Aturan-Aturan Dasar Permainan Bola Voli


Ada banyak variasi dari permainan bola voli yang telah berkembang sejak ditemukannya permainan ini. Bola voli saat ini memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pemain-pemain profesional yang bersaing dalam olimpiade.

Tujuan utama dari permainan bola voli adalah untuk mencetak poin dengan mengarahkan bola, supaya mengenai atau memukul lantai di area lapangan lawan. Tentu saja ada banyak aturan yang harus diperhatikan dalam permainan. Baca lebih lanjut untuk memahami aturan-aturan dasar dalam permainan bola voli.


Aturan Mengenai Pemain Dan Perlengkapan Dalam Permainan Bola Voli


1. Setiap tim terdiri dari 6 pemain di lapangan pada satu waktu. Sepanjang pertandingan bisa digunakan pemain pengganti.

2. Tidak ada tim dengan pemain campuran (pria wanita).

3. Setiap pemain akan memiliki posisi tertentu, yaitu 3 pemain di zona menyerang (di barisan depan) dan 3 pemain di zona pertahanan (di belakang lapangan). Pemain-pemain ini akan melakukan rotasi posisi searah dengan jarum jam, setelah setiap poin.

3. Lapangan bola voli berbentuk persegi panjang, dengan ukuran 18 m x 9 m. Sementara tinggi net adalah 2,43 m.

4. Bola voli memiliki ukuran diameter 8 inci, dengan berat antara 9 -10 ons.

5. Setiap tim memperoleh batas dua timeouts per set game, dengan masing-masing timeout berdurasi 30 detik. Setelah suatu game berakhir, jumlah timeouts akan direset kembali menjadi dua, tidak peduli berapa banyak yang telah digunakan sebelumnya.


Aturan Mengenai Servis Dan Pukulan Dalam Permainan Bola Voli


1. Pemain yang melakukan servis harus melakukannya dari belakang base line.

2. Servis dapat dilakukan menggunakan pukulan overhand atau underhand.

3. Setelah melakukan servis, pemain dapat bergabung kembali ke posisinya dalam tim dan melanjutkan permainan.

4. Seorang pemain tidak boleh memblokir atau menyerang servis.

5. Servis pembuka pada game pertama ditentukan dengan lemparan koin. Sementara servis pertama pada game 2 akan dilakukan oleh tim pemenang di game 1. Jika pertandingan berlanjut ke game 3, maka tim yang berhak melalukan servis akan ditentukan oleh lemparan koin yang baru.

6. Setiap tim diizinkan untuk memukul bola maksimal tiga kali sebelum bola dikembalikan ke pihak lawan, namun seorang pemain tidak diperbolehkan untuk memukul bola dua kali berturut-turut (blok tidak dapat dianggap sebagai pukulan).


Aturan Mengenai Mencetak Poin Dalam Permainan Bola Voli


1. Poin pada setiap servis diberikan kepada tim pemenang reli (penilaian dengan sistem rally-point).

2. Pukulan bola yang mengenai garis batas akan dihitung sebagai masuk.

3. Sebuah bola dinyatakan keluar jika mengenai antena, lantai di luar area lapangan, net atau kabel di luar antena, tiang penyangga atau wasit, langit-langit di atas area yang yang bukan area permainan.

4. Jika setelah upaya blok dilakukan, bola memantul di area lawan, maka tim memperoleh 1 poin. Namun jika upaya blok membuat bola memantul keluar, maka tim lawan akan diberikan 1 poin.

5. Setiap pertandingan bola voli terdiri dari set game, yang jumlahnya tergantung pada level permainan. Pertandingan dengan 3 game terdiri dari 2 game pertandingan dengan 25 poin, dan game ketiga dengan 15 poin. Untuk pertandingan 5 set game, terdiri dari 4 game pertandingan dengan 25 poin, dan pertandingan set kelima dengan 15 poin.


Aturan Untuk Memenangkan Pertandingan Bola Voli


1. Setiap set permainan dimainkan hingga 25 poin, dengan selisih kemenangan harus 2 poin. Jika skor mencapai 24-24, maka permainan akan dilanjutkan hingga tim yang memimpin dengan dua poin menjadi pemenangnya.

2. Untuk pertandingan dengan 3 set game, pemenang pertandingan adalah tim yang pertama kali memenangkan 2 set. Sementara untuk pertandingan dengan 5 set game, pemenangnya merupakan tim pertama yang memenangkan tiga set game.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel