Jenis-Jenis Service Pada Badminton


Service adalah pukulan paling penting dan mendasar dalam permainan badminton. Tidak peduli seberapa hebatnya seorang pemain, dia akan mengalami kesulitan dalam memenangkan pertandingan jika memiliki kualitas servis yang tidak baik. Ini karena setiap rally harus dimulai dari service.

Sangat penting bagi pemain badminton untuk menguasai servis. Servis yang lemah seringkali menciptakan peluang bagi lawan untuk melakukan serangan. Pada dasarnya ada 5 jenis servis yang harus dikuasai setiap pemain badminton, yang akan dibahas lebih lanjut di bawah.


5 Jenis Service Pada Badminton


1. High Serve (Servis Tinggi)

Servis tinggi kebanyakan digunakan dalam permainan single. Jenis servis ini bertujuan untuk mendaratkan shuttlecock di bagian belakang lapangan. Servis tinggi yang baik harus membuat shuttlecock turun tajam di bagian belakang lapangan lawan.

Servis tinggi merupakan jenis servis defensif, karena memberikan pemain waktu yang cukup saat shuttlecock berada tinggi di udara. Dengan melakukan servis ini, akan memaksa lawan kembali ke base line dan membuka pertahanannya.


2. Low Serve (Servis Rendah)

Servis rendah digunakan jika pemain ingin mendaratkan shuttlecock di depan net atau lawan. Servis rendah paling umum digunakan dalam permainan doubles, untuk memaksa lawan mengangkat shuttlecock.

Salah satu alasan mengapa banyak pemain suka melakukan servis rendah adalah untuk mengatasi pemain yang dapat melakukan smash atau jumping smash yang kuat, bahkan dari belakang lapangan. Karena jika shuttlecock terjaga dalam posisi rendah, lawan akan memiliki lebih sedikit kesempatan untuk menyerang.


3. Backhand Serve (Servis Backhand)

Servis backhand biasanya digunakan dalam permainan tunggal, terutama pada tunggal putra. Servis ini sangat efektif karena proses eksekusi pukulannya yang cepat, dan tidak perlu banyak gerakan untuk melakukannya.


4. Drive Serve (Servis Drive)

Drive serve adalah salah satu variasi dari servis tinggi dan servis rendah. Ini merupakan servis yang bisa digunakan untuk menyerang baik pada permainan tunggal maupun ganda.

Drive serve harus menjadi servis cepat dan shuttlecock harus meluncur rendah di atas net dan jauh ke lapangan lawan. Ini termasuk servis yang sangat berisiko, karenanya jarang digunakan.


5. Flick Serve (Servis Flick)

Flick serve merupakan jenis servis tipuan, dimana pemain melakukan gerakan seperti servis rendah. Namun, alih-alih melakukan servis rendah, pemain akan mendorong pergelangan tangan lebih keras untuk membuat shuttlecock tiba-tiba terbang tinggi menuju ke belakang lawan.

Flick serve memanfaatkan gerakan shuttlecock yang cepat untuk melawan pemain yang tidak memiliki refleks yang baik dan tingkat konsentrasi yang buruk. Namun, jika terlalu sering digunakan, lawan akan dapat mengantisipasinya. Servis ini bisa digunakan dalam permainan ganda atau tunggal, tetapi lebih umum digunakan dalam permainan ganda.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel