10 Manfaat Kesehatan Dari Latihan Yoga Setiap Hari


Menyisihkan waktu 15 menit untuk berlatih yoga setiap hari dapat mengubah suasana hati dan kesehatan tubuh lebih banyak daripada yang dapat kalian bayangkan. Di mana pun dan apa pun yang kalian lakukan, mudah untuk menyisihkan hanya dalam 15 menit latihan yoga sehari. Berikut adalah alasan mengapa itu layak untuk dilakukan.


manfaat yoga
Ilustrasi pixabay.com/AndiP

10 Manfaat Kesehatan Dari Yoga


1. Meningkatkan Fleksibilitas, Kekuatan, Dan Postur Tubuh

Latihan yoga setiap hari akan membantu meregangkan dan mengencangkan otot-otot tubuh. Pose populer seperti plank secara bersamaan akan bekerja untuk memperkuat bagian lengan, kaki, bahu, dan perut. Nyeri yang disebabkan oleh postur tubuh yang tidak benar seperti nyeri punggung juga bisa dikurangi.

Kalian tidak harus super fleksibel untuk berlatih yoga. Keindahan yoga adalah bahwa yoga dapat dipraktikkan pada semua tingkat kemampuan. Beberapa menit sehari berlatih pose seperti warrior akan segera membuat kalian benar-benar merasakan perbedaan dalam fleksibilitas.


2. Kebugaran Tubuh Yang Lebih Baik

Ketika berpikir untuk meningkatkan kebugaran tubuh, kebanyakan dari kita berpikir untuk pergi ke gym. Padahal, Yoga memberi semua yang dapat dilakukan oleh gym, tetapi dengan cara yang damai, aman, dan lebih menyeluruh.

Ini menggabungkan aspek-aspek latihan kardio, fungsional, dan kekuatan menjadi satu. Bagian terbaik tentang latihan ini adalah bisa disesuaikan dengan keinginan kalian, di rumah sendiri.


3. Menurunkan Berat Badan

Kalian tidak harus melakukan olahraga berat, latihan yoga ringan setiap hari akan memicu sistem metabolisme dan membantu membakar lemak, yang mengarah pada penurunan berat badan. Yoga harian juga dapat membantu mengembalikan keseimbangan hormon dalam tubuh, yang dapat menormalkan berat badan.

Selain itu, melakukan yoga setiap hari akan memperkuat hubungan pikiran dan tubuh secara keseluruhan, serta membantu kalian menangani emosi yang tidak menyenangkan dengan lebih efektif daripada menggunakan makanan untuk menekan perasaan itu.


4. Meningkatkan Energi

Latihan yoga setiap hari akan membangkitkan pusat energi utama (chakra) di tubuh kita. Pose yang bagus untuk energi ekstra adalah pose yang meregangkan tulang belakang, seperti pose tree (memungkinkan energi beredar di seluruh tubuh) dan pose yang membuka dada, seperti pose kobra (mendorong asupan nafas yang lebih banyak).


5. Mengurangi Stres

Pose yoga yang rileks dapat menenangkan tubuh dan pikiran kita. Setiap latihan yoga, bahkan yang singkat, harus terdiri dari tiga elemen, yaitu pose, pernapasan dan meditasi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang yang secara teratur mempraktikkan ketiga elemen lebih mampu mengatur variabilitas detak jantung mereka. Ini umumnya berarti bahwa detak jantung yang lebih rendah, memberi tubuh kemampuan untuk merespons stres dengan cara yang lebih fleksibel.


6. Pernafasan Lebih Baik

Bernapas dalam-dalam dan tenang adalah bagian penting dari setiap latihan yoga. Teknik pernapasan yoga (disebut pranayama) fokus pada upaya untuk memperlambat napas dan pada pernapasan penuh dari bawah perut ke bagian atas paru-paru.

Metode-metode ini akan membuat tubuh merasa lebih santai dan tenang. Selain itu dapat meningkatkan kapasitas paru-paru dan volume tidal yang lebih banyak (jumlah total udara yang dapat disimpan paru-paru pada satu waktu).


7. Lebih Bahagia

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa berlatih yoga dan meditasi secara teratur menghasilkan kadar serotonin yang lebih tinggi (hormon kebahagiaan). Studi tersebut juga menunjukkan bahwa praktisi yoga jangka panjang memiliki lebih banyak massa di area otak yang berhubungan dengan kepuasan. Sederhananya, hanya 15 menit yoga sehari dapat mulai mengubah reaksi kimia otak dan meningkatkan mood.


8. Menjadi Lebih Penuh Perhatian

Yoga dan perhatian berjalan beriringan. Saat berlatih yoga, kalian akan mengalihkan kesadaran ke sensasi, pikiran, dan emosi yang menyertai pose tertentu. Mempraktikkan perhatian memiliki manfaat fisik dan psikologis yang bertahan lama yang sangat sejalan dengan manfaat yoga. Kalian akan mengalami tingkat energi dan antusiasme yang lebih tinggi, lebih percaya diri, dan menerima diri apa adanya.


9. Meningkatkan Konsentrasi Dan Berpikir Jernih

Melakukan yoga hanya beberapa menit di pagi hari dapat menghasilkan konsentrasi yang lebih baik sepanjang hari. Pose yoga mengharuskan kalian berkonsentrasi pada pernapasan. Proses mengamati napas ini menenangkan pikiran dan membuat kalian lebih rileks secara mental. Sebagai hasil dari stabilitas mental ini, kalian dapat mengingat kembali dan menyimpan lebih banyak informasi.


10. Hidup Lebih Lama

Seperti yang sudah diketahui, yoga setiap hari akan membantu meningkatkan tingkat kebugaran, mengatur detak jantung, mengurangi tingkat stres, dan menjadikan kalian lebih bahagia. Semua elemen itu dapat menambah tahun berharga bagi hidup kalian.

Juga diketahui bahwa yoga mengurangi risiko penyakit jantung. Studi terbaru menunjukkan bahwa elemen meditasi yoga dapat membantu menunda proses penuaan dengan melindungi telomeres di tepi kromosom kita.



Jadi, tidak ada lagi alasan bagi kalian untuk tidak melakukan yoga setiap hari.



Referensi:
https://www.netdoctor.co.uk/healthy-living/fitness/a28508/yoga-health-benefits/



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel