6 Cara Alami Meningkatkan Sistem Imun Tubuh Untuk Melawan Virus

cara meningkatkan imunitas tubuh


Pernahkah kalian bertanya-tanya mengapa beberapa orang mudah sakit dan rentan terserang flu, sementara ada juga yang cukup kebal. Ini semua tentang daya tahan atau sistem imunitas tubuh.

Sistem imun adalah garis pertahanan pertama dari tubuh kita dalam melawan mikroorganisme asing yang memasuki tubuh. Semakin kuat sistem imun kalian, semakin kecil peluang kalian untuk sakit.

Tidak ada obat ajaib atau suplemen yang bisa secara otomatis mencegah flu, batuk, serta virus lainnya. Tetapi, kalian dapat melakukan cara-cara berikut untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh.


Cara Alami Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


1. Olahraga Teratur

Berolahraga merupakan langkah yang paling efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Olahraga membuat antibodi dalam tubuh dan sel darah putih bersikulasi lebih cepat, yang berarti mereka mampu mendeteksi benda asing yang masuk dengan lebih cepat.

Berolahraga juga dapat menurunkan hormon stres, yang kemudian dapat mengurangi peluang menjadi sakit. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal Of Sports Medicine, mereka yang berolahraga setidaknya lima hari dalam seminggu memiliki resiko hampir setengah lebih rendah terserang flu.

Namun demikian, jangan juga terlalu berlebihan, karena terlalu banyak berolahraga juga dapat memberikan tekanan pada tubuh dan sistem imun. Yang terpenting adalah moderasi. Karenanya, direkomendasikan untuk melakukan olahraga 30 hingga 60 menit setiap harinya.


2. Perhatikan Pola Makan

Delapan puluh persen dari sistem imun kita berasal dari sistem pencernaaan. Jika kita memiliki sistem pencernaan yang sehat, tubuh akan mampu melawan infeksi dengan lebih baik dan cepat.

Karena itu, penting sekali untuk mengikuti pola makan yang sehat. Fokuslah pada diet yang kaya akan buah, sayur, gandum, ikan, kacang-kacangan, dan lemak sehat lainnya. Dengan pola makan ini, akan meningkatkan asupan nutrisi, vitamin, dan antioksidan yang mampu mengurangi peradangan dan melawan infeksi.

Disarankan juga untuk mengkonsumsi makanan fermentasi seperti yogurt. Ini dapat membantu membangun bakteri baik dalam sistem pencernaan yang dapat mendukung sistem imun.


3. Hindari Stres

Ada hubungan yang kuat antara sistem imun dan kesehatan mental. Ketika tubuh berada di bawah tekanan atau stres, tubuh akan memproduksi hormon stres yang dapat menekan sistem imun. Bahkan penelitian yang dilakukan Universitas Carniege Mellon menemukan bahwa, orang yang stres lebih rentan untuk terkena flu.

Meskipun kita tidak bisa menghindari stres dalam kehidupan sehari-hari, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kadar stres, yaitu dengan melakukan yoga, meditasi, atau latihan pernafasan.


4. Tidur Yang Cukup

Tidur adalah cara lain untuk meningkatkan imunitas tubuh. Ketika kita kurang tidur, tubuh akan mengeluarkan hormon stres seperti kortisol untuk membuat tubuh tetap terjaga, yang mana dapat menekan sistem imun.

Sebuah penelitian pada tahun 2015 yang diterbitkan pada Journal Sleep menemukan bahwa mereka yang tidur paling sedikit 7 jam, kemungkinannya 4 kali lebih kecil untuk mengalami flu. Karenanya, cobalah untuk tidur selama 7-8 jam sehari.


5. Berjemur

Mendapatkan sinar matahari yang cukup adalah salah satu cara utama untuk memproduksi Vitamin D dalam tubuh. Vitamin D sangat penting fungsinya untuk sistem kekebalan tubuh, karena membantu tubuh memproduksi antibodi.


6. Hentikan Kebiasaan Merokok

Merokok tidak hanya meningkatkan resiko kanker, tetapi juga mengurangi efektifitas pertahanan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, merokok juga dapat meningkatkan kemungkinan tubuh mengembangkan respons imun patogenik yang berbahaya.


Dengan melakukan cara-cara di atas, akan mampu memberi nutrisi yang penting dan dibutuhkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika dengan sedikit usaha dan penyesuaian rutinitas dapat membuat tubuh sehat, kenapa tidak?



Referensi:
https://healthcareinamerica.us/for-a-stronger-immunity-natural-ways-to-boost-the-immune-system
http://www.aarp.org/health/healthy-living/info-2020/boosting-immune-response.html



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel