Mengenal Jenis-Jenis Teknik Kuncian dalam Pencak Silat


Teknik kuncian adalah salah satu teknik dasar dalam pencak silat yang harus dipelajari dengan baik agar dapat naik ke tingkat selanjutnya. Teknik kuncian ini sendiri terbagi lagi kedalam beberapa jenis. Pada artikel kali ini, akan dijelaskan secara singkat mengenai jenis-jenis teknik kuncian dalam seni beladiri pencak silat.


8 Jenis Teknik Kuncian dalam Pencak Silat


Ilustrasi kaimasa.com

Teknik Kuncian I

Pada teknik kuncian I, bagian yang menjadi target adalah lengan bagian atas lawan. Teknik ini dilakukan ketika lawan melayangkan serangan pukulan ke arah atas.

Caranya adalah dengan dengan menghindar ke arah samping saat pukulan datang. Saat menghindar dan badan akan berbelok, tangkap lengan bagian atas lawan, kemudian lakukan kuncian. Gerakan ini akan membuat lawan tidak bisa bergerak.


Teknik Kuncian II

Jika pada teknik kuncian I, target serangan adalah lengan bagian atas, maka pada teknik kuncian II yang menjadi target serangan adalah leher. Melakukan teknik kuncian ini akan membuat lawan menjadi shock, karena serangan mengarah ke bagian yang vital.

Cara melakukan teknik ini adalah dengan memfokuskan perhatian pada tangan lawan, sehingga saat lawan melayangkan serangan pukulan, kalian dapat menangkap tangan lawan dan menggunakan tangan lainnya untuk mencengkram leher lawan secara bersamaan.


Teknik Kuncian III

Target serangan dari teknik kuncian III adalah pinggang atau pinggul dari lawan. Langkah-langkah melakukan teknik kuncian ini adalah dengan menekan lutut lawan hingga mereka tersungkur, kemudian menarik kaki, bahu, atau badan bagian atas ke arah belakang untuk dikunci pergerakannya.


Teknik Kuncian IV

Teknik kuncian IV termasuk salah satu teknik kuncian yang termudah. Teknik ini dilakukan dengan menendang pergelangan kaki lawan, untuk membuat mereka kehilangan keseimbangan dan jatuh.


Teknik Kuncian V

Tujuan dari teknik kuncian V adalah untuk mencegah lawan menangkap kaki kita. Eksekusinya hampir sama dengan teknik kuncian III, yaitu dengan menekuk kaki lawan, kemudian menangkap bahu atau lengan bagian atas lawan. Ini diakhiri dengan memutar lawan hingga jatuh tersungkur.


Teknik Kuncian VI

Yang selanjutnya adalah teknik kuncian VI. Pada teknik ini, sasaran serangan adalah lengan bagian atas dari lawan. Caranya sangat sederhana, yaitu tangkap lengan bagian atas lawan, kemudian putar ke arah belakang, sehingga lawan tidak dapat bergerak.


Teknik Kuncian VII

Teknik ini mengandalkan bagian tubuh kita sendiri untuk mengunci lawan. Caranya adalah dengan mengunci kaki lawan menggunakan kaki kita sendiri, sehingga membuat mereka sulit untuk bergerak.


Teknik Kuncian VIII

Teknik ini cukup berbeda, karena yang menjadi sasaran adalah lengan bagian bawah, bukan lengan bagian atas seperti pada teknik-teknik sebelumnya.

Teknik ini dilancarkan pada saat lawan melakukan serangan. Caranya adalah dengan menangkap lengan bagian bawah lawan, kemudian putar hingga ia terbanting.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel