4 Tips Untuk Membeli Asuransi Mobil Terbaik


Mobil bisa dikatakan hampir menjadi kebutuhan semua orang. Tingkat pembelian mobil dari tahun ke tahun semakin meningkat, terutama di kota-kota besar. Hal ini karena masyarakat memiliki tuntutan mobilitas yang tinggi.

Perlu kalian sadari bahwa mobil sangat rentan terhadap kecelakaan maupun pencurian. Saat ini, mungkin kalian berpikir bahwa kecelakaan itu belum tentu terjadi, namun resiko bisa saja terjadi sewaktu-waktu.

Ketika mobil kalian rusak atau dicuri, kerugian yang akan kalian tanggung sangat besar. Maka dari itu, sangat penting untuk mengasuransikan mobil kalian. Dengan memiliki asuransi mobil, kalian akan merasa lebih aman saat berkendara. Selain itu, asuransi mobil akan membantu meringankan beban, saat terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Diantara banyaknya perusahaan asuransi, tentunya kalian perlu memilih yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Jika kalian salah pilih, bisa-bisa kalian menyesal di kemudian hari. Karenanya, sebelum membeli asuransi mobil, sebaiknya perhatikan tips-tips berikut:



1. Pilihlah Perusahaan Asuransi Yang Terpercaya

Saat ini, ada banyak sekali perusahaan yang menawarkan produk asuransi mobil. Kalian harus selektif dalam memilih perusahaan yang terpercaya. Yang paling penting adalah perusahaan tersebut haruslah telah disetujui oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Kalian bisa meminta rekomendasi dari keluarga atau teman-teman kalian yang juga memiliki asuransi mobil.


2. Telusuri Lebih Lanjut Tentang Perusahaan Asuransi

Setelah mendapatkan rekomendasi dari keluarga dan teman-teman, langkah selanjutnya adalah mencari informasi dari perusahaan-perusahaan asuransi yang bersangkutan. Pelajari prosedur klaim, fitur layanan, rasio keluhan, dan lain-lain.

Bila perlu, datanglah ke perusahaan asuransi tersebut dan tanyakan lebih lanjut untuk mendapatkan pemahaman secara terinci. Pahami dengan baik, tarif premi, jaminan, fasilitas, keuntungan yang ditawarkan oleh pihak asuransi, dan lain sebagainya. Dengan demikian, kalian akan semakin mengenal perusahaan asuransi mana yang seusai dengan kebutuhan dan kemampuan kalian.


3. Pilihlah Jenis Asuransi Yang Sesuai Kebutuhanmu

Setelah memutuskan perusahaan asuransi yang cocok, langkah selanjutnya adalah memilih produk asuransi yang paling tepat untuk mobil kalian. Beberapa perusahaan asuransi mungkin memiliki kemiripan dalam hal produk asuransinya. Meski begitu, bukan berarti produk tersebut benar-benar sama, pasti ada perbedaannya.

Pada umumnya terdapat dua jenis asuransi kendaraan ditawarkan oleh perusahaan asuransi, yaitu:

All Risk (Komprehensif)

Asuransi all risk adalah polis asuransi yang akan menjamin seluruh resiko yang mungkin terjadi pada mobil kalian. Jadi, kalian dapat melakukan klaim, meski mobil hanya tergores. Namun, terdapat juga pengecualian dalam asuransi ini yang tentunya harus kalian pahami dengan baik, agar tidak mengalami kerugian di kemudian hari.


Total Loss Only (TLO)

Jenis asuransi yang kedua adalah Total Loss Only (TLO). TLO adalah jenis polis asuransi yang hanya menjamin kerusakan pada saat kendaraan mengalami rusak berat atau kompilasi mobil hilang dicuri. Dengan kata lain, kerusakan atau kecelakaan kecil yang tingkat kerusakannya kecil, seperti tergores atau penyok tidak dapat diklaim.


Jadi, carilah informasi sebanyak-banyaknya dan sedetail-detailnya sebelum menentukan produk asuransi yang paling sesuai dan bermanfaat bagi mobil kalian.


4. Pertimbangkan Manfaat Tambahan Yang Ditawarkan

Ada beberapa perusahaan asuransi kendaraan yang juga memberikan layanan tambahan, berupa asuransi jiwa dan kesehatan. Hal ini dapat menjadi pertimbangan, karena memiliki nilai plus, yaitu melindungi kalian jika sewaktu-waktu terlibat kecelakaan.

Selain itu, kebanyakan produk asuransi kendaraan juga menawarkan perluasan perlindungan kendaraan, seperti kerusakan akibat bencana alam. Namun, kalian mungkin harys memberikan biaya tambahan dalam hal ini. Pertimbangkan besaran biaya tambahan dan jangkauan perlindungan tambahannya. Yang memberikan perlindungan paling luas, dan seuai dengan kondisi kalian bisa menjadi pilihan yang paling ideal bagi kalian.

Semoga artikel ini dapat menemukan kalian dalam memutuskan asuransi mobil yang paling sesuai dengan kebutuhan kalian. Jangan sampai salah pilih ya. ☺


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel