Tipe-Tipe Smash Pada Permainan Bulutangkis


Melakukan pukulan smash pada permainan bulutangkis tidak semua tentang mengayunkan bahu, pergelangan tangan, dan memukul bola sekuat tenaga. Tetapi ini juga tentang menggunakan jenis smash yang tepat dan waktu yang tepat.


Tipe Smash Pada Permainan Bulutangkis
Ilustrasi flickr.com

Kegunaan Smash Pada Permainan Bulutangkis


Sebelum membahas mengenai jenis-jenis smash, perlu terlebih dahulu dipahami apa kegunaan dari smash. Berikut adalah beberapa kegunaan dari melakukan smash.
  1. Membuat peluang untuk melakukan net kill.
  2. Membuat lawan berdiri lebih jauh ke belakang, sehingga membuat drop shot lebih efektif.
  3. Membuat lawan tidak seimbang.
  4. Mengejutkan lawan dengan perubahan kecepatan yang tiba-tiba.

Berdasarkan hal-hal di atas, maka tidaklah mengherankan jika ada beberapa tipe smash yang berbeda untuk memenuhi tujuan tersebut.



Tipe-Tipe Smash Pada Permainan Bulutangkis


Half Smash

Variasi pertama dari smash adalah half smash. Sederhananya, ini hanya melakukan smash dengan setengah (atau ⅔) dari kekuatan pemain. Hasilnya adalah hal ini akan menyulitkan lawan untuk terbiasa dengan pukulan, kadang-kadang membuat lawan kehilangan kendali, atau membuat shuttlecock bertahan pada posisi di bawah net atau cukup tinggi untuk melakukan net kill.

Kelebihannya adalah bahwa pemain tidak membuang seluruh berat badan, sehingga bisa pulih dan menindaklanjuti langkah selanjutnya dengan lebih cepat. Namun kekurangan dari pukulan ini adalah lawan memiliki peluang untuk melakukan serangan balik jika mereka siap untuk menerima half smash ini, karena sifatnya kurang mengancam.


Flick Smash

Selanjutnya adalah flick smash. Jenis smash yang satu ini melibatkan pergelangan tangan, bersama dengan lengan. Pukulan ini digunakan untuk membuat orang lengah dengan perubahan kecepatan yang tiba-tiba.

Karena rentang dari gerakannya jauh lebih kecil dan lebih rileks daripada smash, pukulan ini sering memberi kesan bahwa pemain akan melakukan drop shot, sehingga lawan biasa akan kejutan ketika pemain melakukan flick smash.

Saat ini, jenis smash ini sangat umum digunakan oleh pemain kelas dunia ketika mereka tiba-tiba berubah dari game reli ke game ofensif.


Slice Smash

Slice smash adalah jenis smash yang terakhir. Secara pribadi, jenis ini melibatkan pemukulan shuttlecock pada sudut tertentu yang menyebabkannya menghasilkan suara yang berbeda, dan menyebabkan shuttlecock melambat lebih cepat dari biasanya.

Pukulan ini selalu diarahkan ke sisi-sisi pada sudut yang tajam, dan jika digunakan dengan baik, kombinasi dari suara dan efek melambat akan mengacaukan timing lawan.

Namun, karena jenis pukulan ini memiliki efek melambat, pada level yang lebih tinggi akan bekerja negatif terhadap pemain, karena shuttlecock yang lebih lambat lebih mudah untuk dikembalikan.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel