9 Fakta Menarik Tentang Badminton Yang Perlu Kalian Ketahui


Badminton merupakan olahraga yang dimainkan dengan raket dan sebuah bola dari bulu yang disebut shuttlecock. Badminton dimainkan di lapangan yang dibagi dengan jaring atau net di bagian tengahnya. Olahraga ini dimainkan oleh dua orang atau dua tim dengan masing masing tim terdiri dari dua orang.

The International Badminton Federation atau yang sekarang dikenal sebagai Badminton World Federation (BWF) dibentuk pada tahun 1934. Organisasi ini bertanggung jawab untuk mengatur perbulutangkisan internasional dan secara global mengembangkan olahraga ini.

Berbicara soal badminton, olahraga ini didominasi oleh pemain Asia secara internasional. Ini dapat dilihat dari pemain pria maupun wanita yang secara konsisten berada di puncak dunia. Sementara itu, Denmark mendominasi olahraga badminton untuk kawasan Eropa.

Ada beberapa fakta mengenai badminton yang mungkin tidak kalian ketahui, dan artikel ini akan membahas tentang fakta-fakta menarik tersebut.


fakta menarik dan unik tentang badminton
Ilustrasi Shuttlecock Nelson-Atkins Museum of Art, Kansas City flickr.com

Fakta - Fakta Menarik Tentang Badminton


1. Awalnya badminton tidak disebut sebagai badminton, tetapi Shuttlecock atau Battledore. Olahraga ini kemudian dinamai Badminton setelah Badminton House di Gloucestershire, Inggris.

2. Badminton merupakan olahraga terpopuler kedua di dunia setelah sepak bola.

3. Official club badminton pertama adalah The Bath Badminton Club yang didirikan pada tahun 1877.

4. Badminton diperkenalkan di Amerika Serikat pada akhir abad ke-19, yang kemudian menjadi olahraga yang populer pada tahun 1930-an.

5. Badminton pertama kali dimainkan sebagai olahraga pada Olimpiade Barcelona di tahun 1992. Pada saat itu, ada lebih dari 1,1 miliar orang menonton olimpiade ini di televisi.

6. Umumnya, Thomas Cup selalu dimenangkan oleh negara Asia sejak kompetisi ini didirikan. Negara-negara ini diantaranya Indonesia, Cina, Malaysia, dan Jepang. Namun pada tahun 2016, Denmark menjadi negara Eropa pertama dalam sejarah yang berhasil memenangkan Thomas Cup setelah mengalahkan Indonesia di final dengan skor 3-2.

7. Raket badminton memiliki berat antara 70 hingga 95 gram. Ini tidak termasuk berat dari senar (string) dan pegangan raket. 

8. Bulu yang digunakan untuk membuat shuttlecock berjumlah 16 helai, dan beratnya antara 4,74 hingga 5,5 gram. Bulu-bulu dari sayap bagian kiri angsa menghasilkan shuttlecock terbaik.

9. Shuttlecock terbesar di dunia memiliki tinggi 18 kaki dan berat 2,5 kg. Ini terletak di halaman museum Kansas City. Ukurannya 48 kali lebih besar dari shuttlecock pada umumnya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel