Cara Membungkuk Yang Benar Dalam Taekwondo Dan Kapan Harus Dilakukan


Dalam budaya Barat, membungkuk dianggap sebagai hal yang merendahkan. Ini merupakan tanda kepatuhan, jadi tidak semua orang tertarik untuk mempraktikkannya. Tetapi dalam beberapa budaya, membungkuk bukan hanya perwujudan dari rasa hormat, tetapi juga merupakan tanda terima kasih.

Dalam banyak budaya, membungkuk juga merupakan pengganti untuk jabat tangan, seperti dalam etiket Taekwondo. Saat kalian membungkuk kepada instruktur dan senior, itu adalah tanda bahwa kalian tidak hanya menghormati dan mempercayai mereka, tetapi juga menunjukkan rasa terima kasih karena telah mengajari kalian.

Artikel ini akan membahas lebih dalam tentang etiket Taekwondo, khususnya tentang membungkuk, mengapa harus dilakukan, bagaimana cara melakukannya dan kapan harus dilakukan.


Mengapa Kita Membungkuk Dalam Taekwondo?

Dalam seni bela diri apa pun, termasuk Taekwondo, membungkuk dianggap sebagai bagian dari etiket standar. Ini adalah tanda penghormatan, tidak hanya kepada instruktur dan senior, tetapi juga kepada Dojang (tempat latihan) dan seni itu sendiri.

Jika instruktur atau senior membalas hormat kalian, ini berarti mereka membalas perasaan hormat dan terima kasih ini. Mereka menghargai bahwa kalian dapat menerima ajaran mereka, dan merasa bersyukur karena kalian memutuskan untuk berlatih bersama mereka. Dalam istilah yang lebih sederhana, membungkuk dalam Taekwondo adalah perwujudan fisik dari rasa hormat, kepercayaan, dan terima kasih.


Cara Membungkuk Yang Benar Dalam Taekwondo

Membungkuk adalah gerakan yang sangat sederhana untuk dilakukan, tetapi tidak semua orang yang dapat melakukannya dengan benar. Beberapa orang, meski bukan orang baru, masih belum tahu cara membungkuk dalam Taekwondo yang benar.

Saat melakukan bungkuk standar, letakkan tangan kalian di sisi tubuh dengan jari-jari dirapatkan, atau dalam beberapa variasi tangan dikepalkan. Pastikan tubuh tetap lurus, satukan kedua tumit, sehingga pinggul menghadap ke depan, dan tidak terlalu rileks untuk membuat busur lurus dan benar. Tekuklah pinggang dengan sudut 30 hingga 40 derajat.

Dalam banyak seni bela diri lainnya, siswa mempertahankan kontak mata saat mereka membungkuk. Ini dimaksudkan sebagai tanda kesiapan, jika lawan menyerang di tengah membungkuk. Tetapi dalam Taekwondo, kalian memutuskan kontak mata saat membungkuk. Ini menandakan tidak hanya rasa hormat yang tinggi, tetapi juga kepercayaan, bahwa pasangan kalian cukup disiplin untuk tidak melakukan hal yang gegabah di dalam Dojang. Kalian harus melihat ke lantai atau ke kaki instruktur atau senior saat membungkuk. Setelah membungkuk, tegakkan tubuh kalian.

Kadang-kadang, membungkuk dapat diikuti salam, seperti "Selamat pagi, tuan" atau "Selamat malam, tuan". Ini sebagian besar digunakan saat membungkuk kepada instruktur kepala atau instruktur tamu.


Kapan Harus Membungkuk Dan Kepada Siapa ?

Bagi yang baru mengenal Taekwondo mungkin kesulitan untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk membungkuk. Beberapa Dojang menentukan membungkuk pada waktu-waktu tertentu, sementara yang lain lebih santai tentang hal ini. Sebaiknya kalian mengamati para senior, serta mengikuti teladan mereka. Membungkuklah saat mereka membungkuk. Berikut ini adalah beberapa saat kalian harus membungkuk dalam Taekwondo:

Saat Bertemu Senior

Saat bertemu dengan senior untuk pertama kalinya di kelas, kalian harus menarik perhatian mereka dan membungkuk kepada mereka. Ini untuk menandakan bahwa kalian menyadari kehadiran mereka dan juga menunjukkan rasa hormat kepada mereka. Kalian hanya perlu membungkuk kepada setiap senior satu kali selama seluruh sesi pelatihan.

Saat Bertemu Instruktur Utama

Instruktur Dojang adalah seseorang harus selalu dihormati setiap saat. Karenanya, membungkuk kepada instruktur utama lebih sering terjadi daripada membungkuk kepada senior. Kalian membungkuk kepada instruktur ketika mereka memasuki Dojang, sebelum berbicara dengan mereka, juga sebelum dan sesudah sesi latihan. Beberapa Dojang mungkin memerlukan kalian membungkuk lebih rendah kepada instruktur daripada biasanya saat membungkuk kepada senior.

Sebelum Dan Sesudah Latihan

Sebelum setiap latihan, kalian juga harus membungkuk kepada rekan latihan kalian. Begitupun setelah selesai latihan, kalian juga harus berterima kasih dengan membungkuk.

Sebelum Dan Sesudah Duel

Sebelum kalian berduel atau sebelum pertandingan kompetitif apa pun, kalian diharuskan untuk membungkuk pada lawan, wasit, dan juri. Kalian mungkin juga diminta untuk membungkuk kepada pelatih. Setelah pertandingan, baik itu kemenangan atau kekalahan, kalian juga harus membungkuk pada lawan.

Membungkuk ke Dojang

Kalian juga diwajibkan untuk membungkuk sebelum memasuki dan meninggalkan Dojang. Ini menandakan rasa hormat dan terima kasih terhadap tempat pelatihan. Dojang juga merupakan perwujudan fisik dari seni Taekwondo itu sendiri, jadi menghormati Dojang secara tidak langsung menunjukkan rasa hormat terhadap seni bela diri secara luas.


Mengapa Membungkuk Pada Bendera Nasional?

Meskipun tidak tersebar luas seperti sebelumnya, banyak sekolah Taekwondo membungkuk pada bendera Korea, serta bendera negara tempat mereka berlatih. Ini karena Korea merupakan tempat asal Taekwondo. Membungkuk pada bendera bukanlah bentuk nasionalisme, melainkan penghormatan terhadap seni itu sendiri, dengan menunjukkan rasa hormat pada tempat kelahiran Taekwondo.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel