertas atau barang-barang yang berantakan. Menghabiskan waktu untuk mengatur meja akan membantu menjernihkan pikiran dan meningkatkan produktifitas kerja kalian.


8. Menulis Jurnal

Menulis jurnal akan membantu kalian menjadi lebih produktif. Beberapa orang mungkin menyebutnya "brainstorming". Cobalah sisihkan waktu 15 menit untuk menuliskan masalah, solusi yang mungkin dan pemikiran kalian tentang masalah tertentu. Ketika kalian melakukan ini, bagian kreatif di otak akan aktif dan mengambil alih. Dengan menuliskannya, kalian dapat memahami apa yang terjadi dengan lebih jelas dan detail.


9. Belajar Membaca Cepat

Berbicara tentang membaca, kalian bisa belajar untuk membaca lebih cepat. Dengan demikian, kalian akan memiliki lebih banyak waktu untuk membaca lebih banyak hal lagi. Dan tentunya lebih banyak pengetahuan yang akan didapatkan.


10. Meditasi

Meditasi dapat membantu kalian mengendalikan diri, memerangi stres, dan bahkan membuat perasaan lebih baik. Bersantai dan menenangkan diri juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan mental maupun spiritual.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel