Serba Serbi Tentang Aturan Servis Dalam Badminton


Sejauh ini, aturan paling rumit dalam permainan Badminton berasal dari aturan servis. Jika kalian baru mengenal Badminton, kalian mungkin bertanya-tanya bagaimana cara memulai permainan atau mendapatkan poin. Bahkan jika kalian telah bermain Badminton untuk beberapa waktu, kalian mungkin menemukan situasi yang membingungkan. Artikel ini akan menjawab semua pertanyaan kalian tentang servis dalam Badminton.


Siapa Yang Melakukan Servis Pertama Dalam Badminton?

Pemain atau tim pertama yang melakukan servis dalam permainan Badminton ditentukan oleh lemparan koin yang dilakukan Umpire. Pemenang lemparan koin dapat memilih diantara 2 kategori, yaitu servis dan court ends. Pada kategori servis, pemain dapat memilih untuk melakukan servis lebih dulu atau menerima servis lebih dulu. Sementara pada kategori court ends, pemain dapat memilih sisi lapangan mana untuk mulai bermain. Setelah pemenang dari lemparan koin memilih opsi dari salah satu kategori di atas, maka kategori yang tersisa ditentukan oleh pemain atau tim lainnya.


Dari Sisi Lapangan Mana Servis Pada Badminton Dimulai?

Permainan Badmiton selalu dimulai dengan melakukan servis dari sisi kanan lapangan. Pemain akan selalu melakukan servis dari sisi kanan lapangan jika mereka memiliki jumlah poin genap, dan selalu melakukan servis dari sisi kiri lapangan jika memiliki memiliki jumlah poin ganjil. Karena permainan diawali dengan poin 0 - 0 yang merupakan poin genap, maka servis harus dilakukan dari sisi kanan lapangan. Hal ini berlaku untuk permainan tunggal maupun ganda.


Siapa Yang Melakukan Servis Pertama Pada Game ke-2 dan ke-3 Dalam Pertandingan Badminton?

Seperti yang kita ketahui, pertandingan Badminton bisa memiliki 2 - 3 game pada setiap pertandingan, dimana pihak yang memenangkan 2 game akan menjadi pemenangnya. Pada pertandingan tunggal, pemain yang memenangkan game sebelumnya akan melakukan servis pertama pada game berikutnya.

Dalam pertandingan ganda, hal yang sama juga berlaku, yaitu tim pemenang game sebelumnya akan melakukan servis pertama pada game berikutnya. Namun, tim dapat mengubah pemain mana dalam tim yang melakukan servis pertama untuk setiap pertandingan. Tim penerima juga dapat memutuskan siapa yang menerima pertama untuk setiap permainan. Tidak ada aturan yang menyatakan bahwa pemain harus dalam formasi yang sama seperti saat awal pertandingan.


Siapa Yang Akan Melakukan Servis Setelah Sebuah Reli?

Setelah suatu reli berakhir, maka pemain atau tim yang memenangkan reli sebelumnya akan melakukan servis berikutnya. Pada pertandingan ganda, jika tim yang memenangkan reli adalah yang melakukan servis sebelumnya, maka pemain di tim itu akan melakukan rotasi posisi, kemudian pemain yang melakukan servis pada reli sebelumnya akan tetap melakukan servis. Sementara jika tim yang memenangkan reli bukanlah tim yang melakukan servis sebelumnya, mereka tidak perlu melakukan merotasi posisi.


Apakah Servis Yang Menyentuh Net dan Mendarat Di Batas Legal Dalam Badminton?

Servis yang menyentuh net tetapi masih melewatinya dan mendarat di lapangan adalah sah dan dianggap sebagai servis yang valid. Hal ini tidak terjadi terlalu sering, tetapi perlu untuk diperhatikan. Ketika itu terjadi, shuttlecock akan meluncur atau memantul di atas net tapi masih melambung, jadi pemain harus bereaksi cepat terhadap perubahan arah.


Seberapa Tinggi Shuttlecock Dapat Dipegang Saat Melakukan Servis Dalam Badminton?

Seluruh badan shuttlecock harus berada di bawah 1,10 meter dari tanah saat dipukul. Ini merupakan aturan eksperimental yang diberlakukan oleh BWF pada Maret 2018, dan masih berlaku hingga saat ini. Pada aturan sebelumnya, seluruh badan shuttlecock harus berada di bawah tulang rusuk paling bawah dari server.


Kapan Rotasi Posisi Servis pada Ganda Badminton Dilakukan?

Rotasi posisi servis (dari kiri ke kanan dan sebaliknya) dilakukan ketika tim yang memenangkan poin adalah yang melakukan servis. Jika tidak, tidak ada rotasi posisi servis yang terjadi.


Bisakah Servis Dilakukan Secara Overhand?

Tidak, pemain tidak bisa melakukan servis overhand pada Badminton. Pemain harus melakukan servis underhand seperti yang dinyatakan BWF, bahwa tangkai dan kepala raket dari pemain yang melakukan servis harus mengarah ke bawah saat memukul shuttle.


Bisakah Pemain Bergerak Selama Melakukan Servis?

Semua pemain tidak dapat menggerakkan kaki mereka sampai shuttlecock dipukul. Setelah shuttlecock dipukul, semua pemain akan dapat menggerakkan kaki mereka, bahkan sebelum shuttlecock melewati net. Namun, pemain dapat menggerakkan bagian tubuh lainnya selama melakukan servis.


Apa Yang Terjadi Jika Penerima Belum Siap Untuk Menerima Servis?

Apabila penerima belum siap dan servis telah dilakukan, maka itu dianggap sebagai let dan poin akan diulang. Namun, apabila penerima mencoba untuk memukul shuttlecock, maka penerima dianggap telah siap.


Apakah Aturan Servis Berbeda Antara Pertandingan Tunggal dan Ganda Dalam Badminton?

Tidak, aturan servis untuk permainan tunggal dan ganda adalah sama. Kalian mungkin melihat pemain menggunakan berbagai jenis servis, tetapi mereka semua mengikuti aturan yang sama. Namun, ada perbedaan dalam hal batasan lapangan.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel