8 Kulit Buah Yang Bisa Dikonsumsi Dan Bermanfaat Bagi Kesehatan

kulit buah yang bermanfaat bagi kesehatan
Ilustrasi pixabay.com/jackmac34

Buah-buahan merupakan sumber nutrisi yang penting bagi tubuh. Kebanyakan dari kita akan mengupas kulit buah dan membuangnya saat dikonsumsi. Pernahkan kalian berpikir bahwa, kulit dari buah yang kalian buang mungkin saja mengandung nutrisi yang sama pentingnya dengan daging buahnya.

Meskipun terlihat tidak enak, beberapa kulit buah memiliki manfaat kesehatan seperti meningkatkan metabolisme, mengontrol tekanan darah, serta meningkatkan penglihatan. Artikel ini akan memberikan daftar dari kulit buah yang dapat dikonsumsi dan tentunya menyehatkan.


8 Kulit buah yang bermanfaat bagi kesehatan


1. Jeruk

Buah jeruk akan memberi manfaat yang lebih banyak jika dikonsumsi bersama dengan kulitnya. Memakan jeruk beserta kulitnya merupakan cara alami untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, dipercaya bahwa kulit jeruk dapat membantu paru-paru untuk membersihkan diri.

Kulit jeruk memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, vitamin C, vitamin A, enzim, serat, dan pektin. Mungkin banyak yang tidak menyukai rasa dari kulit jeruk, namun jangan khawatir, ada banyak cara untuk mengkonsumsinya. Salah satunya adalah dengan menambahkannya ke dalam smoothie atau dalam resep lainnya.


2. Apel

Kulit apel mengandung banyak protein, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Vitamin A dan C yang terdapat pada kulit apel terutama baik untuk kulit, penglihatan, serta meningkatkan sistem imun tubuh.

Zat lain yang juga terdapat pada kulit apel adalah zat besi dan kalsium yang bagus untuk kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, kulit apel juga merupakan sumber antioksidan yang dapat membantu mencegah banyak penyakit.


3. Mentimun

Mengapa repot-repot mengupas kulit timun jika ternyata kulitnya mengandung banyak manfaat. Kulit mentimun mengandung sejumlah antioksidan dan kaya akan serat tidak larut, vitamin K, dan kalium.

Vitamin K membantu mengaktifkan protein dalam tubuh untuk pemeliharaan tulang, pertumbuhan sel, dan membantu membentuk pembekuan darah. Selain itu, kulit timun juga mengandung serat tidak larut yang dapat membantu sistem pencernaan.


4. Semangka

Tahukah kalian bahwa kulit semangka memiliki lebih banyak manfaat dibandingkan dengan buahnya? Kulit semangka mengandung seng, kalium, magnesium, antioksidan, vitamin A, dan C. Ini membantu menguatkan sistem imun, merawat kulit, membantu pencernaan, dan membantu membuang racun dalam tubuh.

Kulit semangka dapat menjadi camilan rendah kalori, karena dapat membantu menurunkan berat badan dengan kandungan serat padatnya, membantu metabolisme, sekaligus membuat kalian kenyang. Selain itu, gula alami yang ditemukan pada kulit semangka dapat membantu mengatasi mual di pagi hari dan pembengkakan yang dialami selama kehamilan.

Ada banyak cara mengkonsumsi kulit semangka. Kalian dapat mencampurnya ke dalam smoothie, dibuat menjadi selai, atau dipotong-potong dalam salad.


5. Pisang

Kulit pisang pahit, berserat, dan agak tebal, namun ternyata memiliki banyak nutrisi. Mengkonsumsi kulit pisang mungkin terasa salah bagi kebanyakan orang, tapi jangan salah, manfaatnya sangat besar.

Kulit pisang mengandung banyak serat, vitamin C, B6, B12, kalium dan magnesium. Dengan adanya peningkatan serat, akan membantu pencernaan dan menurunkan resiko diabetes. Sementara vitamin C dapat meningkatkan sistem imun, dan vitamin B6 dapat membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi. Kalium membantu perkembangan sel dan jaringan tubuh. Magnesium membantu produksi energi tubuh dan menstabilkan level tekanan darah.

Sangat disayangkan jika kalian membuang kulit pisang begitu saja. Kalian bisa mengkonsumsi kulit pisang dengan diblender bersama dalam smoothie, dipanggang, atau direbus. Ini akan membuat kulit pisang lebih lunak dan lebih mudah dikunyah.


6. Kiwi

Sama seperti semangka, kulit kiwi juga mengandung lebih banyak nutrisi daripada buahnya. Kulit kiwi mengandung banyak serat, flavonoid, antioksidan dan vitamin C. Ini dapat membantu meningkatkan imunitas, kesehatan jantung, dan kesehatan paru-paru.


7. Mangga

Kulit mangga mengandung vitamin A, vitamin C, serat, dan fitonutrien. Serat membantu memobilisasi sistem pencernaan dan menjaga pergerakan usus secara teratur. Fitonutrien menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko kanker. Disamping itu, kulit mangga juga mengandung zat besi dan kaya antioksidan, yang membantu mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.


8. Lemon

Kulit lemon mampu menurunkan kolesterol LDL dengan kandungan flavonoid polifenolnya. Kandungan lain dalam kulit lemon adalah kalsium, kalium dan Vitamin C, serta senyawa limonene dan salvestrol Q40 yang mampu melawan sel kanker.



Referensi:
https://spoonuniversity.com/lifestyle/10-fruit-and-vegetable-peels-that-are-safe-to-eat
https://indianexpress.com/photos/lifestyle-gallery/10-fruits-and-vegetable-peels-that-are-beneficial-for-your-overall-health-5124780/



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel