5 Posisi Dalam Bola Basket Beserta Perannya Masing-Masing


Dalam permainan bola basket, terdapat lima pemain pada setiap tim di lapangan. Setiap pemain ini memiliki peran dan tanggung jawabnya masing-masing. Pada artikel ini akan di bahas mengenai kelima posisi dasar tersebut dan perannya masing-masing.


Ilustrasi basketballphantom.com

1. Point Guard

Point guard memainkan peran penting dalam tempo permainan dan eksekusi tim mereka. Posisi ini membutuhkan kecerdasan yang tinggi, karena point guard bertindak sebagai pelatih di lapangan, dengan mengatur permainan.

Point guard harus memiliki visi lapangan yang baik untuk mengarahkan lalu lintas permainan dan membuat keputusan yang ideal, guna menghasilkan tembakan dengan persentase tinggi. Mereka juga harus memiliki kemampuan jump shot dan tembakan 3 poin yang solid.


2. Shooting Guard

Shooting guard adalah penembak luar terbaik di tim. Selain bisa menembak dengan baik, shooting guard juga harus memiliki penanganan bola yang solid, pandai menggiring bola, mengoper, serta memiliki penglihatan lapangan yang baik.

Dia juga bertanggung jawab untuk mengarahkan bola ke lapangan dan mengatur permainan ofensif. shooting guard yang baik akan menjadi ancaman bagi lawannya, karena dia mampu mencetak gol dari mana saja di lapangan. Selain itu, mereka juga harus memiliki keterampilan bertahan yang kuat.


3. Small Forward

Small forward memainkan peran paling serbaguna di lapangan. Ia harus memiliki tinggi yang cukup dan kemampuan bermain di dalam serta di luar. Small forward biasanya merupakan penembak terbaik kedua atau ketiga dalam tim.

Posisi small forward membutuhkan perpaduan keterampilan yang dimiliki oleh shooting guard dan power forward. Mereka harus cukup kuat dan gesit untuk melakukan box out, dan mendapatkan rebound. Namun, mereka juga harus memiliki kelincahan untuk menghindari pertahanan dan melakukan jump shoot.

Dalam hal penyerangan, mereka harus memiliki tembakan jarak menengah yang solid, serta kemampuan untuk memotong ke arah ring. Pada dasarnya kecepatan dan kekuatan adalah aset bagi pemain small forward.


4. Power Forward

Power forward biasanya adalah pemain tertinggi kedua dalam tim, dan paling mirip dengan center dalam hal fisik dan gaya bermain, tetapi dengan kecepatan lebih. Posisi ini juga dikenal sebagai four.

Mereka sering menjadi pemain paling serbaguna yang mampu mencetak gol di paint, serta bisa menembak dari midrange. Secara defensif, mereka dituntut memiliki kekuatan untuk mengawal pemain yang lebih besar di dekat ring.


5. Center

Biasanya orang yang paling tinggi dalam tim akan menempati posisi center, dan ditempatkan di bawah ring. Posisi center juga dikenal sebagai five. Meski tinggi adalah bagian utama dari menjadi center, pemain ini juga harus atletis.

Saat menyerang, seorang center harus mampu membuat tembakan di ruang sempit, dan merebut rebound dari tangan orang lain. Center juga diperlukan untuk memblokir pemain bertahan dan membuka jalan agar rekan timnya dapat melaju ke ring.

Di bagian pertahanan, center bertanggung jawab untuk menjadi pemblokir agar lawan tidak bisa menembak. Mereka juga diharapkan berjuang untuk rebound, karena lebih tinggi secara fisik.


Posisi Hybrid Dalam Bola Basket

Meskipun ada lima posisi utama dalam olahraga bola basket, terkadang seorang pemain tidak cocok dengan salah satu dari peran tersebut. Karenanya, mereka bermain dalam posisi hybrid. Mereka sering menggabungkan keterampilan yang dibutuhkan untuk memainkan dua posisi terpisah.

Berikut adalah contoh yang termasuk dalam posisi hybrid:

  • Point forward: biasanya merupakan small forward yang berperan sebagai point guard. Mereka perlu keterampilan yang dibutuhkan untuk bermain sebagai small forward, dengan tanggung jawab tambahan untuk memulai serangan.
  • Combo guard: pemain ini dapat mengisi posisi point guard atau shooting guard. Mereka membutuhkan keterampilan penanganan bola dan menembak yang kuat.
  • Swingman: pemain ini bisa menempati posisi small forward atau shooting guard. Mereka cenderung lebih tinggi daripada shooting guard pada umumnya, jadi mereka memiliki keuntungan di kedua posisi tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel