7 Sayuran Terbaik Untuk Dijadikan Jus

sayuran terbaik untuk dijadikan jus
Ilustrasi Jus Tomat

Bukan hanya jus buah yang bagus untuk kesehatan, manfaat dari jus sayur juga tidak bisa dianggap remeh. Sayuran mengandung nutrisi, enzim, dan antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh dalam berbagai cara.

Ketika kita mengkonsumsi sayuran dengan cara dimasak, beberapa nutrisinya mungkin bisa hilang. Inilah salah satu alasan mengapa penting untuk mengkonsumsi jus sayuran. Selain lebih kaya nutrisi, yang terpenting adalah sari dari sayuran lebih mudah untuk diekstraksi tubuh.

Ada banyak sayuran yang bisa dijadikan jus loh! Di bawah ini merupakan daftar dari beberapa sayuran yang bagus dan cocok untuk dijadikan jus.


1. Bayam

Betul kata Popeye bahwa bayam bisa membuat tubuh kita sehat dan kuat. Segelas jus bayam mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam sehari.

Bayam kaya akan nutrisi dan vitamin yang dapat membantu tubuh melawan sel kanker, serta membentuk sel darah merah. Bayam juga bagus untuk kesehatan kulit, rambut, dan mata. Selain itu, bayam juga kaya akan serat yang mampu meningkatkan metabolisme dan sistem pencernaan.


2 . Wortel

Mungkin wortel merupakan jenis sayur pilihan yang paling sering dijadikan jus. Manfaat paling utama dari wortel adalah untuk kesehatan mata. Ini karena wortel kaya akan vitamin A yang mampu mencegah rabun senja.

Wortel memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga membantu membersihkan tubuh dari racun dan zat tidak berguna lainnya. Manfaat lain dari wortel adalah membantu menjaga kesehatan kulit.


3. Brokoli

Brokoli lebih sering dimasak daripada dijadikan jus. Cukup banyak yang tidak suka rasa dari sayuran yang satu ini, sehingga tidak mengherankan jika brokoli jarang dikonsumsi mentah. Kalian bisa membuat jus brokoli dengan mencampurnya dengan sayuran manis seperti wortel, tomat, atau bit.

Brokoli kaya akan antioksidan, klorofil, juga vitamin C, sehingga dapat meningkatkan imunitas tubuh. Brokoli juga mengandung zat besi, mineral yang berperan penting dalam produksi sel darah merah. Selain itu, brokoli memiliki kandungan vitamin K yang tinggi, yang bagus untuk kesehatan tulang dan gigi.


4. Tomat

Tomat kaya akan vitamin A dan C, juga zat bernama Likopen, suatu jenis antioksidan yang diduga mampu melindungi tubuh terhadap jenis kanker tertentu. Selain itu tomat terkenal akan manfaatnya untuk kesehatan kulit.


5. Seledri

Tidak hanya menarik untuk digunakan sebagai hiasan, seledri juga punya banyak manfaat lain. Seledri kaya akan nutrisi yang terdapat pada seluruh bagiannya, baik batang maupun daun.

Seledri juga kaya akan Kalium yang baik untuk organ hati, serta membantu kontraksi otot. Selain itu seledri terutama berguna untuk detoksifikasi tubuh.


6. Mentimun

Mentimun adalah salah satu sayuran yang cukup populer. Mentimun terkenal akan manfaatnya yang membantu menurunkan level kolesterol dalam darah. Selain itu, mentimun juga sangat cocok dikonsumsi bagi yang ingin menurunkan berat badan.


7. Kubis

Daun kubis biasanya digunakan dalam pembuatan salad. Dengan kandungan airnya yang tinggi, kubis sangat cocok untuk dijadikan jus. Kubis juga cocok digunakan untuk diet, karena bebas kalori.

Kubis mengandung vitamin C dan folat yang dapat meningkatkan metabolisme dan imunitas tubuh. Kubis juga dikatakan bermanfaat bagi pasien pengidap kanker.


Jika kalian termasuk orang yang tidak suka makan sayur atau bosan dengan salad yang menggunakan sayur mentah, maka meminum jus dari sayuran bisa menjadi solusi yang tepat. Kalian bisa membuat jus dari satu macam sayuran atau mengkombinasikan beberapa jenis sayur. Pada akhirnya yang terpenting adalah tubuh mendapatkan semua nutrisi yang bisa kalian peroleh.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel