Teknik Memegang Raket Pada Permainan Bulutangkis


Hal pertama yang perlu diketahui jika ingin bermain bulutangkis dengan baik adalah bagaimana cara memegang raket. Biasanya, jika kita memegang raket dengan cara yang salah, ada kemungkinan besar kita tidak akan dapat membuat bidikan yang sempurna.



Dasar-Dasar Memegang Raket Bulutangkis

Sebelumnya, harus diketahui cara memegang raket di posisi yang benar. Memegang raket bulutangkis seperti berjabat tangan, untuk lebih detailnya:
  1. Kalian harus tahu, bahwa setiap pegangan raket berbentuk segi delapan. Delapan sisi pegangan disebut bevel dan memungkinkan kita untuk memegang raket dengan benar.
  2. Kita tidak boleh memegang raket dengan erat. Hanya kencangkan pegangan pada raket ketika akan mengenai shuttlecock.
  3. Jangan pernah memegang gagang raket di telapak tangan, sebaiknya gunakan jari tangan untuk itu.
  4. Pegang raket sedemikian rupa sehingga ujung telapak tanganmu berada di dasar pegangan.



Teknik Memegang Raket Pada Permainan Bulutangkis


1. Forehand Grip


Teknik Forehand Grip Pada Permainan Bulutangkis
Ilustrasi badminton-information.com

Teknik ini digunakan untuk membuat pukulan overhead, cengkeraman forehand adalah salah satu cengkeraman bulutangkis paling populer di kalangan pemain pemula dan berpengalaman.

Dalam teknik ini, raket berada pada posisi miring, kemudian dipegang oleh jari jempol dan jari telunjuk. Usahakan pegangan menyerupai huruf V. Saat memegang raket pastikan tangan tetap rileks.

Jari telunjuk bertugas untuk mendorong raket ke depan saat melakukan pukulan. Sementara jari jempol harus beristirahat dengan santai di pegangan sehingga memungkinkan untuk beralih ke backhand grip dengan cepat saat bermain.


2. Backhand Grip


Teknik Backhand Grip Pada Permainan Bulutangkis
Ilustrasi badminton-information.com

Forehand grip dan backhand grip terlihat hampir sama, hanya ada satu perbedaan kecil, yaitu penempatan jari. Teknik pegangan ini digunakan untuk membuat bidikan yang berada di sisi non-raket pada tubuh.

Kunci untuk melakukan backhand grip terletak pada bagaimana kalian memegang raket. Kekuatan sebenarnya dari pukulan backhand grip berasal dari dorongan jari jempol.

Jari jempol harus ditekan pada permukaan yang lebih luas dari pegangan raket bulu tangkis. Kemudian relakskan jari telunjuk, dan gerakkan lebih dekat ke jari tengah. Backhand grip akan terlihat seperti melakukan gerakan acungan jempol. Dengan backhand grip, akan lebih mudah untuk melakukan tembakan melintasi lapangan.


Baca juga artikel mengenai Cara Merawat Raket Badminton Yang Benar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel