Ikuti Tips-Tips Berikut Untuk Merawat Berbagai Jenis Sepatu Kesayangan Kalian


Ada begitu banyak jenis sepatu, mulai dari sepatu kulit, sepatu kanvas, dan masih banyak lagi. Jenis sepatu yang berbeda, akan membutuhkan perawatan yang berbeda pula. Tentunya, kalian ingin agar sepatu kesayangan kalian selalu berada dalam kondisi yang baik. Karenanya, ikuti tips-tips berikut untuk merawat sepatu kesayangan kalian supaya bisa bertahan lama.


Cara Merawat Sepatu Kanvas

Membersihkan sepatu kanvas kasual atau serupa Chucks tidaklah merepotkan. Tips utama dalam membersihkan sepatu kanvas adalah menggunakan pembersih berbusa berkualitas baik yang diformulasikan khusus untuk jenis bahan tersebut.

Bersihkan menggunakan sikat berbulu atau sikat gigi bekas hingga seluruh permukaan sepatu berbusa. Kemudian seka busa dengan kain mikrofiber bersih yang tidak terlalu basah, dan biarkan mengering di tempat terbuka.

Sebaiknya jangan merendam sepatu ke dalam air, karena ini dapat menyebabkan sol mulai retak ketika lem berkurang daya rekatnya. Pembersih bisa diganti dengan soda kue, dengan mengaplikasikannya ke noda dan dibiarkan selama 15 hingga 20 menit.

Celupkan sikat pembersih ke dalam air hangat dan bersihkan lebih jauh ke dalam sepatu, sebelum menyekanya dengan kain lembab dan membiarkan sepatu mengering.

Jika kalian dalam situasi mendesak dan ingin membersihkan sepatu dengan peralatan seadanya, pasta gigi putih non-gel dapat pula bekerja dengan sangat baik. Oleskan pasta gigi ke area yang bernoda, lalu biarkan selama sekitar 10 menit, dan lap dengan kain basah. Terakhir, biarkan mengering.


Cara Merawat Sepatu Lari

Merawat sepatu lari biasanya cukup sederhana. Poin utama yang perlu diperhatikan adalah selalu memakai dan melepasnya dengan hati-hati. Artinya, kendurkan tali sebanyak yang kalian bisa, untuk memasukkan dan mengeluarkan kaki kalian tanpa menginjak bagian tumit sepatu.

Angin-anginkan sepatu setelah setiap pemakaian, dan jangan pernah memasukkan kaki yang basah ke dalam sepatu. Tentunya selain supaya sepatu tetap awet, ini juga untuk menghindari kaki kalian terkena infeksi jamur.

Bersihkan sepatu menggunakan deterjen berkualitas baik yang diencerkan dengan air. Gosok hingga berbusa sebelum dibilas dengan air dingin. Jangan pernah menggunakan heat dry untuk mengeringkan sepatu, sebaiknya letakkan sepatu di rak pengering di luar ruangan. Ingat, jangan mengeringkan sepatu di bawah sinar matahari langsung atau di ruangan dengan kipas yang menyala.

Jika sepatu lari kalian mengalami noda, kalian dapat membersihkannya dengan menggunakan penghapus cat kuku atau larutan cuka dan air dengan bola kapas. Hal yang sama juga berlaku untuk sneakers putih.


Cara Merawat sepatu Kulit

Seperti kulit lainnya, sepatu kulit perlu dikondisikan agar kilau dan warnanya tetap utuh. Sebelum menambahkan krim apa pun, pastikan untuk menyeka bagian atas sepatu dengan kain lembab.

Untuk noda apa pun, larutan cuka dan air yang dioleskan dengan lembut akan meringankan noda. Biarkan mengering dan kemudian gunakan krim kulit berkualitas baik dengan warna yang serasi dengan sepatu untuk menutupi bagian atasnya.

Dianjurkan untuk memoles sepatu setidaknya sebulan sekali menggunakan leather restorer atau lotion berbahan dasar lanolin. Rawat kulit waxy dan oily dengan cara yang sama.

Untuk kulit paten, hanya perlu dilap dengan kain lembab dan semprotan pelindung kulit yang mengandung silikon agar tetap mengkilap. Jika kalian menemukan lecet pada sepatu, oleskan sedikit petroleum jelly ke lecet, itu akan menghaluskannya. Kemudian akhiri dengan semprotan paten.


Cara Merawat Sepatu Kulit Lunak (Suede)

Jangan pernah membawa sepatu suede atau nubuck ke luar kota tanpa terlebih dahulu melindunginya dengan semprotan tahan air yang mengandung silikon. Ini karena jika suede basah, tidak ada cara untuk memperbaiki kerusakannya.

Jika sepatu suede kalian kotor, penghapus karet standar atau blok suede (yang dapat dibeli dari toko reparasi sepatu) dapat digunakan untuk mengangkat kotoran dengan lembut. Setelah itu, sikat ke satu arah saja dengan menggunakan sikat kulit berbulu lembut. Jika kalian menyikat ke berbagai arah, akan terlihat seolah-olah warnanya tidak konsisten, dan sepatu kalian akan terlihat lusuh.

Setelah menggosok dan menyikat, lapisi kembali dengan semprotan suede berbahan silikon. Selalu uji semprotan suede pada bagian sepatu yang paling tidak terlihat dan biarkan selama beberapa jam, untuk memeriksa perubahan warna sebelum melakukan penyemprotan ke seluruh sepatu.

Jika sepatu kalian basah akibat hujan, gunakan koran bekas yang dibulatkan, dan masukkan ke dalam sepatu yang basah untuk menyerap air, dan membantu menjaga bentuk sepatu.


Cara Merawat Sepatu Kulit Sintetis / Vegan

Masalah terbesar dari sepatu kulit sintetis adalah dapat menimbulkan bau jika tidak dikeringkan dengan cukup baik. Kain sabun yang dibasahi cukup untuk menyeka sisa kotoran pada sepatu. Biarkan mengering jauh dari panas. Kalian bisa juga menempelkan kain pengering cucian ke sepatu semalaman. Hal ini akan mencegah sepatu berbau dan membantu mengeringkan sepatu lebih cepat.


Cara Merawat Sandal

Sandal umumnya terbuat dari plastik mirip karet yang disebut EVA, dan perlu dilap untuk dibersihkan. Jika berbau sedap, coba tambahkan sedikit soda kue ke air sebelum mencucinya. Sandal jepit dapat pula dimasukkan ke dalam mesin cuci untuk putaran cepat.


Cara Merawat Sepatu Crocs

Menjaga kebersihan Crocs sebenarnya tidak terlalu rumit. Crocs dapat dicuci, dan hanya perlu sedikit deterjen di dalam air cucian agar terlihat seperti baru kembali. Hindarkan dari panas langsung atau mesin pengering, karena dapat menyebabkan sepatu menyusut.


Semoga tips-tips di atas dapat membantu kalian dalam merawat sepatu favorit kalian.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel