6 Manfaat Kesehatan Kulit Apel Yang Luar Biasa

Manfaat kulit apel
Ilustrasi pixabay.com/jackmac34

Kita semua makan apel, tetapi sebagian orang tidak suka dengan kulitnya. Ada beberapa orang yang membuang kulit apel, karena kulitnya mungkin mengandung lilin atau residu pestisida. Tetapi sebenarnya, jika kita tidak memakan kulitnya, maka kita akan kehilangan beberapa nutrisi penting.

Jika kita mengupas kulit apel, secara tidak langsung sekitar sepertiga dari total serat apel hilang. Selain itu, kita juga akan menghilangkan sebagian besar vitamin E dan vitamin K dari apel dan semua folat di dalamnya.



Kandungan Nutrisi Dalam Apel Beserta Kulitnya

Sebuah apel besar dengan kulitnya memasok 116 kalori, tanpa lemak dan 5,4 gram serat. Apel yang sama, memberikan 239 miligram kalium, mineral yang penting bagi kesehatan jantung dan otot, serta 10,3 miligram vitamin C. Tubuh juga akan mendapatkan 120 unit internasional vitamin A dan 4,9 mikrogram vitamin K saat mengkonsumsi dalam jumlah besar apel dengan kulit.



Kandungan Nutrisi Dalam Apel Tanpa Kulit

Sebuah apel tanpa kulit, masih merupakan makanan sehat, tetapi kita akan kehilangan beberapa nutrisi yang terdapat dalam kulitnya. Sebuah apel besar tanpa kulit mengandung 104 kalori dan 2,8 gram serat. Itu kehilangan serat yang signifikan dibandingkan dengan apel dengan kulit, padahal makan banyak serat membuat sistem pencernaan berfungsi dengan baik. Apel yang sama tanpa kulit juga mengandung 194 miligram kalium dan 8,6 miligram vitamin C, 82 unit internasional vitamin A dan 1,3 mikrogram vitamin K.



Manfaat Kulit Apel

1. Dalam kulit apel terdapat senyawa quercetin yang membantu melindungi sel-sel otak dari kerusakan, mencegah kehilangan memori, dan juga meningkatkan konsentrasi.

2. Kulit apel sangat membantu dalam mengatur gula darah. Penderita gula darah atau diabetes harus makan apel dengan kulitnya. Ini akan membantu menjaga kadar gula darah dalam kontrol.

3. Kulit apel mengurangi risiko glaukoma. Ini baik untuk kesehatan mata.

4. Kulit apel membantu mencegah kerusakan pada gigi dan gigi berlubang.

5. Senyawa Quercetin pada kulit apel merupakan jenis flavonoid. Ini tidak hanya berfungsi mengurangi peradangan, tetapi juga memiliki sifat anti-oksidan. Sebuah artikel tahun 2009 yang diterbitkan dalam "Journal of Food Science" melaporkan bahwa antioksidan dalam kulit apel dapat membantu melindungi kesehatan jantung dengan mencegah oksidasi lemak tak jenuh ganda. Oksidasi lemak ini meningkatkan risiko penyakit jantung.

6. Dengan tingginya jumlah antioksidan di dalam kulit apel, akan sangat membantu dalam mencegah kanker. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition and Cancer mengatakan bahwa antioksidan ini membantu melindungi terhadap berbagai jenis kanker seperti kanker payudara, hati, usus besar, prostat, dll.



Referensi:
https://www.thehealthsite.com/fitness/diet/6-amazing-health-benefits-of-apple-peel-627499/
https://www.livestrong.com/article/470237-does-the-apple-skin-have-the-most-nutrients/



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel