3 Vitamin Terbaik Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

vitamin penambah daya tahan tubuh
Ilustrasi flickr.com

Musim penghujan atau musim pancaroba seringkali menjadi saat dimana kita paling rentan untuk terserang flu dan batuk. Lantas bagaimana kita bisa menghindari hal ini? Tentu saja dengan meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Salah satu cara untuk membangun sistem kekebalan tubuh yang kuat adalah dengan mengikuti pola makan yang sehat dari waktu ke waktu. Tentu saja makanan yang dimaksud disini adalah makanan yang kaya akan vitamin tertentu, yang dapat membantu sistem imun tubuh untuk melawan penyakit. Berikut ini adalah vitamin-vitamin yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh.


Vitamin C

Vitamin C adalah peningkat daya tahan tubuh yang paling utama. Faktanya, kekurangan Vitamin C dapat membuat tubuh rentan untuk sakit. Mengkonsumsi Vitamin C setiap hari sangat penting untuk kesehatan, karena tubuh tidak mampu memproduksi atau menyimpan C.

Kabar baiknya adalah Vitamin C dapat ditemukan pada banyak makanan, sehingga penggunaan suplemen tidak terlalu diperlukan, kecuali memang saran dokter. Makanan-makanan yang kaya akan Vitamin C diantaranya adalah jeruk, stroberi, kangkung, paprika, bayam, brokoli.


Vitamin B6

Vitamin lain yang juga sangat penting untuk mendukung reaksi biokimia dalam sistem kekebalan tubuh adalah Vitamin B6. Makanan yang kaya akan Vitamin B6 diantaranya ayam, salmon, dan tuna. Vitamin B6 juga dapat ditemukan pada sayur-sayuran berdaun hijau, buncis, maupun kacang panjang.


Vitamin E

Vitamin E merupakan antioksidan yang kuat yang dapat membantu tubuh melawan infeksi. Vitamin E terdapat dalam kacang-kacangan, biji-bijian, serta bayam.


Apakah Suplemen Dapat Meningkatkan Imunitas?

Suplemen memang dapat memenuhi kebutuhan vitamin tubuh, tapi yang terbaik adalah dengan mengkonsumsi langsung dari makanan, karena tubuh dapat menyerap dan menggunakan vitamin serta nutrisinya dengan lebih baik.

Selain itu, beberapa suplemen mungkin memiliki efek samping, terutama jika dikonsumsi dengan obat-obatan lain. Suplemen juga bisa menyebabkan masalah jika kalian memiliki kondisi kesehatan tertentu. Untuk alasan inilah, para ahli menyarankan yang terbaik adalah asupan vitamin melalui makanan daripada suplemen.


Selain dari makanan-makanan yang kaya akan vitamin di atas, air juga dapat meningkatkan imunitas tubuh. Air membantu tubuh memproduksi getah bening, yang mengandung sel darah putih dan sel imun lainnya. Jadi, untuk meningkatkan daya tahan tubuh kalian, konsumsilah sayuran, buah-buahan, serta makanan dengan kandungan air yang tinggi seperti timun, seledri, dan semangka. Keep Healthy, Guys !


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel