Pelanggaran-Pelanggaran Dasar Dalam Permainan Bola Voli


Olahraga bola voli sudah populer sejak zaman dulu. Bahkan, olahraga voli termasuk dalam kurikulum pendidikan jasmani di sekolah. Seperti yang kita ketahui, permainan bola voli merupakan permainan yang dimainkan oleh 2 tim, dengan masing-masing timnya terdiri dari 6 orang. Setiap tim harus mengumpulkan poin untuk dapat memenangkan pertandingan. Poin dapat diperoleh dengan memasukkan bola ke area tim lawan atau apabila pemain lawan melakukan kesalahan.

Kesalahan-kesalahan atau pelanggaran merupakan hal yang pasti terjadi pada setiap pertandingan olahraga. Begitupun halnya dalam permainan bola voli. Lalu apa saja kesalahan atau pelanggaran yang mungkin terjadi dalam permainan bola voli? Langsung saja kita bahas.


Kesalahan atau Pelanggaran Dalam Permainan Bola Voli


1. Seorang pemain tidak boleh memukul bola 2 kali berturut-turut, kecuali pada saat memblokir.

2. Adalah pelanggaran bagi tim untuk memukul bola 4 kali sebelum mengembalikannya.

3. Setiap pemain memiliki giliran servisnya masing-masing. Karenanya, ketika seorang pemain melakukan servis saat bukan gilirannya, akan dianggap sebagai pelanggaran.

4. Tindakan menangkap atau melempar bola adalah ilegal. Bola harus dikembalikan melalui pukulan.

5. Melakukan kontak dengan net (dengan bagian tubuh apapun) selama permainan berlangsung, akan dianggap sebagai pelanggaran.

6. Pada saat melakukan servis, pemain tidak boleh menginjak lapangan atau tanah di luar area servis. Pemain yang melakukan servis harus tetap berada di dalam garis servis. Pelanggaran terhadap aturan ini akan memberikan poin kepada tim lawan.

7. Tindakan melintasi garis tengah dari lapangan dengan bagian tubuh apapun merupakan pelanggaran. Namun, ada pengecualian untuk tangan atau kaki. Dalam hal ini, pelanggaran hanya terjadi jika seluruh tangan atau seluruh kaki telah melewati center line.

8. Merupakan pelanggaran apabila pemain mengulurkan tangan melewati net dan menyentuh bola sebelum pemain lawan menyelesaikan serangannya.

9. Jika pada saat pemain baris belakang melakukan kontak blocking, ia berada di dekat net, maka ini merupakan blok ilegal.

10. Jika pada saat pemain baris belakang melakukan serangan tetapi melewati garis serang, maka ini termasuk serangan ilegal.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel