Manfaat Mengkonsumsi Air Lemon Di Pagi Hari

manfaat minum air lemon
Ilustrasi flickr.com

Lemon memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Ini meliputi vitamin C, vitamin B-Kompleks, kalsium, zat besi, magnesium, kalium, dan serat. Bahkan kandungan kalium pada lemon lebih tinggi dibanding apel atau anggur. Namun karena keasaman lemon yang tinggi dapat merusak enamel gigi, sangat penting untuk mencairkannya dengan air sebelum dikonsumsi.

Ada banyak sekali manfaat dari mengkonsumsi air lemon di pagi hari, diantaranya.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Lemon kaya akan vitamin C yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan daya tahan atau sistem kekebalan tubuh kita. Campurkan setengah buah sari lemon ke dalam segelas air, maka kalian akan mendapatkan lebih dari enam puluh persen dari kebutuhan vitamin C harian kalian.


2. Membantu Pencernaan

Asam membantu tubuh mencerna makanan. Asam dari lemon sangat bermanfaat dalam menambah kadar asam dalam lambung yang semakin berkurang seiring dengan bertambahnya usia.

Lemon tidak hanya meningkatkan sistem pencernaan dengan mengeluarkan racun dari sistem pencernaan, tapi juga membantu mengurangi gejala gangguan pencernaan seperti mulas, kembung, dan bersendawa.


3. Sumber Kalium Yang Baik

Tubuh tidak dapat berfungsi tanpa adanya kalium, dan lemon memiliki kandungan kalium yang tinggi. Kalium diperlukan untuk komunikasi antara saraf dan otot, mengangkut nutrisi dan limbah dalam tubuh, serta mengatur tekanan darah. Selain itu, kalium baik bagi kesehatan jantung, otak, dan sistem saraf.


4. Membantu Membersihkan Tubuh

Lemon membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh dengan meningkatkan fungsi enzim, dan menstimulasi organ hati.


5. Menjaga Kesehatan Kulit

Antioksidan yang terdapat dalam lemon tidak hanya membantu mengurangi noda pada wajah, tetapi juga keriput. Ini juga dapat diterapkan pada bekas luka maupun bintik-bintik penuaan untuk memudarkan mereka.


6. Menurunkan Berat Badan

Lemon mengandung suatu senyawa pektin, yang dapat membantu memerangi rasa lapar. Karenanya, sangat cocok dikonsumsi bagi yang ingin menurunkan berat badan.


7. Membantu Melawan Infeksi Virus

Air lemon hangat adalah cara paling efektif untuk mengurangi infeksi virus dan sakit tenggorokan.



Bagaimana Cara Terbaik Meminum Air Lemon?

Peras setengah buah lemon ke dalam segelas air. Disarankan untuk menggunakan air hangat. Kalian dapat menambahkan lebih banyak atau sedikit air, sesuai dengan selera masing-masing. Minumlah terlebih dahulu di pagi hari, dan tunggu 15 hingga 30 menit sebelum sarapan. Ini akan membantu tubuh mendapatkan manfaat penuh dari air lemon.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel