Ini Alasan Mengapa Mengisi Ulang Botol Plastik Berbahaya Bagi Kesehatan

bahaya mengisi ulang botol plastik
Ilustrasi pixabay.com/PublicDomainPictures

Apakah kamu adalah tipe orang yang suka mengisi ulang botol plastik kemasan? Percaya atau tidak banyak yang melakukan hal ini. Namun, tahukah kamu, sebenarnya kebiasaan ini lebih banyak bahayanya daripada manfaatnya.



Mengapa Mengisi Ulang Botol Plastik Berbahaya?

Penggunaan kembali botol air plastik dapat membahayakan kesehatan tubuh, karena menggunakan kembali botol plastik yang dimaksudkan untuk sekali pakai dapat meningkatkan risiko terkontaminasi bahan kimia dan bakteri.



Apa Saja Efek Mengisi Ulang Botol Plastik Bagi Tubuh?

Dua hal yang dapat terjadi ketika kalian menggunakan kembali botol plastik berulang-ulang, yaitu:

1. Botol-Botol Tersebut Dapat Melepaskan Bahan Kimia

Botol yang terbuat dari plastik mengandung beberapa bahan kimia seperti dioxin, bisphenol A (BPA) dan phthalates. BPA merupakan bahan kimia kontroversial, yang digunakan dalam pembuatan berbagai macam barang rumah tangga dan dapat memiliki efek pada setiap sistem dalam tubuh kita.

Bahan-bahan kimia ini berpotensi larut dalam minuman. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan mengenai pengaruhnya pada manusia. Dikatakan bahwa, belum sepenuhnya jelas tentang bagaimana BPA dapat mempengaruhi manusia. Diduga BPA mungkin meniru hormon dan mengganggu kerja sistem kelenjar endokrin yang melepaskan hormon di seluruh tubuh.

Hal ini dapat mengganggu kadar hormon dalam tubuh dan telah dikaitkan dengan efek perkembangan, reproduksi, neurologis dan kekebalan tubuh yang merugikan serta beberapa kanker terkait hormon, seperti kanker payudara dan prostat.


2. Bakteri Dapat Tumbuh Di Dalam Botol Plastik

Efek lain yang berpotensi mengkhawatirkan dari pengisian ulang botol air adalah bakteri. Ketika botol plastik sekali pakai ini digunakan kembali dan dicuci beberapa kali, mereka dapat rusak dalam kondisi keausan normal, serta di bawah sinar matahari atau melalui proses mencuci botol. Setelah botol plastik mulai pecah, mereka dapat melepaskan bahan kimia berbahaya ke dalam cairan yang disimpan dalam botol.

Tidak hanya itu, tetapi botol plastik ini akan mendapatkan goresan dan retakan di dalamnya setelah digunakan berulang kali. Goresan dan retakan ini yang kemudian dapat menampung bakteri dari waktu ke waktu, serta berpotensi membuat orang sakit, terutama jika botol air tidak dicuci secara teratur.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Treadmill Reviews, para peneliti menguji botol-botol air setelah masing-masing telah digunakan oleh seorang atlet selama seminggu dan menemukan bahwa jumlah bakteri tertinggi mencapai rata-rata lebih dari 900.000 unit pembentuk koloni per cm persegi. Juga ditemukan bahwa 60 persen kuman yang ditemukan di botol air dapat membuat orang sakit.



Bagaimana Solusi Penggunaan Botol Plastik?

Solusinya sangat sederhana, jangan menggunakan kembali botol jika terbuat dari plastik yang mengandung BPA. Merupakan ide bagus untuk membeli botol plastik bebas BPA jika memungkinkan atau membeli botol isi ulang yang terbuat dari kaca atau stainless steel.

Botol stainless steel dan kaca adalah bahan terbaik, karena mereka tidak akan melepaskan bahan kimia ke dalam minuman. Selain itu, botol dapat digunakan kembali selama bertahun-tahun, dan kemudian dapat dengan mudah didaur ulang pada akhir masa pakainya.

Bagi konsumen, penting untuk dicatat bahwa pilihan yang lebih aman dapat dilakukan dengan melihat kode daur ulang yang tercetak di bawah botol plastik sebelum membelinya. Secara umum, plastik dengan kode daur ulang 1, 2, 4 dan 5 secara ilmiah dianggap lebih aman daripada plastik dengan kode daur ulang 3, 6 dan 7.

Asosiasi Resin PET, kelompok industri plastik, juga merekomendasikan untuk mencuci botol air setiap kali digunakan dengan sabun dan air panas, dan mengeringkannya secara menyeluruh, untuk menghilangkan bakteri.




Referensi:
https://www.timeslive.co.za/sunday-times/lifestyle/health-and-sex/2019-07-07-fact-or-fiction-reusing-plastic-water-bottles-is-harmful-to-your-health/
https://businessinsider.com/safety-plastic-water-bottle-reuse-2016-2
https://greentumble.com/reusing-plastic-water-bottles-is-it-dangerous/



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel