4 Cara Sederhana Untuk Mengurangi Lemak Perut

Cara Sederhana Mengurangi Lemak Perut
Ilustrasi pixabay.com/PublicDomainPictures

Lemak perut menjadi masalah bagi kebanyakan orang, karena bukan hanya terlihat buruk, tapi juga terkait dengan penyakit seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Karena alasan ini, menghilangkan lemak perut memiliki manfaat besar bagi kesehatan tubuh.

Jika kalian memiliki banyak lemak berlebih di sekitar pinggang, maka harus diambil langkah untuk menghilangkannya, meskipun kalian tidak terlalu gemuk secara keseluruhan. Untungnya, ada beberapa strategi yang telah terbukti mampu mengurangi lemak berlebihan di daerah perut. Mari kita bahas lebih lanjut.



Apa Itu Lemak Perut?

Sebagian lemak ada di bawah kulit. Lemak lain lebih dalam berada di sekitar jantung, paru-paru, hati, dan organ lainnya. Lemak ini disebut lemak "visceral". Lemak perut termasuk di dalamnya.

Tubuh membutuhkan lemak visceral. Ini memberikan bantalan di sekitar organ. Tetapi jika terlalu banyak, kemungkinan besar beresiko mendapatkannya penyakit tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, penyakit jantung, demensia, dan kanker tertentu.



Berapa Banyak Lemak Perut Kalian?

Setiap orang memiliki lemak perut, bahkan orang yang memiliki perut rata. Seberapa banyak yang lemak perut yang dimiliki seseorang, sebagian dipengaruhi oleh gen, dan sebagian lagi tentang gaya hidup, terutama seberapa aktif orang tersebut.

Cara paling sederhana untuk menentukan berapa banyak lemak perut yang kalian miliki adalah dengan mendapatkan pita pengukur, lilitkan di pinggang kalian, dan periksa ketebalannya. Lakukan sambil berdiri, dan pastikan pita pengukurnya rata. Ukuran pinggang yang normal adalah kurang dari 35 inci bagi seorang wanita, dan kurang dari 40 inci bagi seorang pria.



4 Cara Sederhana Untuk Menghilangkan Lemak Perut


1. Olahraga

Olahraga dapat memangkas semua lemak, termasuk lemak visceral. Latihan aerobik (seperti berjalan, berlari, berenang, dll) telah terbukti menyebabkan penurunan besar lemak perut dalam banyak penelitian.

Studi lain menemukan bahwa olahraga benar-benar mencegah orang mendapatkan kembali lemak perut setelah penurunan berat badan. Karenanya, olahraga sangat penting selama pemeliharaan berat badan.

Olahraga juga menyebabkan berkurangnya peradangan, menurunkan kadar gula darah, dan perbaikan pada semua kelainan metabolisme lainnya yang berhubungan dengan kelebihan lemak perut.


2. Diet Yang Benar

Tidak ada diet ajaib untuk lemak perut. Tetapi ketika kalian menurunkan berat badan dengan diet apa pun, lemak perut biasanya menjadi berkurang.

Apa yang kalian makan itu penting. Namun, kebanyakan orang sebenarnya tidak memperhatikan apa yang sebenarnya mereka makan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam diet kalian adalah:

☛ Hindari mengkonsumsi gula

Studi menunjukkan bahwa gula memiliki efek berbahaya yang unik pada kesehatan metabolisme. Gula adalah setengah glukosa, setengah fruktosa, dan fruktosa yang hanya dapat dimetabolisme oleh hati dalam jumlah yang signifikan.

Ketika kalian makan banyak gula tambahan, hati menjadi kelebihan dengan fruktosa dan dipaksa untuk mengubahnya menjadi lemak. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa kelebihan gula, sebagian besar karena jumlah besar fruktosa, dapat menyebabkan peningkatan akumulasi lemak di perut dan hati.

Gula cair bahkan lebih buruk dalam hal ini. Studi menunjukkan bahwa minuman yang dimaniskan dengan gula dikaitkan dengan peningkatan 60% risiko obesitas pada anak-anak. Karenanya, buat keputusan untuk meminimalkan jumlah gula dalam makanan kalian, dan pertimbangkan untuk sepenuhnya menghilangkan minuman manis. Ini termasuk minuman yang dimaniskan dengan gula, soda, maupun jus buah.

☛ Makan lebih banyak protein

Protein merupakan makronutrien paling penting dalam hal menurunkan berat badan. Ada juga beberapa bukti bahwa protein sangat efektif melawan lemak perut.

Suatu studi menunjukkan bahwa jumlah dan kualitas protein yang dikonsumsi berbanding terbalik dengan lemak di perut. Artinya, orang yang makan lebih banyak protein memiliki lemak perut jauh lebih sedikit.

Mengkonsumsi protein ternyata adalah strategi jangka panjang yang bagus untuk mengurangi lemak perut. Jadi, berusahalah untuk meningkatkan asupan makanan protein tinggi seperti telur, ikan, makanan laut, kacang-kacangan, daging, dan produk susu. Ini adalah sumber protein terbaik dalam makanan.

☛ Kurangi karbohidrat dari diet kalian

Pembatasan karbohidrat adalah cara yang sangat efektif untuk menghilangkan lemak. Ini didukung oleh banyak penelitian. Ketika orang memotong karbohidrat, nafsu makannya turun dan mereka kehilangan berat badan.

Ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat secara khusus menargetkan lemak di perut, dan di sekitar organ dan hati. Tentu saja, diet rendah karbohidrat memiliki banyak manfaat kesehatan selain hanya penurunan berat badan.

☛ Makan makanan kaya serat, terutama serat kental

Sering diklaim bahwa makan banyak serat dapat membantu menurunkan berat badan. Ini benar, tetapi penting untuk diingat bahwa tidak semua serat sama. Tampaknya, sebagian besar serat larut dan kental yang memiliki efek pada berat badan.

Jenis ini merupakan serat yang mengikat air dan membentuk gel tebal di usus. Gel ini secara dramatis dapat memperlambat pergerakan makanan melalui sistem pencernaan, dan memperlambat pencernaan dan penyerapan nutrisi. Hasil akhirnya adalah perasaan kenyang yang berkepanjangan dan nafsu makan berkurang.

Cara terbaik untuk mendapatkan lebih banyak serat adalah dengan makan banyak makanan nabati seperti sayuran dan buah. Legum juga merupakan sumber yang baik, juga beberapa sereal seperti gandum utuh.


3. Tidur Yang Cukup

Mendapatkan jumlah waktu tidur yang tepat sangat membantu. Dalam sebuah penelitian, orang yang tidur 6 hingga 7 jam per malam mendapatkan lebih sedikit lemak visceral selama 5 tahun, dibandingkan dengan mereka yang tidur 5 jam atau lebih sedikit per malam atau 8 jam atau lebih per malam.


4. Atasi Stres

Setiap orang mengalami stres. Yang penting adalah bagaimana kalian menanganinya. Hal terbaik yang dapat dilakukan diantaranya, bersantai bersama teman dan keluarga, bermeditasi, berolahraga, dan mendapatkan konseling. Itu akan membuat kalian lebih sehat, dan lebih siap untuk membuat pilihan yang baik untuk diri sendiri.



Semoga tips-tips di atas bermanfaat bagi kita semua. ☺



Referensi:
https://www.healthline.com/nutrition/6-proven-ways-to-lose-belly-fat
https://www.webmd.com/diet/features/the-truth-about-belly-fat




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel