Manfaat Kunyit untuk Kesehatan, dan Berbagai Cara Menggunakannya


Kunyit merupakan salah satu rempah yang memberi warna kuning cerah pada kari. Disamping penggunaannya dalam masakan, kunyit telah digunakan untuk pengobatan dan upacara keagamaan selama lebih dari 4.000 tahun. Sebenarnya apa saja manfaat kunyit bagi kesehatan? Baca terus untuk mengetahui manfaat kesehatan dari kunyit, nutrisi yang terkandung di dalamnya, serta cara penggunaannya, sehingga kalian bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal.


Apa Itu Kunyit?

Ilustrasi flickr.com

Kunyit berasal dari tanaman curcuma longa atau curcuma domestica. Ini merupakan tanaman asli Asia Selatan, dan tumbuh dominan di India. Meskipun demikian, kunyit juga ditanam di bagian lain di Asia dan Amerika Tengah. Tanaman ini masih merupakan kerabat dengan jahe.

Kunyit berasal dari bagian seperti akar yang tumbuh di bawah tanah, yang disebut rhizome. Rhizome harus direbus dan dikeringkan untuk membuat bubuk kunyit yang sering dijual di pasaran. Kalian bisa juga membeli dalam versi segarnya.


Manfaat Kesehatan Dari Kunyit

Kunyit telah dikenal luas karena sifat anti-inflamasinya. Ini terutama karena kunyit memiliki "bahan aktif" yang disebut curcumin. Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam Nutrition and Cancer, bubuk kunyit mengandung sekitar 3,14 persen curcumin.

Kunyit telah menjadi subjek dari ribuan penelitian. Dari penelitian-penelitian tersebut diketahui bahwa curcumin pada kunyit memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat, juga antivirus, antibakteri, anti-jamur serta pengatur aktivitas imun tubuh. Kita bisa mendapat manfaat dari kunyit dengan dosis satu sendok teh sehari.

Kunyit juga berguna bagi mereka yang memiliki masalah dengan usus. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh British Journal of Nutrition, curcumin mengurangi peradangan pada penderita penyakit radang usus. Bubuk kunyit juga dapat bertindak sebagai penghilang rasa sakit alami. Ini didukung oleh salah satu studi dari Thailand yang menemukan bahwa ekstrak curcumin bekerja sebaik ibuprofen untuk menghilangkan rasa sakit di antara penderita osteoarthritis.

Selain itu, Curcumin pada kunyit juga memiliki efek pembersih arteri. Menurut sebuah penelitian dari Taiwan, orang yang mengkonsumsi ekstrak curcumin setiap hari secara signifikan mengurangi kadar kolesterol jahatnya (LDL) hanya dalam 12 minggu. Namun, kekuatan kunyit tidak berhenti pada pencernaan saja. Kalian bahkan bisa menggunakannya untuk perawatan kulit.


Cara Menggunakan Kunyit

Cara paling lazim untuk menggunakan kunyit adalah menambahkannya di dalam masakan. Kalian bisa merebusnya di dalam sup atau menambahkannya ke air yang digunakan untuk memasak nasi. Bisa juga ditaburkan pada daging atau sayuran sebelum dipanggang.

Untuk memaksimalkan manfaat dari kunyit, kombinasikan dengan lemak, seperti minyak kelapa, atau lemak lainnya. Ini akan membantu mendistribusikan rempah-rempah secara merata. Kalian bisa juga menambahkan lada hitam untuk cita rasa yang lebih kuat. Hal ini dapat meningkatkan penyerapan curcumin di dalam tubuh.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel