Penderita Asam Urat, Apa Yang Harus Dimakan, Dan Apa Yang Harus Dihindari

makanan yang boleh dan tidak boleh dimakan penderita asam urat
Ilustrasi pixabay.com/FotoshopTofs

Asam urat adalah bentuk radang sendi yang menyakitkan, yang terjadi ketika terlalu banyak asam urat menumpuk dan membentuk kristal di persendian. Tubuh membuat asam urat setelah memecah zat yang disebut purin, yang ditemukan dalam banyak makanan.

Orang-orang dengan asam urat, akan mengalami serangan nyeri, pembengkakan dan peradangan sendi yang tiba-tiba dan parah. Untungnya, asam urat dapat dikontrol dengan obat-obatan, diet yang benar, serta perubahan gaya hidup. Artikel ini akan mengulas diet terbaik untuk penderita asam urat dan makanan apa yang harus dihindari.



Apa Itu Asam Urat?

Asam urat merupakan produk limbah yang dibuat oleh tubuh ketika mencerna makanan tertentu. Ketika kadar asam urat tinggi, kristal itu dapat menumpuk di sendi tubuh. Proses ini memicu pembengkakan, peradangan dan nyeri hebat. Serangan tersebut biasanya terjadi di malam hari.

Kebanyakan orang mengalami gejala-gejala ini karena tubuh mereka tidak dapat menghilangkan kelebihan asam urat secara efisien. Ini memungkinkan asam urat menumpuk, mengkristal dan menetap di persendian. Orang dengan asam urat tinggi bisa terjadi karena faktor genetika atau pola diet mereka.



Bagaimana Makanan Mempengaruhi Asam Urat?

Makanan tertentu dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Makanan pemicu asam urat umumnya tinggi purin, suatu zat yang ditemukan secara alami dalam makanan.

Ketika tubuh mencerna purin, akan terbentuk asam urat sebagai produk limbah. Ini bukan masalah bagi orang sehat, karena mereka dapat secara efisien menghilangkan kelebihan asam urat dari tubuh. Namun, tidak demikian halnya dengan penderita asam urat.



Makanan Apa Yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat?


Makanan-makanan berikut mengandung purin dalam jumlah sedang hingga tinggi.

★ Semua Daging Organ

Termasuk diantaranya hati, ginjal, pankreas, dan otak.

★ Daging Merah

Termasuk daging sapi, daging burung, dan daging rusa.

★ Ikan

Termasuk herring, trout, mackerel, tuna, sarden, teri, haddock dan banyak lagi.

★ Makanan Laut Lainnya

Termasuk kerang, kepiting, udang, dan lobster.

★ Makanan Fruktosa Tinggi

Seperti jus buah, soda, sereal, es krim, sirup, permen, makanan cepat saji.

★ Ragi

Meliputi ragi nutrisi (roti, cakes, cookies), ragi bir (vodka, wiski) dan suplemen ragi lainnya.


Ada satu pengecualian untuk aturan ini. Penelitian menunjukkan bahwa sayuran tinggi purin seperti kacang-kacangan, bayam, jamur, dan kembang kol tidak memicu serangan asam urat. Sementara, minuman fruktosa dan pemanis gula dapat meningkatkan risiko serangan asam urat, meskipun mereka tidak kaya akan purin.



Makanan Apa Yang Harus Dimakan

Meskipun diet rendah asam urat menghilangkan banyak makanan, masih ada banyak makanan rendah purin yang bisa dinikmati. Makanan dianggap rendah purin ketika mereka memiliki kurang dari 100 mg purin per 3,5 ons (100 gram).


Berikut adalah beberapa makanan rendah purin.

★ Buah-buahan

Semua buah-buahan umumnya baik untuk asam urat. Ceri bahkan dapat membantu mencegah serangan dengan menurunkan kadar asam urat dan mengurangi peradangan.

★ Sayuran

Semua sayuran baik-baik saja, termasuk kentang, jamur, terong dan sayuran berdaun hijau gelap.

★ Polong-Polongan

Semua jenis polong baik-baik saja, termasuk lentil, kacang-kacangan, kedelai dan tahu.

★ Biji-Bijian Utuh

Ini termasuk gandum, beras merah dan barley.

★ Produk Susu

Semua produk susu aman, tetapi produk susu rendah lemak tampaknya sangat bermanfaat.

★ Minuman

Meliputi kopi, teh, dan teh hijau.

★ Minyak Nabati

Termasuk minyak kanola, kelapa, zaitun dan rami.

★ Bumbu Dan Rempah-Rempah


★ Telur




Makanan Yang Dapat Dimakan Dalam Jumlah Sedang

Selain daging organ, daging buruan dan ikan tertentu, sebagian besar daging dapat dikonsumsi dalam jumlah sedang. Daging ini termasuk ayam, sapi, babi. Selain itu, salmon segar atau kalengan umumnya mengandung kadar purin yang lebih rendah daripada kebanyakan ikan lainnya.



Perlu diingat bahwa, apa yang dimakan dapat mempengaruhi berapa banyak asam urat yang dihasilkan tubuh. Tidak ada rencana diet spesifik yang akan sepenuhnya mencegah asam urat, tetapi diet yang baik akan membantu memabatasi makanan dengan purin, serta membantu mengontrol kadar asam urat.




Referensi:
https://www.healthline.com/nutrition/best-diet-for-gout
https://www.webmd.com/arthritis/gout-diet-curb-flares




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel