Ukuran Lapangan Dan Jaring Atau Net Pada Badminton


Pernahkah kalian bertanya-tanya berapa ukuran lapangan badminton? Apakah ukuran lapangan badminton untuk permainan singles dan doubles sama? Artikel kali ini terutama membahas secara rinci ukuran dari lapangan badminton.


Ukuran Lapangan Badminton

Lapangan bulutangkis berbentuk persegi panjang dan dibagi dengan jaring menjadi dua persegi panjang yang sama. Lapangan untuk pertandingan ganda lebih lebar dari lapangan pertandingan tunggal, tetapi panjang keduanya sama. Perbedaan dari lapangan tunggal dan ganda adalah bahwa lapangan ganda memiliki garis servis belakang yang yang lebih pendek daripada lapangan tunggal.

Dimensi standar dari lapangan bulutangkis adalah sebagai berikut:

  • Lebar total: 6,1 m
  • Panjang total: 13,4 m
    Panjang ini dibagi menjadi dua bagian yang sama, masing-masing 6,7 m.
  • Jarak garis servis depan ke net: 1,98 m
  • Jarak garis servis belakang ke belakang lapangan: 0,76 m

Pada lapangan pertandingan single, lebarnya dikurangi dan garis servis belakang menjadi garis belakang, sehingga ukurannya menjadi sebagai berikut;

  • Lebar total: 5,18 m
  • Panjang total: 13,4 m
    Panjang ini dibagi menjadi dua bagian yang sama, masing-masing 6,7 m.
  • Jarak garis servis depan ke net: 1,98 m

Ilustrasi pinterest.com/sportscourtdimensions.com

Ketebalan dan Karakteristik Garis yang Menandai Lapangan Badminton

Garis yang menandai lapangan bulutangkis memiliki lebar 40 mm. Garis-garis ini harus berwarna putih atau kuning. Setiap garis adalah bagian dari area yang mereka tentukan, jadi garis termasuk dalam data pengukuran di atas.

Apabila menggunakan matras bulutangkis, pemasangan matras yang benar akan memastikan bahwa ukuran lapangan benar, karena garisnya sudah ditandai di matras.


Tinggi Lapangan Badminton

Tinggi lapangan bulutangkis ditentukan oleh tinggi tiang yang menopang jaring. Tiang ini tingginya 1,55 meter dari permukaan lapangan. Dua tiang akan dipasang untuk menopang jaring dan ditempatkan di setiap sisi lapangan, tepatnya di atas garis samping.

Jaring atau net akan dipasang pada tiang di tiap sisi lapangan, dan harus dipasang sedemikian rupa sehingga tingginya mencapai 1,524 meter di bagian tengah.


Ukuran Jaring Atau Net Badminton

Jaring dalam permainan bulutangkis adalah salah satu peralatan terpenting yang harus ada di lapangan. Tanpa jaring dengan tinggi dan lebar yang pas, permainan bulutangkis tidak akan lengkap.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, jaring dipasang pada tiang penopang setinggi 1,55 meter, dan setelah dipasang ketinggian bagian tengahnya harus 1,524 meter. Dimensi jaringnya sendiri adalah sebagai berikut:

  • Lebar total: 6,1 meter
  • Tinggi net: 0,76 meter

Bagian atas dari jaring harus dilapisi dengan pita putih berukuran 75 milimeter yang dilipat dua di atas net (berukuran 37,5 milimeter di setiap sisi). Selain itu, mata jaring tersebut memiliki ketebalan antara 15 dan 20 milimeter. Itu juga perlu dibuat dari tali halus berwarna gelap. Warnanya harus kontras dengan pita putih yang berada di atas jaring, dan harus terlihat jelas sebagai titik acuan.

Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah tidak boleh ada jarak antara tiang dan net. Ini untuk menghindari kemungkinan terjadinya kebingungan jika smash terjadi sangat cepat. Jika tidak ada celah antara tiang dan net, maka shuttlecock akan selalu mengenai net atau keluar lapangan.

Untuk memastikan hal ini, solusi standarnya adalah mengikat seluruh jaring ke tiang dengan tali yang biasanya disertakan pada jaring untuk fungsi khusus ini.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel