Apa Itu Masker N95 ?

apa itu masker n95
Ilustrasi flickr.com

Melihat orang menggunakan masker di tempat umum sudah menjadi pemandangan yang biasa semenjak mewabahnya virus Corona. Virus Corona atau yang juga dikenal dengan Covid-19 ini telah menyebar ke seluruh dunia dengan jumlah kasus yang terus meningkat setiap harinya.

Ada banyak hal yang menjadi perhatian banyak orang. Mulai dari gejala-gejala Covid-19, penggunaan hand sanitizer dan disinfektan, hingga Alat Perlindungan Diri (APD). Semakin banyak istilah baru yang muncul dan perlu untuk kita pahami.

Kalian mungkin mendengar bahwa rumah sakit membutuhkan banyak masker, khususnya masker N95. Tapi, apa sebenarnya masker N95 ini? Dan apakah masker ini dapat digunakan berulang-ulang? Artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai masker N95 dan makna dibalik namanya.


Mengapa Kita Menggunakan Masker?

Pertama-tama kita perlu memahami pentingnya penggunaan masker. Jika digunakan dengan benar, masker dimaksudkan untuk membantu menghalangi partikel besar seperti tetesan atau percikan yang mungkin mengandung virus dan bakteri, supaya tidak terkena mulut atau hidung.


Apa Sebenarnya Masker N95 Itu?

Berdasarkan The Food And Drug Administration (FDA), masker N95 adalah alat perlindungan pernafasan yang didesain untuk melekat dengan pas pada wajah, dan memiliki filter yang sangat efisien terhadap partikel di udara. Masker N95 lebih tebal daripada masker pada umumnya, dan sangat pas di sekitar hidung dan pipi.

Menurut National Institute for Occupational Safety and Health (NIOSH), ada berbagai jenis masker sekali pakai dan N95 termasuk dalam kategori itu. Apa itu masker sekali pakai? Ada dua faktor yang mengklasifikasikan respirator sekali pakai, yaitu bagaimana masker menyaring udara dan seberapa tahan masker terhadap minyak.

Peringkat yang berbeda untuk respirator menunjukkan seberapa baik masker melindungi terhadap minyak dan dinilai dalam N, R, atau P. Menurut NIOSH, respirator diberi peringkat N ("not resistant to oil") jika mereka tidak tahan terhadap minyak. R ("resistant to oil") jika agak tahan terhadap minyak, dan P ("oil proof") jika sangat tahan terhadap minyak.

Lalu apa maksud angka 95 pada masker N95? Ini berarti respirator tersebut menyaring 95 persen partikel udara, sehingga diberi peringkat 95. Dengan demikian masker N95 berarti bahwa masker menyaring 95 persen partikel yang sangat kecil (0.3 mikron) di udara, tetapi tidak tahan terhadap minyak.

Jika tingkat penyaringan respirator 99 persen, maka mendapat peringkat 99. Dan yang menyaring 99.7 persen partikel di udara dicatat oleh NIOSH sebagai 100 persen.


Perbedaan Masker Bedah Biasa Dan Masker N95

Ada beberapa hal yang membedakan masker N95 dengan masker lainnya, yaitu:
  1. Pengujian dan persetujuan untuk masker bedah dilakukan oleh FDA, sedangkan pengujian dan persetujuan untuk masker N95 dilakukan oleh NIOSH.
  2. Masker bedah biasa tidak pas di wajah, sementara N95 menempel dengan pas di wajah.


Persamaan Masker Bedah Biasa Dan Masker N95

  1. Menurut FDA kedua jenis masker diuji untuk ketahanan terhadap cairan, efisiensi filter (partikel dan bakteri), kemudah-bakaran dan biokompatibilitas.
  2. Kedua jenis masker tidak boleh digunakan kembali ataupun berbagi pemakaian bersama orang lain.


Siapa Yang Harus Menggunakan N95?

Menurut WHO ada berberapa kondisi dimana harus mengenakan masker, jika bersin atau batuk, atau jika baik-baik saja tetapi merawat seseorang yang berpotensi memiliki Covid-19. Namun perlu diketahui, bahkan pemakaian masker N95 tidak sepenuhnya menghilangkan resiko terkena penyakit.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel