Ini Dia Cara Yang Benar Untuk Memasak Mie Instan


Dewasa ini banyak yang memilih untuk memasak sebungkus mi instan saat lapar. Hal ini tidak terlepas dari kepraktisan mi instan untuk dimasak. Padahal kita sudah banyak mendengar bahaya dari mengkonsumsi mi instan berlebihan. Mi instan tergolong makanan yang tidak sehat, dilihat dari kandungan mi instan itu sendiri, belum lagi jika cara pengolahannya salah.

Dalam bumbu campuran mi instan, terdapat kadar natrium yang tinggi. Sementara konsumsi natrium atau garam yang berlebihan dapat meningkatkan risiko seseorang terserang penyakit tekanan darah tinggi dan stroke.

Selain itu, tubuh tidak akan mendapatkan jumlah nutrisi seperti protein, vitamin, dan mineral yang diperlukan untuk mendukung kesehatan. Karenanya, yang terbaik adalah membatasi konsumsi mi instan maksimal satu hingga dua kali seminggu.

Namun, jika kita tidak memiliki opsi lain atau memang lagi kepengen mengkonsumsi mi instan, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam proses memasaknya. Biasanya, cara kita memasak mi instan adalah dengan memasukkan mi ke dalam panci berisi air mendidih, memasukkan semua bahan bumbunya, lalu membiarkannya dimasak selama sekitar 3 menit. Setelah itu, siap untuk dikonsumsi. Namun, ini ternyata adalah metode yang SALAH dalam memasak mi instan.

Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, secara tidak langsung kita merebus bahan dalam bumbu yang biasanya mengandung MSG. Ini kemudian akan mengubah struktur molekul dari MSG dan menyebabkannya menjadi beracun.

Hal lain yang mungkin tidak kalian sadari adalah bahwa, mi ditutupi dengan lapisan lilin. Diperlukan waktu sekitar 4 sampai 5 hari bagi tubuh untuk mengeluarkan "lilin" tersebut dari tubuh setelah mi dikonsumsi.

Jadi apakah ada cara yang lebih baik untuk memasak mi instan? Tentu saja. Kalian bisa menggunakan metode berikut.
  1. Pertama, Rebus mi dalam sepanci air.
  2. Kemudian, saat mi hampir matang, keluarkan mi, dan buang sisa air yang mengandung lilin.
  3. Lalu, rebus panci air lainnya sampai mendidih, dan masukkan mi ke dalam air mendidih. Rebus dan matikan api.
  4. Pada saat kompor dalam posisi off, masukkan campuran bumbu ke dalam air yang masih mendidih.
  5. Lebih mudah lagi jika kalian membuat mi kering seperti mi goreng. Tinggal tiriskan mi, dan tambahkan campuran bumbu lainnya pada piring saji, kemudian aduk rata.

Selain melakukan langkah-langkah di atas untuk memasak mi instan dengan lebih sehat, kalian juga perlu memperhatikan kandungan dari mi instan yang kalian konsumsi. Pilihlah produk dengan kadar natrium, kalori, lemak jenuh, dan total lemak yang lebih rendah. Kalian juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan hanya seperempat atau setengah dari bumbu pada mi instan. Semoga informasi ini bermanfaat ya  ^.^

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel