Cara Untuk Memenuhi Kebutuhan Vitamin D Tubuh

cara memenuhi kebutuhan vitamin D tubuh
Ilustrasi flickr.com

Vitamin D adalah salah satu nutrisi yang penting bagi tubuh. Tubuh kita memerlukan vitamin D untuk membantu penyerapan kalsium, pertumbuhan tulang, penyembuhan tulang, dan memperkuat sistem imun tubuh.

Kekurangan vitamin D dapat menghambat pertumbuhan dan metabolisme. Ini juga berhubungan dengan berbagai penyakit kronis seperti osteoporosis, penyakit jantung koroner, kanker, diabetes, depresi.

Pada artikel ini akan dibahas mengenai proses produksi vitamin D dalam tubuh, cara memperoleh vitamin D dari matahari, serta cara lainnya untuk memperoleh vitamin D.


Proses Sinar Matahari Membantu Tubuh Memproduksi Vitamin D

Vitamin D disebut vitamin matahari, karena kulit akan memproduksi vitamin D ketika terpapar sinar matahari. Pada dasarnya ada 2 jenis sinar ultraviolet (UV), yaitu UVA dan UVB. Sinar UVB inilah yang berperan dalam pembentukan vitamin D.

UVA punya sinar gelombang yang lebih panjang, sehingga akan menembus lebih dalam ke jaringan kulit. Ini dapat menyebabkan kerusakan pada kolagen kulit.

Sementara itu, UVB memiliki gelombang yang pendek. Ketika sinar UVB mengenai kulit, terjadi proses dalam jaringan tubuh yang mulai memproduksi vitamin D. Perlu diketahui, terlalu banyak paparan sinar matahari juga bisa membakar kulit dan berpotensi memicu terjadinya kanker kulit.


Bagaimana Cara Memperoleh Vitamin D Dari Matahari?

Tubuh memerlukan asupan vitamin D yang stabil untuk berbagai proses kimia didalamnya. Dengan berjemur di bawah paparan sinar matahari, tubuh akan mendapatkan sinar UVB yang dapat membantu produksi dari Vitamin D.

Banyak faktor yang mempengaruhi berapa banyak vitamin D yang diperoleh seseorang dari berjemur, diantaranya:

Waktu

Kulit memproduksi lebih banyak vitamin D ketika kita berjemur pada siang hari, yaitu saat bayangan kita lebih pendek dari tinggi kita. Tidak perlu berlama-lama sampai kulit terbakar, cukup 5 sampai 15 menit, yang penting dilakukan secara rutin.

Jumlah Kulit Yang Terpapar

Semakin banyak bagian tubuh yang terkena paparan sinar matahari, semakin banyak pula vitamin D yang akan dibuat tubuh. Misalnya, bagian punggung membuat tubuh memproduksi lebih banyak vitamin D dibandingkan bagian tangan dan wajah.

Warna Kulit

Kulit yang berwarna cerah lebih cepat memproduksi vitamin D dibandingkan kulit yang gelap.


Apakah Ada Faktor Yang Mencegah Tubuh Memperoleh Vitamin D Dari Matahari?

Tubuh tidak dapat memproduksi vitamin D jika kita berjemur lewat jendela, karena kaca jendela memblokir sinar UVB dari matahari. Selain itu, pemakaian sunscreen juga akan membatasi kemampuan tubuh untuk membuat vitamin D.


Cara Lain Untuk Memperoleh Vitamin D

Selain sinar matahari, makanan tertentu, dan suplemen juga bisa menjadi sumber vitamin D bagi tubuh. Beberapa makanan yang memiliki kandungan vitamin D yang lebih tinggi diantaranya ikan sarden, salmon, telur, jamur, udang.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel