2 Jenis Asuransi Mobil, Mana Yang Lebih Menguntungkan?


Kita mengenal dua jenis asuransi mobil, yaitu asuransi mobil All Risk dan asuransi mobil Total Loss Only (TLO). Kedua jenis asuransi ini sama-sama bertujuan untuk melindungi mobil, namun keduanya memiliki perbedaan yang nyata. Apa saja perbedaannya dan yang mana yang lebih menguntungkan? Langsung saja kita bahas lebih lanjut.



Asuransi Mobil All Risk

Asuransi mobil All Risk atau komprehensif merupakan jenis asuransi yang berfungsi untuk melindungi mobil dari berbagai kerusakan secara menyeluruh. Ini mencakup kerusakan ringan, seperti baret halus, bumper penyok, dan kerusakan kecil lainnya, hingga kerusakan berat, seperti tabrakan yang mengakibatkan kerusakan body mobil atau pencurian terhadap mobil.

Semua jenis kerusakan mobil di atas akan ditanggung jika kalian membeli asuransi mobil All Risk, tentunya sesuai dengan ketentuan polis asuransi masing-masing. Tidak hanya itu saja, perlindungan asuransi mobil All Risk juga bisa diperluas, guna memberikan perlindungan yang lebih menyeluruh.

Perluasan yang lebih menyeluruh ini biasanya mencakup kemungkinan mobil terkena bencana alam seperti gempa, banjir, hingga kerusakan mobil yang diakibatkan oleh aksi kekerasan dan risiko tanggung jawab hukum pihak ketiga.


Asuransi Mobil Total Loss Only (TLO)

Jenis asuransi mobil Total Loss Only atau TLO adalah asuransi yang memberikan perlindungan terhadap mobil yang diasuransikan, ketika mengalami kerusakan secara total. Kerusakan total yang dimaksud disini adalah jika mobil hilang akibat pencurian, atau apabila terjadi kerusakan sekitar 75% terhadap kendaraan yang bersangkutan.

Perlu diketahui bahwa asuransi mobil jenis TLO tidak memberikan pertanggungan pada mobil yang mengalami kerusakan minor atau kurang dari 75%. Jadi, kerusakan seperti baret halus, bemper penyok, atau pencurian kaca spion tidak akan ditanggung oleh pihak asuransi, melainkan ditanggung sendiri oleh pemilik mobil.

Sebagai contoh, sebuah mobil mengalami kecelakaan yang cukup parah, sehingga perbaikan yang harus dilakukan menelan biaya sekitar Rp150 juta. Bila ditaksir, harga mobil tersebut bernilai Rp250 juta. Melihat banyaknya perbaikan yang perlu dilakukan dengan biaya perbaikan melebihi 50% dari harga mobil, maka kerusakan mobil tersebut dikategorikan di atas 75%, dan karenanya kerusakan akan ditanggung oleh asuransi jenis TLO.


Asuransi Mobil Mana yang Lebih Menguntungkan?

Perbedaan dari jenis asuransi mobil All Risk dan asuransi mobil TLO adalah biaya premi yang harus pembeli bayarkan. Asuransi mobil All Risk memiliki biaya premi yang lebih tinggi. Hal ini dikarenakan asuransi tersebut dapat memberikan perlindungan yang lebih menyeluruh dan komprehensif bagi mobil. Sementara itu, asuransi mobil jenis TLO rata-rata memiliki biaya premi yang lebih rendah.

Melihat perbedaan biaya premi yang harus dibayarkan, dapat disimpulkan bahwa asuransi mobil jenis Total Loss Only (TLO) lebih tepat bagi kendaraan yang digunakan sehari-hari di dalam kota. Sedangkan jenis asuransi mobil All Risk akan lebih tepat bagi kendaraan yang memiliki mobilitas tinggi dengan jarak tempuh jauh, karena kemungkinan tingkat kecelakaan lebih tinggi.

Namun, semua itu kembali lagi kepada pembeli, asuransi mobil yang mana yang dianggap paling cocok dan sesuai untuk melindungi mobil mereka. Perhitungan simulasi di atas hanyalah sebagai pandangan dan perkiraan saja. Tentunya banyak faktor-faktor lain yang perlu dipertimbangkan oleh pembeli asuransi, sesuai dengan kondisi masing-masing. 



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel