Jenis-Jenis Tembakan Dasar Dalam Bola Basket


Dalam bola basket, cara untuk mencetak poin adalah dengan menembak bola ke ring tim lawan. Ini mungkin terdengar cukup mudah, tetapi pemain dari tim lawan ada di sana untuk melakukan pertahanan.

Sebagai hasilnya, ada beberapa tipe tembakan yang dapat digunakan dalam berbagai situasi permainan untuk memberikan peluang terbaik dalam mencetak poin. Berikut akan dibahas berbagai jenis tembakan dasar dalam permainan bola basket.


jenis tembakan dasar dalam bola basket
Ilustrasi Jump Shot pixabay.com/skeeze

Berbagai Jenis Tembakan Dasar Dalam Bola Basket


1. Layups

Layup adalah tipe tembakan paling dasar dalam bola basket. Layup memanfaatkan papan dengan memantulkan bola sebelum memasukkannya ke dalam ring. Pada Layup, pemain mendekati ring dan dengan ringan memantulkan bola pada papan dengan satu tangan.

Saat melakukan Layup, kalian dapat memilih sisi kiri atau sisi kanan ring. Tangan yang digunakan untuk melakukan tembakan tergantung kalian berada di sisi lapangan mana. Sebagai pemain, kalian harus berlatih melakukan Layup dari kedua sisi ring, karena kalian tidak pernah tahu sisi mana yang dijaga pemain bertahan.

Saat melompat, coba untuk menggunakan papan dan memantulkannya ke dalam ring. Layup yang tidak menggunakan papan disebut sebagai Finger Roll, karena bola menggelinding dari jari-jari tangan langsung ke dalam ring.


2. Dunks

Dunk atau Slam Dunk adalah jenis tembakan di mana pemain melompat ke udara dan dengan tegas membanting bola ke dalam ring. Sangat sulit untuk melakukan Dunk, karena banyak yang tidak cukup tinggi atau tidak bisa melompat setinggi itu.


3. Jump Shots

Jump Shot adalah tembakan dasar lain yang harus dikuasai dalam bola basket. Untuk melakukan Jump Shot, pemain harus menggunakan kedua kaki lalu melompat ke udara. Ketika mereka berada di titik tertinggi dari lompatan, mereka harus melepaskan bola ke arah ring. Melompat akan membantu pemain untuk mendapatkan keuntungan tinggi terhadap pemain bertahan yang menjaganya.

Pemain dapat melakukan Jump Shot dari bagian mana saja di lapangan. Memiliki Jump Shot yang baik membutuhkan banyak latihan dan teknik yang baik. Butuh waktu bertahun-tahun untuk menyempurnakan jenis tembakan ini.


4. Hook Shots

Hook Shot pada bola basket adalah tembakan overhand, biasanya dibuat dengan satu tangan. Jenis tembakan ini lebih sulit untuk dilakukan. Hook Shot dapat dilakukan saat penembak menghadap ke jaring secara langsung maupun tidak, atau pada sudut menyamping.


5. Bank Shots

Bank Shot dalam bola basket adalah jenis tembakan yang bergantung pada papan belakang. Pada Bank Shot, bola memantul dari papan sebelum masuk ke dalam ring.

Sebagai pemain, kalian harus berlatih melakukan Bank Shot, karena kadang-kadang persentase tembakannya lebih tinggi daripada Jump Shot. Kalian bahkan dapat melakukan Bank Shot ketika melakukan Layup. Ini sangat sederhana.


6. Free Throws (Lemparan Bebas)

Lemparan Bebas adalah cara bagi tim untuk mencetak poin ketika terjadi pelanggaran oleh tim lawan. Untuk melakukan Lemparan Bebas, kedua kaki pemain harus bertumpu di tanah sampai bola dilepaskan.

Jenis tembakan ini pada dasarnya adalah Jump Shot tanpa lompatan. Ini mengharuskan pemain untuk lebih banyak menggunakan tubuh bagian atas. Pemain harus tetap berada di belakang garis Lemparan Bebas saat melakukan tembakan.


7. Swish

Swish dalam bola basket adalah tembakan yang masuk ke ring tanpa menyentuh bagian ring atau papan. Ini disebut Swish karena jika didengarkan dengan cermat, tembakan ini mengeluarkan suara seperti desir saat melewati ring.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel