4 Gerakan Dribble Dasar Dalam Permainan Bola Basket


Dribble atau menggiring bola merupakan salah satu keterampilan dasar dalam permainan bola basket. Untuk bisa berjalan atau berlari dengan bola basket, kalian harus mahir menggiring bola. Saat menggiring bola, kalian hanya bisa menyentuh bola basket dengan satu tangan pada satu waktu. Jika kalian menggiring bola dengan kedua tangan secara bersamaan, itu disebut double dribble. Ini akan menghasilkan pembalikan, dan tim lawan akan mendapatkan kepemilikan bola. Kalian juga tidak boleh menggiring bola, berhenti, dan kemudian mulai menggiring bola lagi. Ini juga merupakan double dribble.

Setelah kalian menguasai kemampuan menggiring bola basket dengan benar, kalian tentunya ingin mulai melatih gerakan menggiring bola yang berbeda. Ada 4 gerakan dasar yang dapat kalian gunakan, dan kemudian untuk mulai menjadi lebih kompleks, kalian dapat menambahkan kombinasi gerakan secara bersamaan.


4 Gerakan Dribble Dasar Dalam Permainan Bola Basket


1. Crossover

Pada gerakan menggiring bola ini, lakukan gerakan mengoper bola basket dari satu tangan ke tangan lainnya. Ini bisa dilakukan di depan tubuh, di belakang punggung, atau di antara kedua kaki. Saat melakukan gerakan ini, berpura-puralah seperti kalian akan pergi ke satu arah, sebelum melewatkan bola basket ke arah yang berlawanan.

2. Hesitation

Untuk gerakan menggiring bola ini, kalian akan berhenti selama setengah detik dan bertindak seperti akan mengoper bola ke tangan yang lain, tetapi kemudian menggiring bola melewati pertahanan dengan tangan yang sama yang memegang bola.

3. In & Out

Langkah ini mirip dengan gerakan hesitation, di mana kalian akan memegang bola di tangan yang sama sepanjang waktu. Pada dasarnya gerakan ini diawali dengan seolah-olah melakukan gerakan crossover di depan tubuh, tetapi alih-alih melepaskan bola, kalian menggiringnya keluar dan melewati pertahanan.

4. Spin Move

Saat menggunakan spin move, kalian akan mulai dengan menggiring bola satu arah. Saat pertahanan melangkah maju untuk menghadang, kalian akan berputar melewati pertahanan sambil menggiring bola.


Tips-Tips Dribble Dalam Permainan Bola Basket

Dribble bukan hanya tentang menggiring bola melewati pemain pertahanan, tapi juga harus mampu menjaga bola agar tidak dicuri oleh lawan. Sangat penting bagi pemain untuk mempelajari tipuan dalam dribble, serta perubahan arah. Berikut adalah beberapa tips dribble untuk memiliki penguasaan bola yang lebih baik.
  • Jaga tubuh tetap rendah di tanah, dan pertahankan dribble tetap rapat dengan tubuh.
  • Ubah kecepatan dari lambat menjadi cepat. Jika kalian tetap pada kecepatan yang sama sepanjang waktu, kalian akan mudah dijaga.
  • Bersikaplah menipu dengan gerakan kalian, dan jangan memberikan petunjuk gerakan apa yang akan kalian lakukan.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel