7 Tips Sederhana Untuk Mendapatkan Kulit Sehat

tips untuk mendapatkan kulit sehat
Ilustrasi flickr.com

Siapa yang tidak menginginkan kulit sehat? Tekstur kulit yang lembut dan kenyal adalah tanda-tanda kulit yang sehat. Kalian pasti berpikir, untuk mendapatkan kulit sehat harus menghabiskan biaya yang besar dan waktu yang banyak. Namun pernyataan tersebut hanya sebagian benar.

Menjaga kulit sehat sangat mungkin dilakukan dengan beberapa tips kecantikan alami. Kiat kecantikan ini mencakup semuanya mulai dari menggunakan bahan-bahan alami, makan sehat, beberapa langkah pencegahan, dan sebagainya. Teruslah membaca untuk mengetahui beberapa kiat luar biasa untuk mendapatkan kulit sehat.



Penyebab Kerusakan Kulit

Sebelum membahas tips untuk mendapatkan kulit yang sehat, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan kerusakan pada kulit.

1. Kurangnya Hidrasi

Sama seperti tubuh perlu terhidrasi, penting untuk menghidrasi kulit guna menjauhkan perasaan kering, bersisik, dan kusam pada kulit. Sel-sel kulit juga terbuat dari air dan perlu diisi ulang agar kulit tetap terhidrasi. Minum banyak air adalah satu-satunya cara untuk melakukan ini, karena air diklaim sebagai makanan terbaik untuk kulit.


2. Merokok

Merokok membuat kulit terlihat lebih tua dan berkontribusi terhadap kerutan. Merokok mempersempit pembuluh darah kecil di lapisan kulit terluar, yang mengurangi aliran darah dan membuat kulit lebih pucat. Ini juga menghabiskan oksigen dan nutrisi kulit yang penting bagi kesehatan kulit.

Merokok juga merusak kolagen dan elastin, yaitu serat yang memberikan kekuatan dan elastisitas kulit. Selain itu, merokok meningkatkan risiko kanker kulit. Jadi, bagi yang merokok, cara terbaik untuk melindungi kulit adalah dengan berhenti merokok.


3. Paparan Sinar Matahari

Beberapa saat berada di bawah sinar matahari, dan kalian akan merasa kulit kalian terbakar. Secara harfiah, kerusakan kulit terjadi akibat paparan sinar UV.


4. Kurang Olahraga

Kurang berolahraga membuat tubuh gemuk dan tentu saja menimbulkan lebih banyak masalah kesehatan. Tetapi selain itu, kurang berolahraga juga berperan dalam kurangnya kilau pada kulit. Hal ini karena tidak cukupnya aliran darah yang penting bagi oksigen untuk melakukan perjalanan melintasi tubuh ke setiap sel termasuk sel-sel kulit.


5. Kebiasaan Makan Yang Buruk

Kulit membutuhkan nutrisi yang berbeda dan makanan instan maupun cepat saji, tidak dapat memenuhi hal tersebut. Beri makan kulitmu makanan yang tepat dan itu akan merespons dengan penampilan cantik yang kalian inginkan.




7 Tips Sederhana Untuk Dapatkan Kulit Sehat


Sekarang kalian sudah tahu apa penyebab kerusakan pada kulit. Berikut ini tips-tips supaya kulitmu sehat.

1. Riasan Minimal

Ladies, bisakah kalian meminimalkan penggunaan makeup? Benar-benar tidak perlu untuk selalu menggunakan blush on, concealer, foundation atau apapun itu. Tidak peduli seberapa mahal kosmetik itu, sebagian besar hanya merusak kulitmu. So, biarkan kulitmu bernafas.


2. Membersihkan Wajah

Ini telah disarankan oleh semua ahli kecantikan berkali-kali, ketika ditanya bagaimana menjaga kulit sehat. Bahkan jika kalian terlalu lelah setelah pesta panjang, pastikan untuk membersihkan semua kotoran dan makeup dari kulit wajahmu.

Wajah perlu dibersihkan dari semua bahan kimia dalam makeup, karena jika tidak, pori-pori wajah akan tersumbat. Jika kalian tidur dengan riasan ini, kalian akan bangun keesokan paginya dengan jerawat yang sangat menyebalkan.


3. Gunakan Tabir Surya

Tabir surya adalah suatu keharusan bagi kulit. Sinar matahari berbahaya bagi kulit, karena dapat menyebabkan kanker kulit, penuaan dini, ruam kulit, dll. Ini semua terjadi ketika kulit terlalu banyak terpapar sinar matahari tanpa perlindungan.

Gunakanlah tabir surya dengan SPF di wajah setiap kali kalian berpergian untuk melindungi kulit dari semua anomali yang disebabkan oleh sinar matahari yang berbahaya. Pakar kecantikan juga menyarankan untuk menggunakan tabir surya bahkan jika kalian berada di rumah atau di dalam mobil.


4. Pengelupasan Wajah

Semua tips kulit yang sehat mengatakan bahwa kalian harus melakukan pengelupasan kulit wajah setidaknya dua kali seminggu. Hal ini akan membersihkan kulit wajah dari semua sel mati yang mungkin telah menyumbat pori-pori, meningkatkan warna kulit, menambahkan cahaya pada kulit, dan juga membersihkan kulit dari semua racun.


5. Gunakan Pelembab

Ya, selain menjaga tubuh tetap terhidrasi secara internal, gunakan juga pelembab untuk memberi makan kulitmu. Pelembab tidak menambahkan banyak kelembaban, tetapi mereka mengunci kelembaban saat ini.

Setelah mandi, rutinkan untuk melembabkan wajah setiap hari. Sebelum tidur, letakkan handuk yang direndam dalam air hangat di wajah dan diamkan selama beberapa waktu. Dengan cara ini pori-pori wajah akan terbuka, sehingga pelembab dapat meresap ke dalam kulit.


6. Detoksifikasi Tubuh

Tubuh kita menimbun racun dari berbagai faktor seperti polusi, junk food, minuman tidak sehat, rokok, dll. Penting untuk mendetoksifikasi tubuh, sehingga membuat kulit terlihat segar dan cantik. Hal ini bisa dilakukan dengan mengkonsumsi teh hijau, atau air panas dengan jus lemon di pagi hari.


7. Makan Makanan Yang Tepat

Makanan memberi kehidupan bagi kulitmu. Segala sesuatu yang kalian makan, akan memberikan kontribusi pada kulit yang sehat. Hindari makanan dengan gula berlebih, dan konsumsi lebih banyak makanan yang mengandung.

★ Vitamin C

Vitamin C memproduksi kolagen yang bertanggung jawab atas kekencangan kulit. Jadi, kekurangan vitamin C dalam makanan dapat menyebabkan pembentukan keriput pada usia dini. Vitamin C juga merupakan anti oksidan yang mencegah kerusakan pada kolagen.

Contoh makanan yang kaya akan vitamin C adalah buah-buahan (jeruk, stroberi, nanas, dll) dan sayuran (brokoli, paprika merah, dll).

★ Vitamin A

Vitamin A diperlukan untuk pembentukan sel dan karena itu permukaan kulit dapat tetap halus. Karoten juga melindungi kulit dari sinar matahari.

Semua sayuran berdaun merah, oranye, dan hijau adalah sumber yang kaya akan beta-karoten (bentuk Vitamin A). Ini termasuk lobak, ubi jalar, wortel, bayam, dan labu.

★ Lemak Sehat

Kacang-kacangan merupakan contoh makanan yang mengandung asam lemak omega-3 yang sehat. Ini termasuk dalam kategori lemak sehat yang sangat penting bagi tubuh kita.

Almond dan kenari merupakan contoh kacang-kacangan yang sehat. Jika kalian bukan vegetarian, makanlah salmon minimal dua kali seminggu. Ikan ini juga kaya akan lemak omega-3. Selain itu, beralihlah ke minyak zaitun yang kaya akan lemak tak jenuh tunggal untuk memasak.

★ Lycopene

Tomat tidak perlu disebutkan secara khusus dalam hal kulit wajah yang sehat. Tomat mengandung bahan ajaib yang disebut lycopene, yang merupakan anti-oksidan yang membantu melawan usia tua. Ini dapat menjaga kulit dari semua tanda usia tua seperti keriput, bintik-bintik gelap dan bercak atau kulit kendor.

★ Seng dan Besi

Seng membantu dalam produksi alami sel-sel yang memberikan kulit wajah tampilan yang segar. Sementara, zat besi dibutuhkan untuk membawa oksigen ke seluruh guna memberi kilau pada wajah.

Makanan yang memasok seng dan zat besi yang baik ke tubuh diantaranya telur, daging tanpa lemak, tiram, dan sereal.

★ Serat

Jika kalian adalah orang yang sering menderita jerawat, saatnya kalian berpikir untuk memasukkan makanan kaya serat dalam dietmu. Salah satu alasan timbulnya jerawat adalah gangguan pencernaan. Dan solusi terbaik untuk meningkatkan sistem pencernaan adalah memiliki makanan yang kaya serat seperti roti gandum, beras merah, apel, pisang, dan oatmeal.

★ Air

Minumlah air yang cukup sepanjang hari untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Jangan biarkan kulitmu merasa haus.



Ikuti semua cara di atas untuk mendapatkan kulit yang sehat, kurangi makan makanan yang digoreng dan tidak sehat, tidur yang cukup, dan jangan lupa berolahraga secara teratur



Referensi:
https://www.bebeautiful.in/all-things-skin/everyday/natural-beauty-tips-for-healthy-skin
https://www.stylecraze.com/articles/healthy-skin-is-beautiful-skin/




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel