Jenis-Jenis Fouls Dalam Permainan Bola Basket


Pada permainan bola basket, terdapat beberapa bentuk pelanggaran. Tindakan pelanggaran ini bisa berupa pelanggaran fisik maupun pelanggaran non fisik. Pada dasarnya, semua bentuk pelanggaran akan mengarah pada penalti. Namun, jenis dan aturan dari pelanggaran berbeda-beda pada semua level permainan bola basket.

Batas dari jumlah pelanggaran pada permainan bola basket juga tergantung pada level permainan. Di NBA misalnya, jika seorang pemain melakukan enam pelanggaran dalam suatu pertandingan, maka ia akan didiskualifikasi dari pertandingan itu. Sementara untuk FIBA ​​dan pertandingan bola basket universitas, batas pelanggarannya adalah lima pelanggaran. Pada artikel ini akan dibahas beberapa jenis fouls atau pelanggaran yang umum dalam permainan bola basket.


Jenis-Jenis Fouls Yang Umum Dalam Permainan Bola Basket


Personal Fouls

Personal fouls adalah bentuk kontak fisik apapun yang ilegal atau dianggap tidak sesuai dengan aturan, seperti mendorong, meraih, memukul, atau menyandung. Ini dapat terjadi pada saat bertahan maupun menyerang.

Defensive Fouls

Pelanggaran defensif terjadi ketika pemain dengan posisi bertahanan melakukan kontak ilegal untuk mencoba menghentikan pemain yang sedang menyerang.

Blocking Foul

Suatu pelanggaran dinyatakan sebagai blocking foul apabila seorang pemain menggunakan tubuhnya untuk mencegah pergerakan dari pemain lain.

Hand Check Foul

Suatu pelanggaran dinyatakan sebagai hand check foul apabila seorang pemain menggunakan tangannya untuk menghalangi atau memperlambat pergerakan dari pemain lain.

Holding Foul

Holding foul umumnya terjadi apabila seorang pemain meraih dan menahan pemain lain untuk mencegah pergerakannya.

Illegal Hand Use

Pelanggaran tipe ini terjadi untuk setiap penggunaan tangan terhadap pemain lain yang menurut wasit ilegal. Biasanya terjadi jika pemain memukul lengan pemain lain saat melakukan shooting.


Offensive Fouls

Pelanggaran ofensif meliputi kontak ilegal yang dilakukan oleh pemain penyerang. Ini biasa terjadi saat pemain mencoba melewati pertahanan dengan mendorong atau menahan lawan.

Charging Foul

Charging foul terjadi ketika pemain yang menguasai bola berlari ke pemain yang sudah memiliki posisi.

Moving Screen Foul

Pelanggaran moving screen terjadi apabila pemain mengatur pick atau screen bergerak.

Over the Back

Pelanggaran ini terjadi pada saat rebound. Saat seorang pemain memiliki posisi, pemain lain tidak diperbolehkan melewati punggung mereka untuk mencoba dan mendapatkan bola. Inilah yang disebut pelanggaran over the back.


Technical Fouls

Technical fouls atau pelanggaran teknis adalah jenis pelanggaran yang meskipun tidak melibatkan kontak fisik ilegal, tetapi melanggar peraturan pada permainan bola basket. Yang termasuk contoh pelanggaran ini adalah meminta timeout padahal tim yang bersangkutan sudah menggunakan semua timeout mereka, berteriak pada pemain atau wasit, berkelahi.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel